Sukses

6 Komponen Laptop yang Harus Dijaga Agar Tak Cepat Rusak

Liputan6.com, Jakarta Selain handphone, salah satu produk gadget yang sering digunakan adalah laptop. Ya, bagi kamu yang diharuskan menyelesaikan pekerjaan dengan laptop, tentunya akan menjadikan perangkat ini sebagai benda yang wajib dirawat. Maka tak heran, banyak orang memilih spesifikasi laptop yang sangat mumpuni guna menghindari laptop cepat rusak karena sering digunakan.

Namun tak hanya sekedar memilih spesifikasi laptop yang canggih, kamu juga perlu tetap menjaga seluruh komponen laptop agar tak cepat rusak walau digunakan secara terus-menerus. Karena memang ada komponen laptop yang rentang atau mudah sekali rusak. Untuk itu, kamu perlu merawatnya dengan esktra.

Ada apa saja komponen laptop yang perlu kamu jaga agar tak cepat rusak? Berikut ini Liputan6.com, Rabu (3/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa komponen laptop yang harus dijaga agar tak cepat rusak.

2 dari 7 halaman

Layar Laptop

Komponen pada laptop yang sangat mudah atau rentan sekali rusak adalah bagian layarnya. Sebisa mungkin kamu menjaga layar laptop dengan menggunakan anti gores. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir goresan halus atau kasar. Ya, tanpa disadari layar laptop kerap kali secara tidak langsung menerima sentuhan atau gesekan benda keras bahkan debu sekaligus.

Selain itu, kamu juga perlu menghindari menaruh atau meletakkan benda yang memiliki bonot atau berat di atas laptop. Hal ini untuk mencegah agar layar tidak menampilkan berbagai garis-garis yang menandakan layar laptop sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja.

Kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kerusakan pada layar laptop, seperti:

- Tidak mendorong atau menggores layar,

- Tidak menutup laptop dengan cara membanting,

- Tidak menutup laptop ketika ada benda lain di atas keyboard,

- Tidak memutar layar pada engselnya, karena dapat membuat layar retak.

3 dari 7 halaman

Keyboard Laptop

Selain layar, komponen laptop yang rentan untuk rusak adalah bagian keyboard. Oleh karena itu, kamu wajib menjaganya dengan baik dan benar. Lakukan kebiasaan untuk selalu membersihkan keyboard dengan menggunakan kain bersih setelah digunakan. Hal ini untuk mengurangi risiko tulisan pada tombol keyboard memudar.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan keyboard dari debu ataupun kotoran yang tersembunyi di sela-sela tombol keyboard. Caranya, kamu bisa menggunakan bulu sikat yang halus, atau penyedot debu khusus laptop.

4 dari 7 halaman

Touchpad Laptop

Nah, komponen laptop berikutnya yang sangat sensitif adalah bagian touchpad. Sama seperti dengan komponen laptop yang sebelumnya, bagian touchpad ini juga perlu kamu jaga kebersihannya sehabis digunakan.

Ya, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan kain bersih. Hal ini untuk menghilangkan keringat yang tertinggal pada touchpad setelah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selain itu, untuk meminimalisir keruskan, kamu juga bisa menggunakan mouse untuk menggantikan fungsi touchpad ini.

5 dari 7 halaman

Lubang Pengisi Daya Laptop

Mencolokkan kabel pengisi daya laptop dengan tidak menggunakan yang aslinya, bisa mengakibatkan umur pendek pada laptop kamu. Ya, hal ini dikarenakan adanya ketidakcocokan antara laptop dengan kabel pengisi daya laptop. Misalnya saja karena perbedaan tegangannya.

Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menggunakan kabel pengisi daya yang orisinil alias bawaan dari laptopnya. Apabila kabel asli pengisi daya yang kamu miliki hilang atau rusak, kamu bisa menggantinya dengan membelinya di gerai aslinya.

6 dari 7 halaman

Port Koneksi Laptop

Terdapat berbagai port koneksi yang terdapat di laptop seperti USB, HDMI atau LAN. Nah, port koneksi ini perlu kamu jaga dengan baik kebersihan serta kelembabannya. Pastikan agar bagian ini selalu kering agar tidak membuatnya berkarat atau kerusakan lainnya.

7 dari 7 halaman

Area Pendingin Laptop

Selain port koneksi, bagian laptop yang perlu kamu jaga adalah pendingin laptop. Ya, kamu juga perlu memastikan kebersihannya secara rutin apalagi kalau kamu menggunakan laptop di area yang berdebu atau minim sirkulasi udara agar dapat bekerja secara maksimal.

Pastikan untuk selalu membersihkan lubang yang menjadi tempat pembuangan panas pada laptop. Kamu bisa membersihkannya dengan cara meniup atau menggunakan kain yang bersih untuk menghilahkan debu ataupun kotoran yang menempel.

Selain menjaga kebersihannya, kamu juga perlu mengganti thermal paste pada prosesor laptop agar proses pendinginannya dapat berlangsung dengan maksimal untuk paparan panas berlebih baik dari prosesor ataupun dari harddisk.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
6 Penyebab Laptop Toshiba Mati Total dan Cara Mengatasinya
Artikel Selanjutnya
5 Cara Screenshot di PC dan Laptop yang Mudah