Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

Sering Disepelekan, Ini 6 Penyebab Rasa Kantuk dan Lelah Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta Tidak sedikit orang yang sering sekali merasa ngantuk dan lelah sepanjang hari. Bahkan hal ini tidak dirasakan hanya dalam sehari atau dua hari saja, namun bisa mengganggu setiap harinya bila tidak ada perubahan pola hidup.

Kebanyakan orang menganggap rasa kantuk dan lelah sepanjang hari ini bukanlah sebuah masalah besar. Padahal hal ini bisa menimbulkan dampak yang buruk dan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu.

Penyebab rasa kantuk dan lelah sepanjang hari biasanya disebabkan faktor pola hidup yang tidak teratur. Bila rasa kantuk dan lelah tersebut selalu terjadi setiap harinya dalam waktu yang lama, maka sudah saatnya kamu memeriksakan kesehatan pada dokter.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/7/2019) tentang penyebab rasa kantuk dan lelah sepanjang hari

2 dari 7 halaman

Mengalami Depresi

Penyebab rasa kantuk dan lelah sepanjang hari yang pertama adalah depresi. Walaupun depresi merupakan suatu masalah mental, namun efeknya dapat merambat pada kesehatan tubuh juga. Depresi dapat menyebabkan kamu mengalami kelelahan sepanjang harinya.

Bila kamu mengalami hal ini, maka sebaiknya kamu harus cepat memeriksakan kesehatan ke dokter agar tidak semakin berdampak buruk. Dengan berkonsultasi tentang kesehatan mental, kamu dapat kembali memiliki pola piker yang positif dan memperbaiki suasana hati yang depresi.

3 dari 7 halaman

Kurang Tidur

Penyebab rasa kantuk seharian yang berikutnya adalah kurang tidur. Biasanya hal ini terjadi karena sering begadang. Jadi waktu tidur kamu akan terpangkas. Padahal orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar tujuh sampai sembilan jam setiap malamnya.

Oleh karena itu, jauhilah kebiasaan begadang, dan tidurlah lebih awal bila tidak ingin merasakan kantuk dan lelah sepanjang hari. Selain itu, kamu juga bisa menghindari memegang smartphone atau menonton TV sebelum tidur agar tidur kamu lebih nyaman dan berkualitas.

4 dari 7 halaman

Melewatkan Makan

Melewatkan makan juga merupakan salah satu penyebab rasa lelah dan kantuk sepanjang hari. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang sering melewatkan sarapan. Saat kamu melewatkan waktu makan, maka dipastikan tubuh akan kekurangan kalori untuk menjaga energi.

Bahkan pola makan yang tidak teratur dapar mengurangi energi yang dibutuhkan tubuh dan menurunkan gula darah. Selain itu, untuk menjaga energi tubuh, kamu juga harus menambah dengan camilan sehat sesekali.  

5 dari 7 halaman

Diabetes

Selain itu, penyebab rasa kantuk dan lelah sepanjang hari lainnya adalah penyakit diabetes. Saat mengalami diabetes, seseorang jadi lebih mudah marah dan merasa lelah. Hal ini disebabkan gula darah yang tinggi karena tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup.

Selain itu, merasakan kelelahan sepanjang hari juga merupakan gejala berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung bahkan kanker. Jadi, saat kamu merasa sangat kelelahan dan ngantuk sepanjang hari yang tidak kunjung selesai, sebaiknya kamu segera memeriksakan kesehatan ke dokter.

6 dari 7 halaman

Kurang Olahraga

Selanjutnya, kurang olahraga atau aktivitas fisik juga menyebabkan tubuh menjadi lelah dan merasakan kantuk sepanjang hari. Aktivitas fisik seperti olahraga bisa meningkatkan energi seseorang selain karena faktor asupan makanan.

Jadi dengan asupan makanan sehat dan aktivitas fisik yang teratur, maka kamu bisa menghindari rasa lelah dan kantuk sepanjang hari. Pola hidup sangat menentukan dalam menjaga kesehatan seseorang.

7 dari 7 halaman

Kurang Asupan Vitamin

Kurang asupan vitamin juga bisa membuat sesorang merasa kantuk dan lelah sepanjang hari. Biasanya hal ini terkait dengan rendahnya tingkat vitamin D, vitamin B-12, zat besi, magnesium, atau kalium.

Kamu bisa memeriksakan kesehatan dengan tes darah secara rutin untuk mengetahui kamu kekurangan vitamin apa. Selain itu, dengan mengonsumsi beberapa makanan yang kaya vitamin, bisa membuatmu memenuhi asupan vitamin tertentu.

Loading