Sukses

Macam-Macam Tanaman Hias yang Cepat Tumbuh, Mudah Perawatannya

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam tanaman hias dapat menjadi media untuk bersantai. Apalagi bila sudah menjadi hobi, merawat tanaman tentunya akan memberikan relaksasi bagi kamu. Merawat tanaman hias juga tidak susah.

Beberapa jenis tanaman bisa cepat tumbuh di kebun. Namun ada juga yang membutuhkan lama untuk bisa berkembang. Kalau kamu termasuk orang yang tidak sabaran, kamu juga bisa memilih tanaman yang tumbuhnya cukup cepat.

Kaktus menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup diminati. Selain mudah perawatannya, kaktus memiliki bentuk yang unik. Bahkan, ada banyak jenis kaktus yang sangat cocok untuk tujuan keindahan rumah kamu.

Kamu bisa memilih macam-macam tanaman hias mulai dari yang perawatannya mudah hingga yang tumbuhnya cepat. Tanaman hias ini ada yang bisa ditanam di dalam ruangan dan ada pula yang harus ditanam di luar ruangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (3/7/2019) tentang macam-macam tanaman hias.

2 dari 4 halaman

Tanaman Hias yang Mudah Perawatannya

Macam-macam tanaman hias yang pertama adalah yang perawatannya mudah. Jadi kamu tidak perlu repot-repot mengurusnya. Macam-macam tanaman hias yang mudah perawatannya ini bisa kamu tanam di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Apalagi dengan tidak perlunya menyiram secara teratur, bagi kamu yang agak malas-malasan masih tetap bisa menikmati hasil dari macam-macam tanaman hias satu ini.

Lidah buaya

Lidah buaya adalah salah satu tanaman hias yang mudah ditanam. Selain sangat baik untuk kulit, lidah buaya juga baik untuk obat. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan yang rumit. Kamu juga bisa menanamnya di kebun atau di balkon.

Sansevieria / Lidah Mertua

Sansevieria merupakan salah satu tanaman yang paling mudah ditanam di rumah. Tanaman hias ini tidak membutuhkan banyak perawatan. Sansivera memiliki daun yang panjang dan dapat berkembang baik di bawah sinar matahari atau bahkan tanpa sinar sekalipun. Kamu juga tidak perlu menyiraminya secara teratur.

Tanaman Laba-laba (Chlorophytum comosum)

Chlorophytum comosum adalah tanaman hias yang cukup populer di masyarakat. Tanaman ini memiliki daun melengkung panjang dengan bunga berwarna putih yang mungkin hampir tidak terlihat. Hal ini terjadi karena adanya garis putih di tengah daun. Tanaman ini juga tidak membutuhkan banyak perawatan. Bahkan, ia bisa tumbuh di mana saja, baik di bawah sinar matahari ataupun teduh.

Croton

Croton merupakan genus tanaman berbunga yang termasuk dalam keluarga spurge, Euphorbiaceae. Tanaman dari genus ini diperkenalkan di Eropa oleh Georg Eberhard Rumphius. Tanaman ini sebaiknya ditanam di luar ruangan atau langsung di bawah sinar matahari. Croton adalah tanaman rendah air dan mudah perawatan.

3 dari 4 halaman

Tanaman Hias yang Cepat Tumbuh di Luar Ruangan

Macam-macam tanaman hias selanjutnya adalah yang cepat tumbuh di luar ruangan. Kamu bisa menanam macam-macam tanaman hias berikut bila ingin melihat hasil kerjamu dengan cepat. Berbagai tanaman ini bahkan bisa tumbuh sangat tinggi.

Marigold (Tagetes)

Bunga marigold cepat tumbuh dengan mudah. Warnanya yang oranye pun bisa membuat kebun semakin cerah. Kamu tidak perlu memikirkan tanah tertentu untuk marigold. Sebab tanaman ini bisa tumbuh di berbagai jenis dataran dan hanya butuh pengairan teratur.

Royal palm

Ingin memiliki tanaman yang cukup tinggi di kebun? Royal palm adalah jawabannya. Tanaman yang satu ini mudah dan cepat tumbuh di berbagai jenis tanah. Pastikan juga royal palm Kamu terkena sinar matahari yang cukup.

Calendula

Bunga calendula yang berwarna kuning adalah salah satu pilihan tanaman untuk dipelihara. Pasalnya calendula cepat tumbuh dan mudah perawatannya. Calendula juga disebut sebagai bahan produk kecantikan untuk mencerahkan kulit.

Tanaman bambu

Bambu bisa ditanam di luar maupun dalam ruangan. Beberapa orang percaya bambu adalah tanaman keberuntungan. Kalau Kamu tertarik, jangan khawatir akan perawatannya. Sebab bambu cukup mudah dan cepat tumbuh.

4 dari 4 halaman

Tanaman Hias Jenis Kaktus

Macam-macam tanaman hias selanjutnya adalah jenis kaktus. Tanaman kaktus menjadi sangat digandrungi karena bentuknya yang indah walaupun berduri. Apalagi perawatannya juga tidak merepotkan, membuat macam-macam tanaman hias ini semakin diidolakan.

Gymnocalycium

Gymnocalycium adalah salah satu jenis kaktus yang berbunga indah. Kamu dapat menanam mereka dalam pot kecil. Gymnocalycium atau sering disebut kaktus dagu, merupakan genus kaktus dari Amerika Selatan. Kata gymnocalycium sendiri diambil dari bahasa Yunani yang berarti kelopak telanjang. Hal tersebut mengacu pada bantalan kuncup bunga yang tidak ditumbuhi duri sama sekali.

Pincushion cactus

Jenis kaktus ini memiliki duri yang halus. Mereka umumnya tumbuh dalam kelompok dan sangat minim perawatan. Pincushion cactus sendiri adalah nama umum yang diberikan kepada berbagai jenis kaktus kecil, yang memiliki bentuk menarik dan beragam. Kamu dapat menemukan lebih dari 175 spesies kaktus kecil di seluruh dunia.

Ball cactus

Spesies ini memiliki bentuk seperti bola berduri. Ia tumbuh berkelompok dan bagus untuk digunakan sebagai tanaman hias. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, sehingga Kamu harus menaruhnya di tempat yang teduh.

Cereus tetragonus

Kaktus ini memiliki bentuk yang mirip dengan kastil dari negeri dongeng. Ada bagian yang tinggi dan pendek. Cereus tetragonus bisa digunakan sebagai tanaman pagar atau juga tanaman pot. Cereus tetragonus sendiri merupakan kaktus asli Amerika yang tingginya bisa mencapai 6 kaki atau hampir 2 meter.

Haworthia attenuata atau tanaman zebra

Ini mungkin adalah kaktus terbaik yang dapat tumbuh di dalam ruangan karena memiliki toleransi yang tinggi untuk kondisi cahaya yang rendah. Haworthia adalah genus tanaman sukulen kecil yang endemik di Afrika Selatan. Jenis tanaman ini umumnya menyerupai miniatur lidah buaya.