Sukses

Selain Buat Masakan, Ini 5 Manfaat Minyak Wijen Bagi Kesehatan

Manfaat minyak wijen dapat meningkatkan kualitas kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta Minyak wijen berasal dari biji wijen yang diekstrak. Selama ini minyak wijen diketahui hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit. Apalagi biasanya minyak wijen ini hanya digunakan untuk memasak saja.

Padahal selain fungsi tersebut, minyak wijen juga memiliki manfaat lainnya yang tak kalah mentereng. Bahkan beberapa penyakit berat dapat dicegah dengan minyak wijen ini.

Manfaat minyak wijen dapat meningkatkan kualitas kesehatanmu. Kebanyakan orang belum menyadari berbagai manfaat kesehatan yang ditawarkan minyak wijen ini karena biasanya hanya digunakan dalam memasak.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang manfaat minyak wijen bagi kesehatan dari berbagai sumber, Kamis (4/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Membuat kulit tampak lebih muda

Minyak wijen kaya akan zat anti oksidan dan vitamin E. Kedua nutrisi ini bermanfaat untuk mencegah tkamu-tkamu penuaan dini serta kusam di kulit kamu.

Caranya oleskan minyak ini pada kulit dan pijat selama 4-5 menit setiap hari. Hal ini akan membantu mengencangkan pori-pori. Selain itu minyak wijen juga kaya akan sifat anti inflamasi yang berfungsi untuk mengurangi infeksi kulit.

3 dari 6 halaman

Menurunkan tekanan dan gula darah

Minyak wijen kaya akan lemak baik. Oleh sebab itu minyak ini membantu menurunkan kadar glukosa sehingga dapat mengurangi resiko diabetes.

Jadi, minyak wijen juga bermanfaat dalam membantu menurunkan tekanan darah. Pasalnya, dalam minyak wijen terdapat kandungan vitamin E, vitamin B kompleks, asam folat, protein, dan mineral yang mana dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, minyak wijen juga baik untuk menurunkan kadar gula darah seseorang. Hal ini disebabkan karena dalam minyak wijen terdapat kandungan magnesium dan vitamin E yang mana efektif dalam membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Menjaga kesehatan jantung

Kandungan asam lemak tak jenuh di dalamnya bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat di dalam tubuh Kamu. Selain itu minyak ini juga kaya akan lesitin yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan darah.

Selain itu, kandungan antioksidan pada winyak wijen juga memiliki manfaat tersendiri bagi kesehatan jantung. Apalagi dengan adanya kehadiran kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak wijen juga berguna dalam membantu menurunkan kadar kolesterol, melancarkan fungsi arteri, dan membantu menjaga sistem kardiovaskular agar tetap kuat.

5 dari 6 halaman

Menjaga kesehatan rambut

Minyak wijen dapat membantu menjaga kesehatan rambut seperti mencegah gatal di kulit kepala, mengurangi ketombe, dan mencegah kerontokan rambut. Pijat kulit kepala Kamu dengan minyak ini seminggu sekali.

Selain itu, rambut juga akan menjadi halus karena minyak wijen ini. Bahkan dengan menggunakan minyak wijen, kamu bisa sekaligus mencegah munculnya uban. Tidak ada salahnya menggunakan minyak wijen secara rutin setiap harinya untuk merawat kesehatan rambutmu.

6 dari 6 halaman

Baik untuk kesehatan gigi

Sebuah penelitian pernah menunjukkan bahwa mengoleskan minyak wijen pada permukaan gigi secara teratur dapat membuat plak gigi terkikis dan bahkan menghilang. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan minyak wijen pada gigi yang berkarang atau pada gigi yang memiliki plak. Biarkan setidaknya selama 5-10 menit dan berkumurlah dengan air bersih.

Dengan begitu kamu bisa sekaligus menjaga kesehatan gigi dari berbagai macam bakteri yang ada. Apalagi plak merupakan tempat tumbuhnya berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan gigi tidak sehat dan menimbulkan penyakit nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.