Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

6 Wisata Purworejo dengan Alamnya yang Menarik dan Memesona, Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Purworejo merupakan salah satu kabupaten yang masih termasuk ke dalam provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Wonosobo. Beberapa orang masih banyak yang belum mengenal tentang Kabupaten Purworejo ini.

Ya, Purworejo masih belum begitu populer dibandingkan dengan kota atau kabupaten lainnya di Jawa Tengah seperti Solo, Semarang, dan lain sebagainya.

Walaupun belum banyak yang mengenal tentang kabupaten ini, siapa sangka kalau ternyata Purworejo memiliki banyak destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan untuk dikunjungi. Ya, tempat wisata Purworejo kerap menawarkan keindahan yang sangat mengagumkan. Sehingga membuat wisatawan yang datang ke Purworejo sangat puas menikmati keindahan yang disajikan

Nah, buat kamu yang sedang berada di Purworejo dan sekitarnya, berikut ini Liputan6.com, Jumat (12/7/2019) berikan rekomendasi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi untuk menghabiskan waktu akhir pekan.

2 dari 4 halaman

Deret Mahoni dan Bukit Sikepel

Swafoto di Deret Mahoni

Tempat wisata Purworejo berikutnya yang tak kalah seru dan menarik adalah dengan berkunjung ke Deret Mahoni. Deretan pohon yang ada di sini menyihir banyak orang.

Buat kamu yang terpesona dengan deretan pepohonan ini bisa langsung menuju ke Deret Mahoni di Desa Nampurejo, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Jalan masuk desa dari jalur utama, alias jalan Daendels Purworejo ini memang memiliki magis keindahan tersendiri. Jalan lurus dengan kiri kanan pepohonan mahoni besar yang rimbun sukses menjadi daya tarik bagi banyak orang. Buat kamu yang suka berswafoto, bisa banget ke sini untuk menambah koleksi foto di akun media sosialmu.

Bersantai di Bukit Sikepel

Tak hanya Deret Mahoni yang mengagumkan. Wisata Purworejo yang menawarkan kenyamanan dengan deretan pepohonan juga ada, yaitu wisata alam Bukit Sikepel. Ya, di sini kamu bisa menikmati nuansa alami khas hutan pinus.

Selain keindahan hutan pinusnya, wisata Purworejo ini juga cocok bagi kamu yang suka berswafoto. Fasilitas lainnya yang bisa kamu nikmati adalah arena bermain anak yang menjadikan tempat wisata ini pas untuk wisata keluarga.

3 dari 4 halaman

Pantai Jatimalang dan Gunung Ijo

Nikmati Pesona Bahari di Pantai Jatimalang

Kamu bisa menikmati keindahan bahari di Puworejo dengan berkunjung ke pantai Jatimalang. Wisata bahari pantai Jatimalang ini menawarkan keunikan yang mungkin tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lainnya.

Ya, wisata Purworejo yang satu ini menyajikan pemandangan pantai yang indah. Pantai Jatimalang ini turut menawarkan sunset atau matahari terbenam yang sangat menakjubkan. Namun kamu perlu berhati-hati saat berkunjung ke sini, apabila ombak pantai cenderung besar.

Buat kamu yang takut dengan deburan ombak yang besar, kamu tetap bisa menikmati keindahan alam di pantai ini. Di sini tersedia kolam renang air tawar yang berjejer di bibir pantai.

Nah, di sinilah kamu bisa tetap menikmati seluruh pesona pantai ini. Kolam-kolam ini terbuat dari terpal berwarna-warni. Jadi, sambil berenang kamu bisa langsung menyaksikan pemandangan pantai Jatimalang.

Di sekitaran pantai Jatimalang ini, terdapat tempat pelelangan ikan yang berasal dari para nelayan yang melaut di pantai ini. Ada lagi fasilitas lain yang bisa kamu gunakan untuk menikmati keindahan pantai ini yang seru. Ya, kamu bisa menjelajah pantai sambil menggunakan ATV. Kamu bisa menyewanya yang banyak tersedia di pinggir pantai.

Nikmati Keindahan Matahari Terbit di Gunung Ijo

Kalau pantai Jatimalang sangat cocok untuk menikmati sunset atau matahari terbenam, ada juga tempat yang menarik untuk menikmati indahnya matahari terbit, yaitu di Gunung Ijo. Ketinggian dari gunung ini mencapai sekitar 1.000 mdpl. Dari sini, kamu bisa menikmati pemandangan yang istimewa terutama kala menikmati momen sunrise atau matahari terbit.

Tak hanya menikmati sunrise, kamu juga bisa melemparkan pandangan ke segala penjuru untuk menikmati pesona lanskap Purworejo yang hijau dan asri.

4 dari 4 halaman

Curug Tawing dan Lumbung

Nikmati Kesegaran Air dan Udara di Curug Tawing

Curug Tawing merupakan salah satu wisata Purworejo berupa air terjun yang berada di kawasan perbukitan hijau. Kondisi alam sekitar curug ini memang masih sangat alami dan terdapat hutan pinus yang mampu menambah nuansa asri di kawasan wisata ini.

Nama Curug Tawing ini berasal dari bahasa Jawa yaitu curug yang artinya air terjun dan Tawing yang berarti tebing. Pemberian nama curug ini masih berkaitan dengan lokasinya yang berada di sisi barat bukit hutan pinus dan berada tepat di sisi tebing sebelah utara Goa Anjani.

Ketinggian dari curug ini mencapai 100 meter dan berundak-undak. Air yang berasal dari air terjun ini juga sangat jernih sehingga bisa diminum atau untuk mandi.

Kondisi lingkungan sekitar air terjun juga masih sangat terjaga dengan baik. Maka tak heran kalau kualitas air terjun ini terjaga termasuk kondisi udaranya yang bersih dan segar.

Curug Lumbung yang Memesona

Salah satu wisata Purworejo yang menarik untuk dikunjungi adalah curug Lumbung. Daya tarik dari curug ini adalah adanya tebing dan aliran sungai di bawahnya yang sangat indah. Tentunya sangat disayangkan untuk dilewati.

Formasi bebatuan yang unik pada tebingnya menghasilkan pemandangan yang tiada duanya. Belum lagi nuansa asri dan hawanya yang sejuk, membuat siapapun yang berkunjung ke sini betah alias tak ingin cepat-cepat pulang.

Loading