Sukses

7 Makanan Ini Bisa Atasi Kulit Kering, Wajib Dikonsumsi

Liputan6.com, Jakarta Dengan perubahan musim dan cuaca yang tak menentu, kulit menjadi salah satu anggota tubuh yang paling berdampak. Ketika udara dingin mulai datang kulit rentan kering dan terkelupas. Berbagai produk perawatan mungkin dapat menjadi solusi mengatasi kulit kering, namun sebenarnya ada cara alami yang dapat diambil.

Mengatasi kulit kering dari dalam bisa menjadi pilihan aman yang digunakan. Seperti halnya bagian tubuh lainnya, kulit membutuhkan nutrisi tertentu untuk membantu menyembuhkan dan memperbaiki dirinya sendiri dan menjaganya dalam kondisi optimal. Makanan sehat tidak hanya membuatmu tetap terhidrasi, tetapi mereka dapat bekerja pada tingkat sel untuk menjaga kulit tetap lembab, halus dan kenyal.

Garam dan makanan berpengawet dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Bahan makanan yang baik untuk kelembaban kulit dapat meliputi omega-3 asam lemak, makanan kaya silika, dan tentu saja makanan yang kaya antioksidan. Berikut Liputan6.com lansir dari Bustle daftar makanan yang dapat membantu mengatasi kulit kering dan menjaganya agar tetap sehat dan lembab, Minggu (7/7/2019).

2 dari 8 halaman

Ikan

Ikan berlemak seperti salmon, herring, tuna, dan trout mengandung asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang dapat membantu mempertahankan kelembaban dan memperkuat sel kulit. Gejala kekurangan omega-3 termasuk kulit kering, jadi perbanyak asupan ikan dan makanan kaya omega-3 lainnya seperti biji rami untuk menjaga kulit tetap terhidrasi.

Menurut Mayo Clinic, makanan-makanan ini tidak hanya direkomendasikan agar mendapatkan kulit yang cantik, tetapi juga kesehatan yang baik. Ini karena mereka diketahui mengurangi peradangan di seluruh tubuh. Bahkan, makan ikan sangat baik bagi kesehatan, sehingga disarankan kamu mendapatkan satu atau dua porsi dua kali seminggu untuk menjaga kesehatan jantung.

3 dari 8 halaman

Kacang-kacangan

Kacang adalah makanan ringan sehat yang direkomendasikan sebagai sumber protein dan nutrisi yang sangat baik. Bahan satu ini juga bagus untuk mencegah kulit kering. Anna Guanche, ahli dermatologi dan kecantikan selebritas bersertifikat, mengatakan kepada Bustle, “Kacang menyediakan minyak alami, yang dapat digunakan sebagai bahan penyusun komponen penghalang kulit, dan memperkaya sebum, atau minyak kulit alami. Mereka dikemas dengan vitamin dan minyak yang bermanfaat bagi kesehatan kulit."

Kacang juga kaya akan vitamin E, yang telah lama disebut-sebut berperan dalam perawatan kulit. Vitamin E melindungi kulit dari kerusakan sel oksidatif, dan seperti asam lemak omega-3, melindungi sel kulit dari kerusakan eksternal seperti sinar UV. Vitamin E yang ditemukan dalam kacang-kacangan juga dapat digunakan untuk membantu meringankan gatal, kulit yang teriritasi dan eksim.

4 dari 8 halaman

Alpukat

Seperti kacang, alpukat kaya akan vitamin E dan lebih dari 20 vitamin, mineral, dan antioksidan lainnya. Buah ini juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang tidak hanya membuat kulit tetap lembab, tetapi juga mengurangi peradangan. Alpukat sehat untuk tubuh luar dan dalam, menjadikan ini alasan mengapa begitu banyak masker wajah mengandung buah ini sebagai bahan utama.

Alpukat sangat dianjurkan karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang disebutkan di atas, yang juga dapat membantu menurunkan kolesterol, meningkatkan fungsi pembuluh darah, membantu mengatur insulin dan kadar gula darah.

5 dari 8 halaman

Ubi

Sayuran lezat ini mengandung banyak vitamin A, salah satu nutrisi terpenting untuk mencegah kulit kering. Antioksidan ini membantu memperbaiki kerusakan jaringan dan membantu menjaga kesehatan kulit. Ubi jalar kadang-kadang disebut pelembab karena kemampuan mereka untuk menyembuhkan kulit dan membantunya mempertahankan kelembaban.

Sebuah studi tahun 2007 di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setengah ubi setiap hari selama tiga tahun melihat peningkatan pada kulit mereka sebesar 11 %. Ubi jalar dikemas dengan antioksidan seperti beta karoten, yang dapat berubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A membantu membangun kolagen dan membuat kulit tampak kenyal, seperti halnya Retin-A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kulit kering, kelihatan seperti pucat.

6 dari 8 halaman

Tiram

Tiram dapat melembabkan kulitmu. Asam lemak omega dalam tiram (dan dalam semua makanan laut) dapat membantu kulit membangun minyak alami. Namun, dan yang paling penting, tiram penuh dengan nutrisi seng, yang membantu membantu sistem kekebalan tubuh, memperbaiki kulit dan membangun kolagen.

Tiram juga mengandung zat besi, yang membantu banyak proses kulit penting. Seng juga merupakan mineral utama dalam memperbaiki masalah kulit lainnya seperti peradangan, jerawat, dan jaringan parut. Makanan lain yang kaya akan seng termasuk daging sapi, kacang-kacangan, dan bibit gandum.

7 dari 8 halaman

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin E, lemak tak jenuh tunggal, dan asam lemak omega-3, menjadikannya pembangkit tenaga nutrisi pada kulit. Minyak yang menyehatkan jantung ini dapat membantu melindungi kulit dari sinar UV dan melindungi dari kondisi kulit seperti kekeringan dan eksim.

Mengonsumsi minyak zaitun dapat bermanfaat bagi kulit. Minyak zaitun dapat membantu mengatasi kulit kering dengan menyediakan bahan baku untuk sebum, atau minyak kulit alami. Menurut pakar kecantikan, cara  terbaik mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kulit adalah mengonsumsi minyak zaitun daripada mengaplikasikannya di kulit wajah. Menggunakan minyak zaitun secara langsung dapat menyebabkan jerawat pada orang yang rentan berjerawat.

Untuk mendapatkan kulit lembab alami bisa dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung minyak zaitun, memasak dengan minyak zaitun atau juga mengonsumsi satu sendok makan setiap hari.

8 dari 8 halaman

Timun

Mentimun mengandung vitamin A dan vitamin C, yang keduanya berfungsi menenangkan kulit dan melawan kerusakan, termasuk kulit kering. Belum lagi, mentimun mengandung persentase kandungan air tertinggi, yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi. Silika yang ditemukan dalam sayuran yang kaya air seperti mentimun dapat membantu meningkatkan kelembapan yang mengarah pada peningkatan elastisitas kulit.

Bahkan, mentimun begitu penuh dengan air dan nutrisi lain sehingga dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit lainnya seperti iritasi atau terbakar sinar matahari. Mentimun bahkan telah dikenal sebagai bahan utama dalam masker dan krim pelembab.