Sukses

Pria Ini Hanya Mau Kenakan Pakaian Abad ke-19, Alasannya Bikin Geleng Kepala

Zack Pinsent asal East Sussex ini justru suka mengenakan pakaian klasik khas bangsawan Eropa.

Liputan6.com, Jakarta Fashion adalah setiap mode pakaian atau perhiasan yang populer selama waktu tertentu atau pada tempat tertentu. Tren mode di dunia fashion semakin semarak dengan inovasi dari para desainer dan produsen busana. Perubahan tren sendiri akan selalu dan terus terjadi dalam waktu yang tak terduga, bisa dalam hitungan minggu atau bulan.

Di sinilah orang-orang berlomba-lomba untuk selalu tampil paling nge-tren dan ingin dianggap ter-update. Tapi nampaknya ini tidak berlaku untuk pria asal Inggris yang satu ini. Bukan berpakaian modern sesuai zaman, pria bernama Zack Pinsent asal East Sussex ini justru suka mengenakan pakaian klasik khas bangsawan Eropa, seperti Liputan6.com lansir dari Metro UK, Selasa (9/7/2019).

Zack mengaku memakai baju klasik tersebut setiap harinya, kecuali saat sekolah. Baju tersebut merupakan peninggalan kakek buyutnya. Zack sudah memakai baju tersebut sejak dirinya masih berusia 14 tahun. Meski kini usianya sudah menginjak 25 tahun, Zack tetap konsisten menggunakan fashion jadul tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Menolak Mengikuti Mode Tren Sekarang

Zack Pinsent mengungkapkan diri tidak tertarik dengan tren mode jaman sekarang. Bahkan, Zack sampai membakar celana jeans miliknya karena kecintaannya terhadap baju klasik. Alasannya ia merasa bangga dan merasa mewah dengan mengenakan busana khas bangsawan Eropa tersebut. Ia juga kini memiliki penggemar di Instagramnya.

“Sulit bagi pria umumnya menunjukkan emosi untuk apa yang dicintainya tapi aku  memilih melakukannya. Dan kebetulan fashion seperti ini yang aku sukai dan aku melakukannya semata-mata karena kesenangan pribadi," katanya. Obsesi Zack dengan pakaian bersejarah dimulai ketika keluarganya pindah rumah pada usia 14 tahun.

Rupanya saat akan pindah ke rumah batu Zack menemukan sekoper penuh jas tua milik kakek buyutnya berisi outfit super jadul. Kebetulan juga ukurannya sangat pas. Zack pun mulai mencobanya dan ternyata sangat menyukainya. Saking terobsesi ia tak lagi berselera berpenampilan layaknya anak-anak seusianya.

3 dari 7 halaman

Menjadi Viral

Dengan selera gaya yang khas dari tahun 1820-an, pemuda dari Hove, East Sussex, Inggris, ini membuat banyak orang terheran-heran dengan pakaiannya yang mewah. Berkat ini, Zack mendapatkan banyak pengikut lebih dari 278 ribu pengikut di Instagram-nya. Tak hanya itu ia bahkan menerima banyak lamaran pernikahan dari penggemarnya.

Zack kini bekerja sebagai penjahit di Hove yang mengkhususkan diri dalam pakaian historis untuk pria dan wanita. Daftar kliennya tak hanya di Inggris Raya tapi sudah lintas benua. Sesuatu yang membuatnya kaget sekaligus senang. Zack juga merupakan penjahit ramah lingkungan.

“Aku selalu memastikan semua bahan pakaianku dan klien didapat dari Inggris dan Eropa, jadi jejak karbonnya sangat minim tak perlu impor dengan pesawat. Aku produsen Inggris dengan bisnis yang menggunakan 100 persen serat alami tanpa elemen plastik sama sekali,” katanya.

Berikut potret Zack Pinsent yang terobsesi dengan pakaian abad 19 yang Liputan6.com rangkum dari instagram @ pinsent_tailoring, Selasa (9/7/2019).

4 dari 7 halaman

1. Semua pakaian yang digunakan Zack adalah hasil jahitannya sendiri.

View this post on Instagram

Outerwear . Day 10 of #gentlemanswardrobe is outerwear. This consists of #cloaks , #wool Garrick coats and really any garment worn over a #frockcoat or #tailcoat. These serve the same function as today, keeping someone warm and protected from the weather. On the right you have a caped greatcoat sometimes called a Garrick coat, Coachmans coat or travelling coat. On the left you have a military inspired fully vintage fur lined coat from green wool with gold braid and toggles. Useful and practical garments that could work even with modern clothing. . Would you take the plunge and add this to your Winter wardrobe? #regency #dandy #firstempireproblems #napoleonic #georgian #historicalfashion #tailor #tailored #periodtailoring #gaystagram #mensfashion #tailoring #regencyfashion #smallbusiness #madeinengland #regencydandy #periodtailor #historicalclothing #tailormade #periodfashion #bespoke #tophat #malemodel #historicaltailoring

A post shared by Zack Pinsent (@pinsent_tailoring) on

5 dari 7 halaman

2. Tak hanya pakaian, tapi seluruh aksesoris dan sepatu, semua bergaya abad 19.

View this post on Instagram

Ribbed Silk . Day 5 of #fabrics I love. Ribbed silk, these come in different thicknesses; faille, grosgrain, ottoman, moire and others, all of which ribbed for your pleasure! It’s a structured silk with an amazing handle and shine and used mostly nowadays on dinner suit lapels, I’ve got my faille and moire from @eurotextil_nyc and the quality is astounding! . Have you used ribbed silks before? . #regency #dandy #firstempireproblems #napoleonic #georgian #historicalfashion #tailor #tailored #periodtailoring #gaystagram #mensfashion #tailoring #regencyfashion #smallbusiness #madeinengland #regencydandy #periodtailor #historicalclothing #tailormade #periodfashion #bespoke #tophat #malemodel #historicaltailoring

A post shared by Zack Pinsent (@pinsent_tailoring) on

6 dari 7 halaman

3. Karena totalitasnya berbusana itu, ia sering mendapat pujian orang-orang.

7 dari 7 halaman

4. Zack tak pernah malu dengan seleranya yang berbeda. Ia bahkan percaya diri keluar berbelanja dan bermain ke taman bermain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.