Sukses

Rutin Dapat Donasi, Tempat Penampungan Kucing Ini Justru Memprihatinkan

Ada banyak kucing-kucing liar yang tak memiliki rumah bernaung ataupun pemilik yang bisa merawatnya.

Liputan6.com, Jakarta Selain banyak digemari dijadikan hewan peliharaan di rumah, kucing juga banyak berkeliaran bebas atau sering disebut kucing liar. Ada banyak kucing-kucing liar yang tak memiliki rumah bernaung ataupun pemilik yang bisa merawatnya.

Melihat maraknya kucing liar yang tak bertuan dan tidak hidup layak, beberapa orang mendirikan sebuah tempat penampungan bagi hewan-hewan yang tak memiliki rumah. Salah satunya tempat penampungan kucing.

Tempat penampungan seharusnya menjadi rumah yang nyaman yang menyelamatkan hewan-hewan agar tak berkeliaran di jalanan. Tetapi hal sebaliknya dialami oleh kucing jalanan yang ditampung di sebuah penampungan di Tuaran, Kota Kinabalu, Malaysia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Penampungan Kucing yang Memprihatinkan

Rumah penampungan kucing di daerah Kinabalu baru-baru ini menarik perhatian publik. Dilansir dari World of Buzz oleh Liputan6.com, Jumat (5/7/2019) sebuah kasus memprihatinkan ini dibagikan oleh Fransisca Romana dari Animal Lovers Independent Rescuer (ALIR) yang ia bagikan melalui Facebook Live.

Sangat berbeda dari harapan, kondisi penampungan yang bernama Melissa Cat Shelter (MCS) ini benar-benar mengerikan dan jauh dari kata layak bagi para kucing. Banyak kucing yang kelaparan di dalam kandang dan kurang gizi.

Beberapa kucing pun mati akibat kelaparan. Bahkan hal mengerikan lainnya adalah beberapa kucing mati membusuk sampai tubuhnya tinggal tulang yang berbekas di halaman penampungan tersebut.

Saitan la kau sana ... ego btl kau ah ... Besok kami report polis .. n jabatan haiwan .. k Kamu support lagi la MELISSA CAT SHELTER !!! PENIPU DARI AWAL !!!!!!!! MAMA DIA HALAU DIA SEBAB DIA TDK JAGA TU BINATANG BUKAN SEBAB DIA KENA CANCER STAGE 4 ..

Posted by Fransisca Romana on Sunday, 16 June 2019
3 dari 3 halaman

Rutin Dapatkan Donasi

Setelah diselidiki, pemilik penampungan ini, Melissa, ternyata terdaftar sebagai penerima donasi. Ia menerima donasi sejak pertama kali membuka tempat tersebut pada tahun 2017 lalu. Namun donasi itu diduga tak digunakan sebaik-baiknya.

Fransisca lalu mengajukan laporan ke polisi terhadap Melissa. Ia berhasil menyelamatkan setidaknya 50 ekor kucing yang masih hidup di MCS. ALIR harus membangun tempat tambahan untuk menyelamatkan 50 kucing tersebut.

Francisca juga mengajak netizen yang menyumbangkan dananya ke MCS untuk ikut berpartisipasi dalam pengadilan untuk Melissa. Walaupun begitu, Fransisca membuka kesempatan bagi Melissa untuk menunjukkan rasa permintaan maaf atas tindakannya.

Dari kasus ini penting untuk mencari tahu tujuan dari donasi atau sumbangan. Tujuannya harus jelas dan pastikan bahwa organisasi tersebut membeberkan kemana tujuan dari uang donasi tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini