Sukses

Begini Detik-Detik Gerhana Matahari Total di Langit Argentina, Bikin Merinding

Liputan6.com, Jakarta Gerhana matahari terjadi ketika bulan lewat di antara Bumi dan matahari, dengan demikian total atau sebagian menutupi citra matahari untuk terlihat dari bumi. Gerhana matahari total terjadi ketika diameter tampak bulan lebih besar dari matahari, menghalangi semua sinar matahari langsung, mengubah siang hari menjadi gelap.

Peristiwa gerhana matahari total adalah fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Pada Selasa (2/7/2019) fenomena gerhana matahari ini terjadi dan terlihat di Amerika Selatan, tepatnya di Chile dan Argentina.

Mengutip dari Channel News Asia pada Rabu (3/7/2019) gerhana matahari total secara singkat seakan mengubah siang menjadi malam secara singkat, hal ini pun membuat banyak orang tertarik untuk menyaksikannya.

Banyak media sosial yang membagikan fenomena terjadinya gerhana bulan tersebut, salah satunya adalah akun media sosial Twitter @semestasains pada, Rabu (3/7/2019). Berikut penampakan gerhana matahari mengerikan yang Liputan6.com kutip dari @semestasains, Kamis (4/7/2019).

2 dari 3 halaman

Detik-detik penampakan gerhana matahari total

 

Detik-detik penampakan gerhana matahari total yang sungguh epik karena terlihat secara jelas. Video yang diunggah oleh akun media sosial Twitter @semestasains pada, Rabu (3/7/2019) langsung menjadi viral sampai sekarang, yang kini telah mendapat 9,5 ribu retweet 15,9 ribu suka.

Awalnya di langit sudah terlihat bahwa gerhana matahari total akan mulai. Di atas langit terlihat seperti sebuah ledakan cahaya yang berangsur-angsur berubah menjadi cincin raksasa yang bersinar namun langit berubah lebih gelap seperti malam hari dan munculnya cincin yang terlihat jelas di atas langit. Fenomena ini pun membuat orang yang menontonnya menjadi heboh dan kagum akan kejadian tersebut.

3 dari 3 halaman

Komentar Netizen

Dalam unggahan video yang dilakukan oleh akun media sosial Twitter @semestasains ini pun mendapat banyak sekali tanggapan dari netizen.

Salah satu netizen ada yang mengucapkan kekaguman atas keajaiban tersebut.

"Luar biasa ya Allah itu. Mau dikejar sejauh mana disana selalu ada galaksi galaksi dan keajaiban lainnya" ungkap @kipyiksamgong

Komentar kocak dari netizen pun tak kalah seru, mungkin bagi penggemar film anime naruto akan paham maksudnya.

"Rakyat argentina yang sedang bersorak gembira melihat gerhana, mereka tidak tahu kalo mereka sedang terkena mugen tsukuyomi." ungkap @salaminzaghi

Meski gerhana matahari dalam beberapa tahun terakhir ini pernah terjadi pula di Indonesia namun tidak total, ternyata banyak pula yang belum pernah menyaksikan.

"Aku belum pernah lihat gerhana matahari huhu" ungkap @hanagloryaastf