Sukses

Unik, Bunga Langka Ini Mirip Burung Kolibri yang Hinggap di Tangkai

Liputan6.com, Jakarta Hummingbird atau burung kolibri dikenal luas dengan bentuknya yang cantik disertai suaranya yang khas. Nama hummingbird sendiri tak asal diberikan untuk burung yang sebagian besar berhabitat di Amerika Utara dan Amerika Selatan ini.

Pasalnya, hummingbird atau burung berdengung adalah sebutan khusus untuk burung kolibri yang hobi bersenandung. Di Indonesia sendiri, banyak orang yang salah kaprah mengira burung madu sama dengan burung kolibri.

Padahal, terdapat perbedaan yang kentara di antara kedua jenis burung tersebut. Yakni paruh burung kolibri lebih panjang ketimbang milik burung madu. Terlepas dari hal tersebut, banyak orang yang menyukai burung kolibri karena suaranya yang unik.

Namun, pernahkah Anda melihat bunga yang berbentuk menyerupai burung kolibri? Ya, di Australia, terdapat satu jenis bunga langka yang bentuknya mirip dengan kawanan burung kolibri yang sedang hinggap di tangkai.

Dikutip Liputan6.com dari laman My Modern Met, Rabu (3/7/2019), media sosial Reddit dihebohkan dengan unggahan foto milik akun Octopus Prime yang memperlihatkan penampakan bunga langka yang tampak tak asing.

Dalam foto yang diunggah pada Senin (24/6/2019), akun Octopus Prime memamerkan bunga hasil temuannya yang mirip dengan burung kolibri. Saking miripnya, foto ini mendapat sorotan khusus dari seorang peneliti dengan akun SolitaryBee.

2 dari 2 halaman

Terdapat di Australia bagian utara

Akun SolitaryBee mengungkapkan bahwa bunga langka tersebut bernama Crotalaria cunninghamii. Bunga tersebut termasuk ke dalam kelompok kacang-kacangan, misalnya seperti buncis.

Crotalaria cunninghamii tersebar di bukit pasir Australia utara. Usut punya usut, burung kolibri sendiri ternyata sulit ditemukan di sana. Namun, terdapat bunga yang bentuknya menyerupai burung imut yang satu ini.

Lebih jauh, akun SolitaryBee menjelaskan alasan bunga Crotalaria cunninghamii bentuknya mirip dengan burung kolibri. Menurutnya, tidak ada keterkaitan dengan evolusi seperti yang banyak disebut orang-orang.

"Tidak ada alasan pasti mengapa bunga Crotalaria cunninghamii berbentuk mirip burung kolibri. Manusia tidak bisa menciptakan perkawinan antar bunga agar mirip seperti hewan. " Tulis akun SolitaryBee.

Di Australia sendiri, bunga-bunga berwarna hijau biasanya digunakan sebagai obat. Misalnya, untuk mengobati infeksi. Sementara itu, bentuk Crotalaria cunninghamii yang disebut mirip burung kolibri adalah salah satu bentuk fenomena simulacrum. Simulacrum adalah keadaan di mana mata manusia seolah menyaksikan objek yang tidak sebenarnya.