Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

5 Manfaat Semut Jepang untuk Kesehatan Tubuh, Tetap Perlu Diawasi Dokter

Liputan6.com, Jakarta Pengobatan tradisional memang cukup populer di Indonesia. Tak hanya pengobatan dengan bahan herbal saja, tetapi ada juga penggunaan serangga yang dijadikan sebagai obat. Nah, salah satu serangga yang dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit ini adalah semut jepang.

Jenis serangga yang dikenal dengan istilah semut jepang ini memiliki nama ilmiah Tenebrio molitor. Sesungguhnya bentuk asli dari serangga ini tidak menyerupai semut sungguhan, melainkan tampak seperti kumbang atau kecoa yang sangat kecil. Tak sulit menemukan semut jepang ini, karena kini sudah mulai banyak orang yang berminat untuk melakukan budidaya semut jepang.

Hal ini dikarenakan tingginya minat masyarakat untuk akan semut jepang. Ya, karena semut jepang dipercaya memiliki manfaat untuk tubuh dan dapat menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya. Namun, dari berbagai sumber, terdapat penuturan yang berbeda-beda tentang nama ilmiah dari semut jepang yang dipercaya dapat dibudidaya dan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit berbahaya ini.

Namun tak ada salahnya bila Anda ingin mengetahui beberapa manfaat semut jepang untuk kesehatan ini. Berikut ini Liputan6.com, Kamis (11/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat semut jepang. Namun penggunaanya tetap perlu diawasi dalam penggunaannya. Ya, bila Anda penasaran, tetap selalu konsultasikan pada dokter untuk tindakan lanjutnya.

2 dari 5 halaman

Kata Medis tentang Khasiat Semut Jepang untuk Kesehatan

Melansir dari kanal Klikdokter, terkait dengan pengobatan menggunakan semut Jepang ini, hingga saat ini sebenarnya masih belum ada penelitian dan laporan uji klinis yang dapat membenarkan khasiat dan manfaat semut Jepang terhadap beberapa penyakit seperti diabetes, penyakit jantung, asam urat, dan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Disamping itu, belum ada data-data yang menunjukkan cara kerja dan mekanisme bagaimana semut jepang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kadar gula darah, maupun kadar kolesterol juga masih belum ditemukan hingga saat ini.

Oleh karena itu, pengobatan dengan menggunakan semut jepang ini merupakan suatu jenis metode yang belum pasti karena belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Karenanya, dunia kesehatan juga masih belum dapat memastikan kebenaran kahasiat semut jepang dalam menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes maupun penyakit lainnya.

Karena masih belum ada penelitian medis lanjutan yang mendukung dan membuktikan bahwa semut jepang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, maka Anda dianjurkan untuk lebih berhati-hati dalam memilih semut jepang. Apalagi untuk menjadikan metode pengobatan jenis lainnya untuk mengatasi penyakit tertentu. Tetap selalu konsultasikan ke dokter spesialis Anda sebelum menggunakannya.

3 dari 5 halaman

Manfaat Semut Jepang: Meredakan Gejala Diabetes

Semut Jepang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun Anda perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi semut Jepang ini. Pasalnya, Anda mungkin akan mengalami efek samping bila salah dalam mengonsumsinya misalnya seperti alergi. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa manfaat semut Jepang ini. Untuk tindakan pengonsumsian amannya, Anda perlu berkonsultasi ke dokter spesialis terlebih dahulu.

Meredakan Gejala Diabetes

Manfaat semut Jepang yang pertama dan yang sangat populer dikalangan masyarakat adalah bisa meredakan gejala diabetes. Seperti yang diketahui bahwa penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah yang disebabkan karena kurang atau tidak adanya hormone insulin yang mengatur gula darah.

Nah, dengan mengonsumsi semut Jepang ini dipercaya bisa menurunkan kadar gula darah. Karena diabetes tidak dapat disembuhkan, maka pengobatan dilakukan hanya untuk meredakan gejalanya saja. Namun Anda tetap harus dalam pengawasan dokter, ya.

4 dari 5 halaman

Manfaat Semut Jepang: Menurunkan Tekanan Darah hingga Kolesterol

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat semut Jepang selanjutnya adalah dipercaya bisa menurunkan takenan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi dimana tekanan pada dinding arteri terlalu tinggi. Hipertensi sering kali tidak menunjukkan gejala dan baru bisa diketahui melalui pemeriksaan tensi darah. Maka tak heran, kalau penderita hipertensi rutin memeriksakan tekanan darahnya.

Pasalnya, tekanan darah tinggi bisa kumat kapan saja apabila konsumsi makanan yang tidak tepat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga asupan makanan bagi penderitanya. Selain itu, tekanan darah tinggi juga merupakan kondisi yang tidak dapat disepelekan karena dapat memicu timbulnya penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat semut Jepang lainnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Seperti yang telah diketahui bahwa tingginya kadar kolesterol jahat dalam darah akan sangat berbahaya dan bisa memicu penyakit lainnya seperti serangan jantung hingga stroke.

Ya, tak hanya memperhatikan asupan makanan, mengonsumsi semut Jepang pada penderita kolesterol dipercaya dapat menurunkan kadar kolsterol dan tentunya juga bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya lainnya.

5 dari 5 halaman

Manfaat Semut Jepang: Mengatasi Asam Urat hingga Penyakit Liver

Mengatasi Asam Urat

Manfaat semut Jepang selanjutnya adalah bisa bantu mengatasi asam urat. Penyakit asam urat merupakan jenis peradangan sendi yang menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada sendi. Selain itu, kondisi asam urat juga ditandai dengan adanya rasa nyeri yang luar biasa. Asam urat dapat terjadi di bagian sendi maupun di tubuh, namun paling banyak adalah pada jari kaki.

Penyakit asam urat sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kronis, tetapi masih dapat disembuhkan dan ditekan gejalanya. Dengan adanya semut Jepang ini, beberapa masyarakat percaya kalau semut Jepang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Mengobati Penyakit Liver

Manfaat semut Jepang lainnya adalah dipercaya bisa membantu mengobati penyakit liver atau hati. Terdapat beberapa jenis peradangan pada hati mulai dari hepatitis hingga sirosis hati. Penyebab dari masing-masing penyakit inipun juga bermacam-macam, mulai dari infeksi virus hingga konsumsi obat atau alkohol berlebihan.

Nah, di setiap peradangan yang terjadi, akan berpotensi untuk mengganggu fungsi hati dan hal ini dapat berakibat pada kerja organ lainnya di dalam tubuh. Semut Jepang dipercaya dapat membantu menurunkan gejala peradangan pada hati tersebut.

Loading