Sukses

Selain High Five, 10 Emoji Ini Sering Disalahartikan Saat Chatting

Kesalahan menggunakan emoji bisa menimbulkan dampak tertentu.

Liputan6.com, Jakarta Chatting tanpa menggunakan emoji rasanya pasti kurang afdal. Fitur emoji ini memberi kemudahan saat kamu ingin mengekspresikan sesuatu kepada lawan bicaramu dalam chat namun malas untuk mengetiknya. Emoji atau emotikon merupakan sebuah unicode yang sering kita dapati saat menggunakan smartphone.

Emoji sendiri telah menjadi bahasa universal tidak resmi dalam komunikasi kita sehari-hari. Keberadaan emoji memang bisa menjadi perwakilan bagi kamu dalam mengungkapkan perasaan.

Tapi, tahukah kamu, bahwa ada 10 emoji yang penggunaannya sering salah di aplikasi chatting. Kesalahan menggunakan emoji bisa menimbulkan banyak akibat. Gimana jadinya jika seharusnya kamu menggunakan emoji nangis, tapi ternyata malah menggunakan emoji kecewa? Hampir sama sih, tapi beda makna.

Berikut 10 emoji yang sering disalahartikan saat chatting yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Arti Emoji High Five - Face Savouring Delicious Food

1. High Five

Baru-baru ini emoji ini menjadi perdebatan netizen. Emoji dengan dua telapak tangan yang menyatu ini memang sering kali digunakan untuk mengucapkan selamat, terima kasih, atau bahkan doa saat mengirim pesan chat di aplikasi pesan singkat atau bahkan media sosial. Padahal sebenarnya arti emoji ini adalah tos atau high five antar dua orang lho.

2. Face Savouring Delicious Food

Emoji ini sering digunakan sebagai emoji yang menggambarkan ekspresi baru saja melakukan kejahilan atau mengucapkan sesuatu dalam konteks candaan. Sebenarnya emoji ini digunakan untuk menggambarkan perasaan saking kepengennya suatu makanan yang lezat atau sedang menikmati makanan lezat.

3 dari 6 halaman

Arti Emoji Tired Face - Face Screaming in Fear

3. Tired Face

Emoji ini bukan emoji yang menggambarkan kekecewaan atau perasaan ini menangis, tapi ini emoji yang menggambarkan perasaan lelah.

4. Face Screaming in Fear

Emoji ini bukan untuk menunjukkan rasa kaget, arti sebenarnya adalah bahwa kamu teriak dalam ketakutan yang amat sangat. Ternyata emoji ini terinspirasi dari lukisan terkenal “The Scream” yang dibuat oleh seniman Norwegia, Edvard Munch.

4 dari 6 halaman

Arti Emoji Face Feeling of Relief - Disappointed but Relieved face

5. Face Feeling of Relief

Emoji ini sering digunakan ketika ingin mengungkapkan ekspresi agak marah. Namun sebenarnya emoji ini adalah ekspresi lega setelah meraih kesuksesan atau kemenangan.

6. Disappointed but Relieved face

Banyak orang menggunakan emoji ini untuk mengungkapkan perasaan tidak enak karena telah menyinggung lawan bicaranya. Padahal arti yang sebenarnya adalah ungkapan perasaan kecewa namun sedikit lega karena masalahnya telah selesai.

5 dari 6 halaman

Arti Emoji Hushed Face - Information Desk Person

7. Hushed Face

Emoji ini sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan terkejut melihat sesuatu, padahal arti emoji ini untuk menggambarkan keseriusan terhadap sesuatu yang sedang dilihat.

8. Information Desk Person

Emoji ini bukan menggambarkan "terserah" atau "entahlah!", tapi ini emoji untuk menunjukkan keramahan ala petugas resepsionis, yang lebih kurang berarti "ada yang bisa saya bantu?"

6 dari 6 halaman

Arti Emoji Dizzy Symbol - Person Bowing Deeply

9. Dizzy Symbol

Ini bukan emoji yang menggambarkan bintang jatuh lho. Emoji ini menggambarkan bahwa keadaanmu sedang sangat pusing. Seperti pusing tujuh keliling sampai berbintang-bintang.

10. Person Bowing Deeply

Emoji ini bermaksud menyampaikan sambutan selamat datang ala Jepang, bukan untuk memohon sesuatu ke orang lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.