Sukses

5 Manfaat Komputer untuk Kehidupan Sehari-hari, Gunakan Secara Bijak

Liputan6.com, Jakarta Seiring perkembangan zaman, segala kegiatan yang dilakukan dipermudah dengan adanya berbagai inovasi yang diciptakan salah satunya komputer. Di era serba teknologi seperti saat ini, keberadaan komputer sangatlah penting. Manfaat komputer dianggap sebagai alat multifungsi dan sudah banyak dikenal oleh banyak orang. Baik dari kalangan anak kecil, remaja bahkan orang dewasa sekalipun.

Memiliki kegunaan yang multifungsi, menjadikan keberadaan komputer sering dijumpai di supermarket, kantor, bank, sekolah, dan lain sebagainya. Bahkan kini di masing-masing rumah juga telah memiliki komputer dengan berbagai jenis dan bentuk. Misalnya seperti laptop.

Walaupun komputer bersifat bisa mengerjakan apa saja alias multifungsi, namun belum banyak yang memgetahui secara signifikan tentang manfaat komputer itu sendiri. Ya, orang-orang yang menggunakan komputer hanya sebatas megetahui serta menggunakan dasar-dasar komputer saja. Sehingga tidak bisa merasakan manfaat yang berlebih dari komputer.

Untuk itu, agar kamu bisa memperoleh manfaat komputer secara lebih, kamu perlu mengenal beberapa manfaat komputer agar bisa memiliki keahlian khusus untuk mendapatkan manfaat komputer dengan lebih. Berikut ini Liputan6.com, Jum’at (5/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat komputer yang perlu diketahui.

2 dari 6 halaman

Sarana Komunikasi

Manfaat komputer pertama yang bisa digunakan oleh hampir seluruh orang adalah dengan mennjadikannya sebagai alat komunikasi. Ya, manfaat komputer sebagai alat komunikasi ini sudah semakin berkembang sekitar beberapa puluh tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan untuk menggantikan fungsi dari telepon rumah.

Dengan menggunakan komputer, kamu bisa mengakses internet untuk nantinya terhubung dengan teman atau saudara melalui beberapa media. Misalnya saja, kamu bisa berkirim pesan dengan email, mengobrol dengan teman melalui pesan instan, video call, mengunggah foto serta memberikan komentar di jejaring sosial.

Nah, dengan memanfaatkan keunggulan komputer tersebut, kamu bisa dengan maksimal melakukan komunikasi dengan banyak orang di seluruh penjuru dunia tanpa ada penghalang yang berarti.

3 dari 6 halaman

Memudahkan Pekerjaan

Bila saat ini kamu sedang bekerja, maka kamu bisa merasakan manfaat dari komputer. Kebanyakan dalam lingkup dunia kerja seperti perkantoran, menjadikan komputer sebagai perangkat vital yang digunakan oleh hampir semua tingkatan. Misalnya saja untuk resepsionis hingga petinggi di kantor seperti direktur.

Dalam dunia kerja, komputer dirasa mampu membantu menyelesaikan segala urusan. Beberapa manfaat komputer yang bisa kamu rasakan dengan menggunakan komputer ini adalah bisa mengolah data, mempercepat pekerjaan, berkirim informasi, mencetak dokumen penting, hingga berkomunikasi dengan orang penting yang berhubungan dengan perusahaan.

Bagi perusaahan besar, komputer biasanya didampingi dengan perangkat pembantu penting seperti printer dan facsimile. Untuk mengerjakan tugas kantor, jenis komputer yang digunakan pun beragam. Mulai dari Personal Computer (PC) dengan monitor biasa atau layar datar hingga komputer jinjing atau laptop.

4 dari 6 halaman

Penunjang Pendidikan

Kini, sebagian besar sekolah telah menjadikan komputer sebagai alat yang sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Ya, dengan menggunakan komputer sebagai media pembelajaran, membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih hidup alias tidak monoton.

Komputer dalam dunia pendidikan bisa dimanfaatkan oleh guru untuk memberikan materi pelajaran. Hanya dengan menyajikan video interaktif, simulasi, dan program presentasi melalui komputer, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran.

Nah, untuk siswa sendiri, manfaat komputer yang bisa dirasakan adalah bisa lebih mudah untuk mendapatkan ilmu atau informasi. Peran buku manual pun dapat diganti dengan menggunakan buku elektronik atau e-book. Maka tak heran, kini sudah banyak sekolah yang telah menerapkan perpustakaan digital atau perpustakaan berbasis komputer. Dengan berubahnya stigma pendidikan yang berbasis komputer ini, diharapkan dapat mempermudah bagi para guru dan siswa dalam menjalankan proses kegiatan belajar mengajar.

5 dari 6 halaman

Berbisnis

Untuk mendapatkan seperangkat komputer memang tidaklah murah. Namun dengan memiliki komputer ini, kamu bisa jadikan investasi untuk mencari uang yaitu dengan membuka usaha. Ya, hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet, kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan.

Untuk mendapatkan manfaat komputer dengan berbisnis ini, kamu bisa melakukannya dengan membuka rental komputer, warnet, kursus komputer, video editing, percetakan, programmer, dan lain sebagainya. Mengikuti perkembangan zaman seperti saat ini, bisa dilihat juga perkembangan usaha atau bisnis seperti jual beli online yang dimana juga menggunakan komputer.

6 dari 6 halaman

Media Hiburan

Salah satu manfaat komputer yang bisa kamu dapatkan adalah bisa mempermudah mencari hiburan tanpa perlu keluar rumah. Ya, komputer tak hanya berfungsi untuk membantu dalam suatu aktivitas yang serius-serius saja, melainkan juga bisa sebagai alat atau media hiburan.

Banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan dari komputer. Misalnya saja dengan menonton film, bermain game, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Ditambah semakin pesatnya perkembangan internet, membuat hadirnya banyak situs-situs yang menawarkan pengguna untuk menikmati hiburan yang disediakan.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Wisata Murah Jakarta yang Penuh Edukasi, Cocok untuk Keluarga
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Wisata Ancol yang Seru, Alternatif Liburan di Kawasan Jakarta