Sukses

Ini 4 Fungsi Bluetooth yang Jarang Diketahui, Tak Cuma Berkirim File

Liputan6.com, Jakarta Bluetooth telah menjadi teknologi nirkabel yang mengesankan untuk memungkinkan segala macam fungsionalitas keren di berbagai gadget. Bluetooth sering dikenal sebagai alat untuk bertukar file secara nirkabel. Penggunaan Bluetooth aman populer selama beberapa dekade ini. 

Dulu, penggunaan Bluetooth agak terbatas pada tahap awal kemunculannya, Bluetooth telah berkembang menjadi media yang mampu menciptakan banyak komunikasi data yang berbeda.

Apalagi sekarang karena revisi terbaru dari spesifikasi Bluetooth mencakup beberapa efisiensi energi yang besar, banyak cara menghubungkan perangkat lain ke ponsel Android melalui Bluetooth.

Laptop, ponsel cerdas, dan tablet Anda mungkin semuanya memiliki dukungan Bluetooth terintegrasi. Untuk membuat dua perangkat Bluetooth saling terhubung, kamu harus melakukan “pair” pada keduanya. Jika dulu Bluetooth hanya digunakan untuk berkirim file, ini kegunaan Bluetooth lebih luas lagi. Dengan Bluetooth kamu dapat mengakses perangkat pendukung ponsel maupun PC secara nirkabel.

Berikut 4 fungsi bluetooth yang jarang diketahui, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (5/7/2019).

2 dari 5 halaman

Internet Tethering

Tethering umumnya digunakan untuk mengakses Internet pada laptop melalui smartphone yang mendukung data. Orang biasanya menggunakan Wi-Fi untuk berbagi koneksi ponsel cerdas mereka, tetapi mereka tidak harus melakukannya.

Kamu juga dapat Tethering melalui bluetooth. Tethering Bluetooth akan menghabiskan daya baterai lebih sedikit daripada Wi-Fi, jadi ini mungkin pilihan ideal dalam beberapa situasi.

Ponsel Android yang menjalankan Android versi terbaru mampu melakukan Internet tethering melalui Bluetooth.

Sebenarnya tidak ada langkah-langkah tambahan - cukup nyalakan Bluetooth, sambungkan dengan perangkat yang kamu inginkan, dan pilih opsi penambatan Bluetooth untuk mengaktifkannya. Kamu dapat menemukannya di menu Tethering & portable hotspot, di samping opsi tethering USB dan Hotspot.

3 dari 5 halaman

Hubungkan Perangkat Secara Nirkabel

Bluetooth paling umum digunakan untuk menghubungkan perangkat nirkabel ke smartphone, tablet, atau laptop. Untuk melakukan ini, kamu memerlukan perangkat yang mendukung Bluetooth. Berikut beberapa perangkat yang dapat disambungkan dengan Bluetooth:

Headset

Headset Bluetooth adalah periferal Bluetooth paling ikonik. Pasangkan headset Bluetooth dengan ponsel dan kamu dapat menggunakannya untuk menerima panggilan secara nirkabel. Karena spesifikasi Bluetooth memungkinkan lebih dari sekadar menerima audio, tombol pada headset juga dapat digunakan untuk menjawab dan menutup panggilan.

Perangkat Audio Lain

Headset bukan satu-satunya perangkat audio yang dapat tersambung dengan Bluetooth. Kamu dapat memasang headphone Bluetooth dengan komputer, speaker, atau bahkan penerima audio Bluetooth yang dihubungkan ke sistem stereo rumah dan memungkinkannya untuk menerima pemutaran audio melalui Bluetooth.

Mouse Mouse adalah jenis lain dari aksesori Bluetooth. Mouse Bluetooth berfungsi pada sebagian besar laptop modern serta tablet dan bahkan smartphone. Banyak mouse nirkabel untuk laptop menggunakan dongle USB sebagai ganti Bluetooth.

Keyboard

Keyboard juga dapat terhubung melalui Bluetooth, yang sangat berguna untuk tablet. Bahkan jika kamu dapat menggunakan kabel USB OTG untuk menghubungkan satu mouse atau keyboard ke tablet, kamu bisa menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan kedua keyboard dan mouse sekaligus.

Gamepad

Gamepad adalah tipe lain dari perangkat input Bluetooth. Kamu dapat menghubungkan pengontrol nirkabel ke tablet atau ponsel cerdasmu melalui Bluetooth. Bahkan Nintendo Wiimote dan Sony PlayStation 3 controller berkomunikasi dengan konsol mereka melalui Bluetooth, sehingga kamu dapat menggunakan beberapa trik untuk memasangkannya dengan komputer atau perangkat lain.

Printer

Ada juga printer berkemampuan Bluetooth, yang memungkinkan kamu untuk menghubungkan dan mencetak dokumen melalui koneksi Bluetooth alih-alih Wi-Fi standar atau koneksi jaringan kabel.

4 dari 5 halaman

Bermain Game Multiplayer

Tak cuma menyambungkan perangkat, sambungan Bluetooth teryata juga bisa untuk hiburan. Kamu bisa menggunakan Bluetooth untuk bermain game multiplayer. Tak perlu koneksi internet, kamu sudah bisa bermain game bersama teman-temanmu.

Google Play Store dan App Play Store menawarkan beragam game berbasis Bluetooth. Beberapa pilihan Game Multiplayer diantaranya adalah Dual, Warlings, Dual Multiplayer Shooter, dan masih banyak lagi.

5 dari 5 halaman

Berkirim pesan

Jika bisanya kamu berkirim pesan dengan aplikasi berbasis data internet atau pulsa, ternyata kamu bisa memanfaatkan Bluetooth sebagai aplikasi berkirim pesan, lho. Aplikasi ini bahkan tak memerlukan koneksi internet, cukup menggunakan sambungan Bluetooth.

Chatting menggunakan Bluetooth adalah cara praktis untuk berbicara dengan diam-diam dengan teman-teman di kantor atau di bioskop, pesan Bluetooth juga bagus untuk menjalin pertemanan baru di tempat asing. Kamu dapat terhubung dengan siapa saja yang memiliki Bluetooth ponsel yang diaktifkan.

Yang kamu butuhkan hanyalah mengaktifkan Bluetooth, dan terlebih dahulu menginstal program obrolan seperti BuZZone, SYMPTChat, atau Bluetooth Chat.

Untuk memulai, kamu cukup menentukan nama pengguna lalu memindai jangkauan Bluetoothmu untuk pengguna lain. Setelah terhubung dengan seseorang, kamu dapat mengirim dan menerima pesan teks serta suara, menyisipkan emotikon, dan bertukar file.

Loading