Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

7 Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan yang Jarang Disadari

Liputan6.com, Jakarta Buah naga merah merupakan salah satu buah yang cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Selain itu, buah ini juga merupakan buah yang sangat mudah dikenali karena bentuk buahnya yang seperti bersisik dan unik, seperti naga sesuai namanya.

Buah berwarna merah ini biasanya tumbuh di daerah tropis seperti di Amerika Selatan atau daerah Asia. Tanaman ini juga dianggap sebagai tanaman kaktus yang memiliki nutrisi yang begitu melimpah. Selain menyegarkan, manfaat buah naga merah memang cukup penting bagi kesehatan.

Manfaat buah naga merah didukung dengan kandungan nutrisi yang banyak. Sebagai salah satu tempat tumbuhnya buah naga yang cukup banyak, tentunya sangat menguntungkan bagi orang Indonesia bisa menyicipi buah naga setiap harinya dan mendapatkan manfaatnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (11/7/2019) ragam manfaat buah naga merah yang jarang disadari.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah yang Jarang Disadari

Mencegah Kanker

Manfaat buah naga merah yang pertama adalah dapat mencegah kanker. Sama seperti buah merah lainnya, buah naga mengandung lycopene. Lycopene yang bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat. Asupan tinggi buah, sayuran, dan makanan yang kaya akan lycopene, serta aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker secara signifikan.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah ini juga kaya serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2, serta yang membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, kulit buah naga mengandung polifenol yang sering ditemukan di alam. Ada kemungkinan bahwa beberapa polifenol ini bekerja sebagai afinitas untuk reseptor estrogen, dan mengubah perilaku hormon lain kepada situs reseptor dalam sel. Itu bisa menjadi salah satu alasan manfaat buah naga merah dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker.

Mencegah Serangan Jantung

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah dapat mencegah serangan jantung. Buah naga merah dapat menjaga kesehatan karena dapat mengurangi kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik di tubuh. Sifat antioksidannya ini juga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat yang biasanya dihasilkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat. Buah naga juga aman bagi penderita diabetes karena kadar gulanya yang sangat kecil. Bahkan buah naga merah dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan merupakan sumber lemak jenuh tunggal yang dapat menjaga kesehatan hati.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah untuk Kesehatan

Mencegah Diabetes

Seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya, manfaat buah naga merah sekaligus bisa mencegah diabetes. Tingginya jumlah serat dalam buah yang unik ini dapat membantu menstabilkan kadar gula darah seseorang. Hal ini juga bisa membantu dalam menghambat lonjakan gula yang terjadi setelah makan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Sebuah penelitian menemukan bahwa buah naga memiliki efek yang baik pada stres oksidatif untuk kekakuan aorta dari tikus diabetes. Jadi kamu bisa secara teratur mengonsumsi buah naga merah untuk menghindari tubuh terkena diabetes.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah naga merah untuk sistem kekebalan tubuh merupakan efek samping dari buah naga yang banyak mengandung nutrisi dan gizi. Selain itu, dengan rajin mengonsumsi buah naga, maka proses penyembuhan baik luka luar maupun luka luar akan semakin cepat pula. Apalagi dengan tingkat vitamin C yang tinggi, mengonsumsi buah naga merah akan merangsang aktivitas antioksidan lainnya. Dengan berbagai nutrisi yang dikandungnya, buah naga merah dapat memerangi radikal bebas dan berkontribusi besar dalam meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga Merah Lainnya

Meredakan Batuk dan Asma

Biji dari buah naga kaya akan lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu meringankan gangguan respirasi. Sehingga bagi kamu yang menderita asma atau sedang batuk tidak berhenti-berhenti, maka akan sedikit terobati. Namun bukan berarti bahwa buah naga merupakan obat dari asma. Setidaknya, dengan mengonsumsi buah naga, maka asma dan batuk akan sedikit lebih reda. Apalagi kandungan vitamin c yang tinggi membuat manfaat buah naga merah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dijelaskan sebelumnya.

Menurunkan Berat Badan

Mengisi perut dengan makanan kaya akan serat serta rendah kalori seperti buah naga akan membuat perut kamu terus merasa kenyang tanpa perlu takut akan bertambah berat badan. Selan itu buah naga juga akan membuat pencernaan semakin lancar karena mengandung banyak air. Hal ini tentunya juga akan sangat menguntungkan bagi kamu yang sedang menjalani program diet. Selain itu, buah naga merah ini juga bisa meningkatkan metabolisme dan memudahkan kamu dalam mengelola berat badan.

Tampak Awet Muda

Manfaat buah naga merah selanjutnya adalah dapat membuat sesorang tampak awet muda. Buah naga merupakan sumber antioksidan yang baik karena tingginya kandungan vitamin C. Sedangkan antioksidan sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Bahkan zat tersebut dapat melawan radikal bebas di tubuh yang dapat menyebabkan masalah seperti kanker. Apalagi dengan kandungan fosfor pada buah naga merah ini, maka kamu bisa terhindari dari penuaan dini.

Loading