Sukses

9 Makanan Pereda Nyeri Rematik, Alami dan Mudah Didapatkan

Liputan6.com, Jakarta Rematik adalah penyakit yang dapat menyebabkan nyeri sendi yang parah. Hal ini terjadi karena adanya peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Rematik menyebabkan sistem kekebalan tubuh justru menyerang jaringan tubuh sendiri.

Rematik biasanya menyerang orang usia tua. Namun tidak menutup kemungkinan rematik dapat menyerang semua usia, bahkan usia muda sekalipun. Rematik juga tidak mengenal jenis kelamin, pria maupun wanita semua bisa terkena rematik.

Walaupun begitu, kamu bisa meredakan nyeri rematik dengan berbagai bahan alami yang mudah didapatkan. Pereda nyeri rematik terutama bersumber dari buah dan sayur. Dengan mengonsumsi buah dan sayur tersebut, kamu bisa meredakan rasa sakit dari rematik.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (9/7/2019) ragam makanan yang dapat meredakan nyeri rematik.

2 dari 5 halaman

Sayur Pereda Nyeri Rematik

Wortel

Makanan pereda nyeri rematik pertama adalah wortel. Sayuran berwarna oranye ini kaya akan vitamin A dan beta-karoten yang keduanya diyakini mampu melawan peradangan. Untuk mendapatkan manfaat lebih besar, konsumsi wortel secara teratur dalam ukuran porsi yang disarankan. Ukuran yang dimaksud adalah satu porsi wortel, yakni setengah gelas atau satu wortel besar atau wortel kecil dengan jumlah 7-10 buah.

Bayam

Beruntunglah bagi kamu yang suka sayur-sayuran seperti bayam. Sayuran hijau seperti bayam ini penuh dengan nutrisi. Beberapa komponen yang terkandung dalam bayam dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh artritis. Bayam, mengandung banyak antioksidan serta senyawa tanaman yang dapat meredakan peradangan dan membantu melawan penyakit. Bayam sangat mudah ditemukan dijual di pasar, apalagi harganya juga murah.

3 dari 5 halaman

Buah Pereda Nyeri Rematik

Anggur

Makanan pereda nyeri rematik yang selanjutnya datang dari jenis buah, yaitu anggur. Anggur adalah buah kaya nutrisi, tinggi antioksidan, dan memiliki sifat antiinflamasi. Selain itu, anggur mengandung beberapa senyawa seperti proanthocyanidin, yang telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan radang sendi. Sehingga Anggur dapat meringankan nyeri pada rematik. Denganr rasanya yang enak, tentunya tidak akan sulit untuk mengonsumsi anggur secara teratur setiap harinya.

Jeruk

Jeruk yang terkenal dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi dapat dimanfaatkan sebagai makanan pereda nyeri rematik. Kandungan vitamin C diperlukan untuk sintesis kologen yang dapat membantu membangun dan memperbaiki pembuluh darah, tendon, ligamen, dan tulang. Jeruk dapat membantu penderita osteoartritis dengan kandungan antioksidan sebagai penangkal radang.

Apel

Buah lain yang dapat digunakan sebagai pereda nyeri rematik adalah apel. Apel membantu meringankan rasa sakit karena radang sendi. Buah ini mengandung boron, yang merupakan mineral yang muncul untuk mengurangi risiko osteoarthritis.

 

4 dari 5 halaman

Makanan Pereda Nyeri Rematik

Jahe

Jahe memang terkenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jahe juga dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Sebuah penelitian yang dilansir dari healthline menunjukkan kalau komponen jahe dapat menghambat peradangan dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk segar, bubuk atau kering.

Brokoli

Bukan rahasia lagi kalau brokoli adalah salah satu makanan paling sehat. Salah satu manfaat yang terkandung dalam brokoli disebut bisa mengurangi peradangan, termasuk pereda nyeri rematik. Asupan brokoli dapat menurunkan kadar inflamasi. Brokoli mengandung komponen penting yang dapat membantu mengurangi nyeri sendi saat rematik menyerang.

5 dari 5 halaman

Bumbu Dapur Pereda Nyeri Rematik

 

Minyak zaitun

Minyak zaitun dapat meredakan nyeri rematik tidak terlepas dari kandungan suatu senyawa yang disebut sebagai oleocanthal. Senyawa ini dapat menekan jalur nyeri. Kinerja dari senyawa ini mirip dengan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) atau biasa dikenal dengan ibuprofen. Minyak zaitun dapat dijadikan sebagai minyak hebat untuk digunakan dalam memasak makanan. Kamu bisa mengonsumsi minyak zaitun dengan dijadikan resep seperti saus pada salad.

Bawang putih

Bawang putih memiliki segudang manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Bumbu masakan ini memiliki efek antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri rematik. Bahkan bawang putih menjadi salah satu bumbu masakan yang dapat melawan kanker. Selain itu bawang putih juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan demensia.