Sukses

9 Makanan Khas Pontianak yang Enak dan Jarang Ditemukan di Tempat Lain

Liputan6.com, Jakarta Makanan khas Pontianak menyajikan banyak hidangan yang unik. Bahkan kamu mungkin tidak akan menjumpainya di daerah-daerah lain di Indonesia.

Walaupun jarang terdengar, ternyata banyak makanan-makanan enak yang berasal dari Tanah Borneo ini. Dengan cita rasa yang tentunya berbeda dengan masakan khas tempat lainnya, kamu wajib mencoba berbagai makanan khas Pontianak ini.

Makanan khas Pontianak ini merupakan perpaduan kultur berbagai macam suku yang menetap di daerah tersebut. Selain itu, tidak hanya makanan berat saja. Banyak juga camilan yang tak kalah enak yang wajib kamu cicipi ketika berkunjung ke ibu kota Kalimantan Barat ini.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang makanan khas Pontianak dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2019).

2 dari 5 halaman

Bingke dan Kue Kantong Semar

Bingke

Bingke merupakan makanan khas Pontianak yang terbuat dari telur dan tepung. Kue Bingke ini juga divariasikan dengan tambahan tambahan lain seperti keju, coklat, bahkan durian.

Bentuknya mirip dengan martabak manis atau juga seperti kue tar keju. Proses pembuatannya hampir sama dengan proses pemasakan kue lumpur. Makanan khas Pontianak satu ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh yang wajib kamu cicipi.

Kue Kantong Semar

Kue kantong semar ini berasa dari daerah pedalaman Kalimantan Barat. Namun, sering disajikan ketika adanya acara daerah ataupun acara kenegaraan. Makanan khas Pontianak ini tidak terlalu sering ditemui karena memang tumbuhan ini dilindungi.

Namun untuk melestarikan adat dan budaya, makanan khas Pontianak ini tetap dilegalkan menjadi wadah makanan ini, tentunya dengan berbagai macam pemeliharaan setelahnya.

Biasanya di dalam kantong semar ini terdapat beras pulut yang dicampur dengan kacang merah yang kemudian akan dikukus. Dengan keunikannya tersebut, makanan ini tidak kalah mengugah selera dari makanan lain, apalagi ditambah dengan keunikannya.

 

3 dari 5 halaman

Pisang Goreng Srikaya dan Bubur Ikan Pontianak

Pisang Goreng Srikaya

Pisang goreng srikaya merupakan makanan khas Pontianak yang cukup terkenal. Pisang goreng srikaya ini bisanya menjadi teman minum kopi saring yang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain karena bahan dasarnya pisang nipah yang hanya ada di Pontianak, selai srikaya yang dilumuri di atasnya merupakan perpaduan telur dengan buas srikaya yang membuatnya semakin enak. Orang Pontianak menjadikan makanan ini menjadi sarapan pagi, bahkan makanan penutup di malam hari.

Bubur Ikan Pontianak

Bubur ikan Pontianak ini menggunakan nasi, kuah, sayuran segar serta taburan ikan laut ataupun ikan sungai yang beragam. Selain itu ada juga tambahan telur ayam kampung yang menambah nikmat dan sehatnya bubur ikan Pontianak ini.

 

4 dari 5 halaman

Es Krim Petrus dan Mie Sagu

Es Krim Petrus

Es krim ini sungguh fenomenal. Berdiri sejak tahun 70an, es krim yang lebih dikenal dengan nama es krim Petrus, karena berada tepat di depan Persekolahan Petrus di Pontianak. Siapapun yang ke Pontianak seakan diwajibkan untuk singgah dan menikmati eskrim berbagai varian rasa seperti durian, vanila, coklat, nangka, hingga cempedak ini.

Yang membuat menarik, memakan es krim di tempat ini dengan dua cara, berwadah gelas, atau kelapa muda. Dan rasanya dijamin menggugah selera.

Mie Sagu

Sagu lebih terkenal sebagai bahan makanan yang populer di Indonesia bagian timur. Namun ternyata, sagu juga merupakan bahan utama dalam salah satu makanan khas Pontianak ini, yaitu mie sagu.

Memiliki ukuran lebih besar dan tebal dengan warna cokelat kehitaman yang tampak kusam, membuat bentuk dan tekstur mie sagu sangat berbeda dengan mie pada umumnya. Kuah mie sagu ini sangat kental karena didapatkan dari hasil tumisan. Mie sagu dimasak dengan campuran kecambah, daun kucai, serta bumbu dan potongan daging.

5 dari 5 halaman

Tau Swan, Pengkang, dan Chai Kue

Tau Swan

Banyak yang mengatakan, makanan ini asli dari negeri tirai bambu. Namun, di negara asalnya, makanan ini tak lagi bisa didapatkan. Di Pontianak, makanan ini menjadi kuliner malam hari para penikmatnya. Dijual di setiap persimpangan jalan, Tau Swan yang terbuat dari air gula dicampur kedelai dan potongan kue manis, benar-benar memiliki ciri khas rasa yang unik.

Tapi bagi yang memiliki gula darah berlebih, disarankan jangan memakannya, karena manisnya luar biasa. Orang Pontianak menjadikan makanan ini sebagai pemulih stamina dikala kelelahan bekerja.

Pengkang

Makanan khas Pontianak selanjutnya adalah Pengkang. Pengkang merupakan sebuah camilan yang terdiri dari olahan beras ketan dengan isian ebi dengan cita rasa gurih. Adonan tersebut nantinya dibungkus dengan daun pisang lalu dibakar sehingga menghasilkan aroma yang sangat sedap.

Chai Kue

Makanan khas Tionghua ini memang sudah menyatu dengan lidah semua kalangan. Tepung beras yang dibentuk menjadi kulit penutup kuliner ini diisi dengan sayuran bawang kuchai, bengkuang, dan kedelai, ditambah lagi dengan taburan irisan bawang putih goreng yang diberikan minyak, menambah cita rasa tak terlupakan.