Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Mencegah Tumbuhnya Uban

Liputan6.com, Jakarta Tumbuh uban pada rambut di usia muda bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebiasan berganti-ganti sampo, faktor genetik, hingga tingkat stress yang tak terkendali. Selain itu, kurangnya asupan gizi juga menjadi faktor umum tumbuhnya uban di usia muda.

Oleh karena itu, kamu perlu mencukupi asupan gizi dengan memilih makanan yang baik untuk mencegah tumbuhnya uban. Beberapa makanan ini perlu kamu konsumsi untuk menjaga pigmen rambut, serta memenuhi asupan gizi pada tubuh. Sehingga terjadinya uban di usia dini bisa dicegah secara efektif dan alami.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (12/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang wajib kamu konsumsi untuk menghindari tumbuhnya uban di usia dini.

2 dari 6 halaman

Sayuran Hijau

Bila kamu tak menginginkan uban tumbuh secara cepat, kamu bisa mencukupi makanan harian yang mengandung bahan sayuran hijau cukup banyak. Tak hanya sekedar kaya antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini. Sayuran hijau juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik menjaga kesehatan rambut.

Pada beberapa sayuran hijau memiliki kandungan vitamin B seperti B6 dan B12 yang di mana nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk rambut. Selain itu, kamu juga perlu mencukupi asam folat dalam tubuh untuk mencegah uban cepat tumbuh.

Nah, beberapa sayuran hijau yang mengandung beberapa nutrisi tersebut seperti seledri, sawi, brokoli, selada, bayam, dan sayuran hijau lainnya.

3 dari 6 halaman

Buah Berry

Selain sayur-sayuran, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan berry untuk menangkal timbulnya uban di usia dini. Ya, buah berry juga termasuk ke dalam makanan sehat untuk memenuhi nutrisi rambut.

Hal ini dikarenakan pada buah berry diperkaya dengan beragam vitamin, yang akan mampu meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga nutrisi lebih mudah tersalurkan pada rambut. Inilah yang membuat rambut tetap terjaga dengan baik.

Salah satu kandungan pada buah berry adalah vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas seperti tumbuhnya uban di usia muda. Selain itu, bisa juga membantu memproduksi kolagen yang biasa ditemukan pada folikel rambut.

4 dari 6 halaman

Alpukat

Untuk mencukupi kandungan vitamin B5 di dalam tubuh, yang berfungsi untuk pembentukan antibody yang memperbaiki pertahanan tubuh, membantu menyembuhkan luka dan mencegah munculnya uban.

Maka kamu bisa mengonsumsi buah alpukat yang memiliki kandungan vitamin B kompleks untuk memperkuat folikel rambut sehingga dapat membantu mencegah tumbuhnya uban di usia muda. Beberapa makanan lainnya yang mengandung vitamin B5 adalah hati, kuning telur, dan brokoli.

5 dari 6 halaman

Almond

Kacang almond kaya akan vitamin E, protein, dan temabaga yang baik untuk menutrisi rambut dan mencegah penuaan dini. Kamu bisa menjadikan kacang almond sebagai camilan saat siang dan sore hari. Selain mencegah tumbuhnya uban di usia dini, kacang almond juga baik untuk otak.

6 dari 6 halaman

Telur

Adanya kandungan vitamin B12 pada telur, menjadikan telur sebagai makanan yang baik dikonsumsi untuk mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Kandungan vitamin B12 ini mampu memperlancar peredaran darah di tubuh dan kepala. Lencarnya peredaran darah ini mampu mencegah perubahan warna pada rambut. Selain itu, rambut menjadi segar dan lebat.

Loading