Sukses

9 Wisata Pantai Jogja dengan Pemandangan Alam Unik dan Indah

Liputan6.com, Jakarta Wisata pantai Jogja merupakan salah satu destinasi utama bila berkunjung ke Yogyakarta. Terletak di pantai selatan pulau jawa membuat Jogja memiliki begitu banyak pantai indah yang tidak kalah dengan destinasi wisata pantai lainnya, seperti Bali.

Apalagi pantai-pantai yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul yang masih belum banyak diketahui orang. Berkunjung ke wisata pantai Jogja bisa membuat suasana hati semakin bahagia dan melepaskan penat dari rutinitas harian.

Wisata pantai Jogja memang tidak kalah terkenal dengan wisata pantai Bali, terutama di kalangan wisatawan dalam negeri. Bahkan sekarang ini wisata pantai Jogja semakin terkenal dan menjadi tujuan utama wisata dengan pantai yang sangat eksotis dan sangat indah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (8/7/2019) ragam wisata pantai Jogja yang sayang buat dilewatkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja yang Unik

Pantai Glagah

Wisata pantai Jogja yang pertama adalah Pantai Glagah. Pantai ini terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Selain dikenal dengan lagunanya, Pantai Glagah juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Di tengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut.

Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut. Selain terkenal dengan laguna serta tetrapod kini Pantai Glagah juga memiliki magnet baru berupa kebun bunga matahari.

Pantai Goa Cemara

Selanjutnya, wisata pantai Jogja yang terletak di kawasan Bantul, yaitu Pantai Goa Cemara. Disebut goa cemara karena terdapat banyak pohon cemara disepanjang jalan menuju pantai. Pohon-pohon cemara ini membentuk lengkungan laiknya gua. Di sini Kamu akan merasakan sensasi seperti bukan berada di pantai melainkan berada di hutan cemara yang sejuk.

3 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja di Gunung Kidul

Pantai Jogan

Wisata pantai Jogja selanjutnya terletak di Kabupaten Gunung Kidul, yaitu Pantai Jogan. Pantai Jogan merupakan jajaran pantai Gunungkidul yang memiliki kesan eksotis. Di sini kamu dapat menemukan air terjun yang jatuh dari atas tebing pantai ini. Air terjun inilah yang membuat pantai Jogan memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini juga belum banyak dikenal wisatawan sehingga suasananya masih terbilang tenang dan asri.

Pantai Jungwok

Gunungkidul dikenal dengan pantai berpasir putih yang belum banyak terjamah wisatawan. Salah satu wisata pantai Jogja yang memiliki pemandangan indah adalah pantai Jungwok. Pantai ini memiliki batu karang besar yang menambah keeksotisan pantai ini. Pantai Jungwok juga cocok bagi kamu yang ingin camping di pinggir pantai.

4 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja dengan Pemandangan Menakjubkan

Pantai Timang

Pantai Timang merupakan salah satu dari deretan pantai yang ada di daerah Gunung Kidul. Sekilas memang pantai ini mirip dengan pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul lainnya. Namun hal yang menarik dari pantai ini adalah kamu bisa memacu adrenalin.

Di pantai ini kamu bisa menyeberangi ganasnya ombak dengan menggunakan gondola. Ada gondola tradisional yang dikaitkan tali dengan pancang kayu yang dipasang di sela-sela karang. Biasanya, gondola ini digunakan oleh para nelayan untuk berburu lobster yang ada di pulau karang yang letaknya tepat di seberang pantai.

Setelah sampai di atas karang, kamu bisa melihat kumpulan nelayan lobster yang sedang sibuk dengan jalanya masing-masing. Tak perlu takut dengan keamanannya. Pihak pengelola sudah rutin untuk melakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan kelayakan gondola.

Pantai Sedahan

Kalau kamu pernah datang ke pantai Wediombo, pantai Sedahan ada di sebelah timur pantai tersebut. Tempat wisata pantai Jogja satu ini biasanya juga menjadi langganan untuk camping hingga aktivitas memancing. Namun untuk datang ke pantai ini kamu perlu berjuang dengan berjalan kaki, karena kendaraanmu harus parkir di Wediombo. Tapi nggak perlu khawatir karena rasa lelahmu bakal terbayar lunas dengan pemandangan pantai yang benar-benar memesona.

5 dari 5 halaman

Wisata Pantai Jogja Lainnya

Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan sebenarnya merupakan teluk yang diapit dua tebing. Airnya jernih dan pasirnya berwarna putih tipikal pantai Gunungkidul. Di tepi pantai berjejer kapal-kapal nelayan berwarna biru yang matching dengan warna airnya. Di pantai ini para nelayan juga menjual ikan-ikan hasil tangkapannya. Kamu juga bisa menikmati sajian seafood yang segar karena baru ditangkap.

Fasilitas di pantai Ngrenehan lengkap meliputi kamar mandi, toilet, musola, dan tempat parkir. Jalan menuju ke sini sudah diaspal mulus sehingga nyaman selama perjalanan. Penasaran? Langsung saja ke Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari sekitar 30 km sebelah selatan Wonosari.

Pantai Ngandong

Wisata pantai Jogja selanjutnya adalah Pantai Ngandong. Tidak mudah untuk mencapai pantai ini karena kamu harus melewati jalanan yang berbatu dan pepohonan besar di kanan kirinya. Tak heran jika pantai ini jarang dikunjungi wisatawan. Namun perjuanganmu akan terbayar dengan keindahan pantai Ngandong yang luar biasa.

Ombak di pantai Ngandong begitu tenang sehingga aman untuk mandi dan bermain air. Pantai ini menghadap langsung ke Samudera Hindia sehingga sangat strategis untuk menikmati sunrise maupun sunset.

Pantai Wohkudu

Tempat ini cukup sempurna menjadi wisata pantai Jogja tujuanmu jika kamu sangat suka camping di tengah bentangan alam Gunungkidul yang indah. Pantai Wohkudu diapit dua bukit yang membuat air cukup tenang. Namun tetap hati-hati jika kamu ingin berenang, karena ombak cukup keras. Lokasi pantai ini ada di Desa Girikarto, Panggang, Gunung Kidul.