Sukses

6 Manfaat Plank Untuk Tubuh, Bisa Mengurangi Stres

Manfaat plank bisa kamu dapatkan dengan melakukannya secara rutin dan teratur.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat plank selain dapat membuat perut menjadi rata dan menjaga bentuk tubuh tetap proporsional, ternyata juga sangat baik untuk kesehatan. Apalagi plank bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, membuat olahraga ini sangat fleksibel untuk dilakukan.

Plank yang memiliki posisi seperti push up namun dengan posisi statis dan menahan berat tubuh selama beberapa menit merupakan sebuah gerakan olahraga yang paling banyak digemari karena secara langsung berkontraksi dengan otot di seluruh tubuh.

Manfaat plank bisa kamu dapatkan dengan melakukannya secara rutin dan teratur. Bila melakukannya setengah-setengah dan tidak berkomitmen, maka sebaiknya jangan berharap mendapatkan manfaat besar dari plank. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/7/2019) tentang manfaat plank.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperbaiki Postur dan Mengencangkan Perut

Memperbaiki postur tubuh

Saat kamu mulai rutin melakukan plank, kamu akan memperbaiki postur tubuh tiap kali merasa bahwa kamu duduk atau berdiri terlalu membungkuk. Manfaat plank juga akan memperkuat punggung, bahu, leher, serta otot dada. Sering plank akan mengubah postur tubuh untuk berdiri lebih tegap dan stabil.

Postur tubuh bungkuk bisanya disebabkan oleh otot inti tubuh yang lemah. Otot-otot bagian atas tubuh akan tertarik ke belakang dan turun dengan menahan posisi plank. Dalam waktu bersamaan, plank akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher, serta dada dan otot perut.

Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap. Melaksanakan plank secara rutin dapat memberikan postur tubuh yang stabil dan baik. Bila sudah terbiasa melakukan plank setiap harinya, kamu juga akan terbiasa untuk duduk tegap dan tidak mudah kelelahan bila duduk terlalu lama.

Mengencangkan perut sekaligus menurunkan berat badan

Manfaat plank selanjutnya adalah dapat mengencangkan perut dan menurunkan berat badan. Sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut merupakan jenis lemak tubuh yang paling berbahaya. Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, hingga kanker payudara.

Manfaat plank yang dilakukan secara rutin bisa membuat perut rata dan lebih kencang. Memiliki otot inti yang kuat dapat membantu mengoptimalkan proses metabolisme tubuh untuk membersihkan racun, penyerapan gizi, hingga pengaturan keseimbangan hormon yang lebih efisien. Semua hal tersebut berperan dalam menjaga kebugaran tubuh secara umum dan menunda proses penuaan dini.

Plank setiap hari akan membakar kalori lebih banyak daripada latihan otot perut biasa seperti sit up. Plank akan membakar lebih banyak kalori daripada bentuk olahraga tradisional lainnya. Jika kamu melakukan plank selama 1 menit tiap hari, maka tingkat metabolisme tubuh akan meningkat. Selain itu, dengan terlatihnya kekuatan otot inti, maka perut dan pinggang akan mengecil. Plank sangat dibutuhkan untuk Kamu yang setiap hari bekerja duduk di depan komputer.

3 dari 4 halaman

Keseimbangan Tubuh Semakin Membaik dan Lebih Fleksibel

Keseimbangan tubuh semakin membaik

Mengapa seseorang seringkali mudah terjatuh? Itu karena otot perut tak cukup kuat untuk memberi Kamu keseimbangan yang di butuhkan. Dengan rajin plank, Kamu akan lebih mudah melakukan olahraga apa saja.

Plank melatih kamu menahan satu posisi dalam waktu lama untuk memperkuat otot-otot bagian tengah tubuh, punggung bagian atas dan bahu, serta daerah panggul. Pada akhirnya, otot-otot inti yang kuat akan membantu menciptakan pusat gravitasi tubuh yang lebih stabil sehingga keseimbangan tubuh pun lebih mantap.

Alhasil, Kamu tidak mudah goyah atau jatuh saat berjalan juga terhindar dari cedera saat beraktivitas. Jadi manfaat plank juga bisa membuat keseimbangan tubuh menjadi lebih baik.

Tubuh akan semakin fleksibel dan lentur

Fleksibilitas adalah manfaat utama dari plank. Selain menguatkan otot tubuh, tubuhmu juga akan semakin lentur dan fleksibel karena latihan menahan berat badan setiap harinya.

manfaat plank yang dilakukan secara rutin akan membangun otot inti yang lebih stabil dan kuat, tapi tetap fleksibel. Otot yang fleksibel dapat menstabilkan koordinasi tubuh sekaligus membuat jangkauan gerak yang lebih leluasa serta efisien.

Otot tubuh yang lentur juga bekerja sebagai penahan benturan alami untuk sendi Kamu, sehingga membantu mencegah risiko cedera dan mengurangi rasa sakit akibat cedera selama olahraga atau kegiatan fisik lainnya.

4 dari 4 halaman

Menguatkan Tulang Belakang dan Mengurangi Stres

Menguatkan tulang belakang

Plank akan memperkuat tulang belakang tanpa kamu perlu meletakkan beban yang tidak perlu di atas punggung. Manfaat plank akan membentuk ototmu dengan cara yang sederhana dan tak memaksa pinggulmu untuk bekerja keras. Berdasarkan American Council on Exercise, melakukan plank secara rutin akan menguatkan otot dan tulang punggung.

Mengurangi stres

Plank bisa meregangkan dan mengendurkan otot-otot yang kaku karena stres. Latihan ini juga akan mempengaruhi sistem saraf dan membantumu mengatasi stres yang sedang kamu rasakan.

Plank bukan hanya bisa membuat tubuhmu seksi, tapi ternyata juga bisa meningkatkan mood dan membuatmu bisa melepas stres setelah lelah bekerja, apalagi jika kamu bekerja dengan duduk berjam-jam.

Jadi dengan banyaknya manfaat plank bagi tubuh, tidak ada salahnya untuk melakukan plank secara rutin. Apalagi dengan hanya 5 menit dan tidak memerlukan tempat yang besar kamu sudah bisa melakukan plank.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini