Sukses

Cara Menghilangkan Bau Pada Daging Kambing, Ampuh dan Jadi Empuk

Liputan6.com, Jakarta Banyak olahan daging yang bisa dijadikan masakan. Tak hanya olahan dengan daging sapi, olahan masakan dengan menggunakan daging kambing juga memiliki banyak penggemarnya. Memiliki rasa serta tekstur yang nikmat, namun tak banyak orang yang bisa mengolah masakan dengan daging kambing menjadi benar-benar nikmat.

Hal ini dikarenakan daging kambing memiliki tekstur yang alot serta bau yang sangat khas. Bau khas pada daging kambing ini berasal dari feromon yang dihasilkan pada tubuh kambing, terutama pada kambing jantan.

Tak heran, kalau banyak orang yang kesulitan memasak olahan dengan daging kambing tanpa ada bau yang mengganggu ini. Lalu, bagaimana bila kamu ingin menyajikan makanan-makanan dengan bahan baku daging kambing agar tetap lezat dan tidak bau prengus?

Berikut ini Liputan6.com telah mengumpulkan beberapa cara menghilangkan bau pada daging kambing saat diolah menjadi masakan, Rabu (10/7/2019).

2 dari 7 halaman

Jangan Mencuci Dagingnya

Hal pertama yang tak boleh dilakukan pada daging kambing adalah mencuci daging kambing segar. Pasalnya, dengan mencuci daging kambing sebelum dimasak tak mampu menghilangkan baunya. Justru malah membuat tekstur daging kambing menjadi semakin alot dan membuat daging kambing semakin cepat mengalami pembusukan.

Oleh karena itu, sebaiknya daging kambing jangan dicuci. Ada baiknya untuk langsung merebus daging kambingnya.

Ya, dengan merebus daging ke dalam keadaan tidak tercuci akan mengurangi bau amis pada daging kambing. Cukup rebus daging hingga mendidih saja. Setelah itu, air sisa rebusan dari daging kambing berupa kotoran dan busa serta sisa lemak bisa dibuang. Kemudian daging kambing dapat diolah seperti biasa.

3 dari 7 halaman

Buang Lemak pada Daging

Cara menghilangkan bau pada daging kambing berikutnya adalah dengan menyingkirkan kandungan lemak pada daging kambing. Kebanyakan bau yang dihasilkan ini berasal dari kandungan lemaknya. Nah, dengan menghilangkan lemaknya setidaknya bisa mengurangi alot dan bau pada daging kambing.

Cara mudah menghilangkan lapisan lemak pada daging kambing adalah dengan memasukkannya terlebih dahulu ke dalam lemari es. Nah, setelah daging membeku kamu dapat dengan mudah memisahkan lemaknya.

4 dari 7 halaman

Taburi dengan Garam

Cara menghilangkan bau pada daging kambing yang sudah terlanjur dicuci adalah dengan menaburkan atau melumuri daging dengan garam. Menaburi daging kambing dengan garam secara keseluruhan bisa menetralkan bau tidak sedapnya.

Kamu cukup menaburi garam secara merata ke seluruh bagian daging kambing, baik dengan garam kasar ataupun garam halus. Setelah merata, diamkan daging selama 60 menit. Kemudian bersihkan daging dari garam menggunakan air lalu merebusnya.

5 dari 7 halaman

Baluri Daging dengan Parutan Nanas

Fungsi nanas dalam mengolah masakan dengan daging kambing ini ternyata cukup banyak. Selain bisa melembutkan dan menjadikan daging kambing lunak, dengan nanas bau pada daging kambing juga bisa hilang.

Pilihlah nanas muda untuk menghilangkan bau pada daging kambing. Harus menggunakan nanas muda karena adanya getah dari nanas tersebut. Setelah itu, nanas diparut dan taburi nanas ke seluruh bagian daging kambing.

Diamkan selama 20 menit agar bau pada daging kambing bisa hilang. Pastikan jangan terlalu lama menyimpannya, karena bisa membuat tekstur daging kambing menjadi sangat lunak.

6 dari 7 halaman

Lumuri dengan Jeruk Nipis

Cara menghilangkan bau pada daging kambing berikutnya adalah dengan memberikan jeruk nipis. Kamu bisa menggunakan buahnya atau daunnya untuk melunakkan daging serta mengurangi baunya.

Caranya adalah cukup dengan memeras jeruk nipis hingga mengeluarkan sarinya. Setelah itu, baluri daging kambing dengan air jeruk nipis tersebut. Tak hanya untuk mengurangi baunya, jeruk nipis juga berfungsi untuk mematikan bakteri yang ada di dalam daging kambing.

7 dari 7 halaman

Bungkus dengan Daun Pepaya

Cara menghilangkan bau pada daging kambing juga bisa dengan menggunakan daun papaya. Hal ini dikarenakan adanya suatu enzim di dalam daun papaya yang bisa menetralkan bau pada daging kambing sekaligus melembutkan dagingnya.

Caranya pun cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun papaya yang sudah dibersihkan. Kemudian bungkus daging kambing yang sudah dipotong-potong dengan daun papaya ini.

Nah, ketika daging kambing dibungkus dengan daun papaya, enzim yang ada di dalamnya akan bekerja melembutkan daging. Alternatif lain untuk menggantikan daun papaya adalah daun jati.