Sukses

Disepelekan, Ini 6 Penyebab Flek Hitam yang Muncul di Wajah dan Cara Mencegahnya

Penyebab flek hitam yang perlu diketahui agar tak ganggu penampilanmu.

Liputan6.com, Jakarta Flek hitam merupakan suatu kondisi di mana menumpuknya pigmen kulit (melanin) pada kulit. Biasanya, flek hitam muncul di permukaan kulit ari (epidermis) atau pada kulit dalam (dermis).

Flek hitam pada wajah cenderung lebih banyak ditemukan pada orang-orang yang memiliki jenis kulit berwarna cerah. Meski demikian, flek hitam juga bisa muncul pada mereka yang berkulit gelap.

Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit. Walaupun begitu, kondisi ini kerap mengganggu penampilan, dimana seseorang dengan kondisi ini kerap tidak percaya diri.

Maka tak heran, beberapa orang kerap melakukan berbagai cara untuk menghilangkan flek hitam di wajah ini. Karena kondisi ini bisa muncul pada siapa saja, maka tak ada salahnya kamu untuk mengetahui apa penyebab flek hitam ini muncul di wajah dan mengetahui cara mengatasinya.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa penyebab munculnya flek hitam yang kerap dianggap sepele, Senin (8/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Bila kamu memiliki segudang aktivitas yang dihabiskan di luar ruangan, pastikan untuk selalu memberikan perlindungan kulit yang lebih. Ya, bila kamu sering lupa atau jarang memberikan perlindungan pada kulit, bisa menjadikan terkena paparan sinar matahari yang taka aman termasuk di dalamnya yang ada sinar UVA dan UVB yang dapat menyebabkan munculnya flek hitam.

Meskipun usiamu masih muda, tetapi jarang memberikan perlindungan pada kulit wajah, maka risiko munculnya flek-flek hitam bisa saja muncul kapan saja.

3 dari 7 halaman

Salah Menggunakan Produk Kosmetik

Penyebab flek hitam muncul di wajah juga bisa diakibatkan karena kamu salah dalam menggunakan produk kosmetik. Ya, beberapa kosmetik mengandung bahan kimia tertentu yang dapat memicu melanocyte yang memproduksi melanin.

Tak hanya itu, beberapa bahan pada kosmetik juga bisa memicu fotosenstifitas. Di mana hal ini mengakibatkan kulit wajah jadi sensitif terhadap sinar matahari.

Efek buruk dari sinar matahari ini bisa membuat kulit makin cepat mendapatkan flek hitam. Jadi, sebisa mungkin kamu untuk lebih jelih lagi dalam memilih kosmetik yang kamu gunakan.

4 dari 7 halaman

Bekas Jerawat yang Susah Hilang

Bagi sebagian orang, bekas jerawat bisa meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang. Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat tersebut sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang.

Meski ada beberapa krim yang bisa mengatasi masalah bekas hitam jerawat, tetapi kemungkinan bekas itu untuk muncul akan tetap ada.

5 dari 7 halaman

Perubahan Hormon Tubuh

Perubahan Hormon Tubuh

Perubahan hormon juga bisa membuat perubahan pada kulit. Misalnya saja pada perempuan yang sedang hamil.

Perempuan hamil kerap mengalami perubahan warna kulit atau munculnya flek hitam di wajah. Perubahan ini biasanya wajar dan akan menghilang dengan sendirinya.

Faktor Keturunan

Pada sebagian orang, kulit wajah bisa tetap selalu mulus walaupun sudah tua. Namun sebagian lainnya mulai mendapatkan flek hitam di usia muda.

Di sini, kamu bisa coba melihat kondisi kulit kedua orang tuamu, terutama ibu. Apabila ia tampak mengalami flek hitam, maka ada kemungkinan flek hitam juga akan muncul di kulitmu.

Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan perlindungan khusus untuk kulit wajah atau sunscreen, menghentikan kebiasaan merokok, dan memilih kosmetik yang tepat.

6 dari 7 halaman

Kurang Asupan Vitamin

Vitamin merupakan salah satu hal penting yang turut mendukung kesehatan kulit wajah. Untuk itu, bila kamu melewatkan menutrisi wajah dengan vitamin, maka jangan heran kalau pigmentasi pada wajah sangat terlihat jelas.

Pastikan kamu mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan juga vitamin E untuk mencegah munculnya flek hitam.

7 dari 7 halaman

Cara Mencegah Flek Hitam Agar Tak Muncul

Pencegahan flek hitam dapat dilakukan dengan menghindari paparan langsung sinar matahari. Gunakanlah topi dan tabir surya jika Anda akan berpergian di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Pilihlah produk kosmetik yang terjamin, dan kamu juga dapat merawat wajah dengan beberapa teknik seperti mikrodermabrasi untuk membantu pengangkatan kulit mati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.