Sukses

Menilik Pyongyang 2425, Smartphone Terbaru Khusus untuk Warga Korea Utara

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tak tahu negara Korea Utara yang terkenal sebagai negara yang sangat tertutup dengan dunia luar. Korea Utara membatasi segala urusan warga negaranya, termasuk berkomunikasi. Hingga saat ini, seluruh warga negara Korea Utara tidak diizinkan bersentuhan dengan dunia luar.

Warga Korea Utara tak menggunakan internet, namun intranet. Tentu cukup membingungkan untuk membayangkan warganya memiliki smartphone canggih. Tapi belakangan, dikabarkan negara yang dipimpin Kim Jong-un ini telah mengeluarkan smartphone khusus. Perangkat ini dinamai Pyongyang 2425, seperti Liputan6.com lansir dari Mirror, Selasa (8/7/2019).

Smartphone Pyongyang tersebut ditenagai prosesor 8-core, memiliki fitur facial recognition, dan dapat mengisi daya dengan teknologi wireless. Sayangnya, smartphone ini hanya bisa terkoneksi lewat WiFi dalam negeri saja yang bernama Mirae, serta pengguna tak bisa membuka foto dan ringtone standar bawaan.

2 dari 2 halaman

Smartphone Terbaru Korea Utara

Pyongyang 2425 ini diketahui diimpor dari China dalam bentuk jadi, setelah itu pemerintah Korea Utara yang menginstall software tersebut. Software yang bisa diinstal dalam ponsel tersebut antara lain adalah aplikasi untuk belajar bahasa China dan Inggris, ensiklopedia yang sudah mendapat izin dari pemerintah, serta aplikasi cuaca.

Ada juga aplikasi perpustakaan yang tampilannya mirip Apple Books. Bahan bacaan dalam aplikasi ini adalah bahan yang dikeluarkan oleh pemerintah Korea Utara. Namun karena keterbatasan koneksi intranet yang ada, pengguna ponsel itu tak bisa menginstal sendiri aplikasi-aplikasi tersebut. Mereka harus datang ke toko dan meminta para teknisi untuk menginstal aplikasi yang mereka mau.

Dari iklan yang dikeluarkan oleh pemerintah, pengguna ponsel tersebut disarankan menggunakan ponselnya itu untuk bermain game, membaca buku, mendengarkan musik, karaoke, belajar memasak, dan bahkan dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil panen.

Loading