Sukses

Tuna Rungu, Wanita Ini Sukses Jadi Musisi hingga Bikin Kagum Simon Cowell

Mandy Harvey kehilangan pendengarannya ketika ia berusia 18 tahun

Liputan6.com, Jakarta Menjadi musisi jauh lebih dari sekadar memainkan nada pada satu alat musik. Selain suara, seorang penyanyi biasanya juga harus mengandalkan pendengaran untuk mengetahui nada yang dimainkan dan dinyanyikan. 

Namun, bagaimana jika seorang penyanyi kehilangan pendengarannya? Kebanyakan orang mungkin saja menyerah dengan keadaan tersebut.

Namun tidak untuk seorang musisi bernama Mandy Harvey yang telah menembus segala keterbatasannya. Mandy Harvey kehilangan pendengarannya ketika ia berusia 18 tahun, seperti yang Liputan6.com lansir dari Forbes, Selasa (2/7/2019). Namun hal itu tidak memadamkan semangatnya untuk mengejar cita-cita menjadi penyanyi.

Wanita kelahiran 2 Januari 1988 ini awalnya dikenal karena penampilannya yang memukau di panggung America’s Got Talent (AGT). Mandy mampu menunjukkan kemampuannya yang mengagumkan.

Ditemani ukulele, Mandy yang saat itu berusia 29 tahun memukau empat juri, yakni Simon Cowell, Heidi Klum, Mel B, dan Howie Mandel.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengejutkan Banyak Orang

Perempuan asal Ohio, Amerika Serikat, ini bukanlah seorang penyanyi biasa, ia adalah seorang penyanyi tunarungu. Pada saat audisi, Mandy Harvey bercerita mengenai kisah awal ia kehilangan pendengaran.

Mandy Harvey kehilangan pendengaran saat berusia 18 tahun. Kala itu, ia mengalami connective tissue disorder atau penyakit pada jaringan ikat. Penyakit tersebut membuat sarafnya memburuk hingga akhirnya kehilangan pendengaran.

Mandy Harvey sempat memutuskan berhenti berkarya di dunia musik yang digemarinya sejak umur empat tahun. Namun saat merasakan sebagian dari dirinya menghilang, Mandy Harvey kembali bermusik dan mengejar mimpinya sebagai penyanyi. Meski memiliki kekurangan, Mandy Harvey dapat membuktikan dirinya bisa menyanyi dengan indah hingga mendapat banyak pujian.

3 dari 3 halaman

Sukses Menjadi Musisi dan Penyanyi

Mandy Harvey datang ke panggung AGT didampingi dengan penerjemah bahasa isyarat, tanda bahwa ia adalah seorang tuna rungu. Mandy menggunakan memori otot dan mempercayai pitch suaranya.

Ia juga merasakan tempo dan ketukan dari getaran yang ada di lantai. Makanya, ia tidak menggunakan sepatu saat bernyanyi untuk merasakan getaran tersebut.

Dalam panggung AGT, ia menyanyikan sebuah lagu yang ditulis sendiri berjudul “Try”. Lirik ini menceritakan tentang pengalaman hidupnya saat ia kehilangan pendengarannya. Setelah menyanyikan lagu ini, Mandy mendapatkan sambutan luar biasa dari penonton dan para juri.

Bahkan, ia mendapatkan Golden Buzzer dari Simon Cowell dan langsung maju ke acara live. Kini Mandy telah menjadi musisi dan penyanyi jazz yang sukses.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.