Sukses

6 Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah, Alami dan Tanpa Efek Samping

Manfaat jeruk lemon untuk wajah bisa didapatkan tanpa efek samping.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jeruk lemon untuk wajah sebagai bahan alami dipercaya tidak kalah bagus dengan produk kecantikan lainnya. Apalagi pada zaman sekarang ini, sudah banyak bahan-bahan alami yang bisa dijadikan sebagai bahan utama dalam perawatan wajah.

Selain itu, menggunakan jeruk lemon sebagai perawatan wajah dapat dilakukan dimana saja dan bisa diterapkan di rumah karena cukup sederhana. Jeruk lemon dikenal mengandung vitamin c yang bagus untuk kesehatan kulit. Tak heran, jika banyak produk perawatan wajah yang menggunakan jeruk lemon sebagai bahan utama.

Manfaat jeruk lemon untuk wajah bisa didapatkan tanpa efek samping. Manfaat lemon didapatkan dari kandungan buah ini yang mengandung asam sitrat, vitamin C, kalsium, asam folat, vitamin B5, B3, B1, B2, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan masih banyak lagi. Kamu tidak perlu menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan biasanya memiliki efek samping bila telah menggunakan jeruk lemon yang alami sebagai bahan perawatan kulit wajahmu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (12/7/2019) ragam manfaat jeruk lemon untuk wajah yang jarang disadari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

Mencerahkan Wajah

Manfaat jeruk lemon untuk wajah yang pertama adalah dapat mencerahkan wajah. Menggunakan bahan alami ini sangat baik dijadikan ritual perawatan wajah secara rutin. Dengan rutin mengonsumsi jus lemon dan memakainya sebagai masker, cara tersebut bisa membantu membuat wajahmu menjadi lebih cerah. Manfaat jeruk lemon untuk wajah ini bisa didapatkan karena mengandung bahan-bahan yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Untuk membuat masker lemon yang bisa mencerahkan wajah, kamu bisa mencampurkan air lemon dengan air, lalu aplikasikan pada kulit wajah. Tunggu selama 20 menit, lalu bilas dengan bersih. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan perasan lemon dengan satu sendok madu, lalu aplikasikan di wajah sekitar 15-20 menit dan bilas dengan air hangat. Jika kamu melakukan cara ini secara rutin, bisa membantu mencerahkan wajah secara permanen.

Mengobati Jerawat

Manfaat jeruk lemon untuk wajah juga bisa mengobati jerawat. Buah lemon sangat ampuh untuk mengobati jerawat yang kadang muncul saat momen sindrom pra haid datang. Caranya, ambil 1 buah lemon lalu peras airnya kemudian campurkan ke dalam air. Oleskan langsung campuran perasan buah lemon dengan air pada bagian yang berjerawat dengan menggunakan cotton bud, lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan manfaat jeruk lemon untuk wajah dengan meminum air perasan 1 buah lemon utuh dicampur dengan 3 gelas air. Simpan di dalam botol untuk diminum sepanjang hari. Air lemon ini akan membantu mengatasi jerawat dari dalam tubuh.

Bahkan manfaat jeruk lemon untuk wajah juga bisa memudarkan bekas jerawat.  Usapkan langsung sebuah lemon pada muka kamu dan biarkan selama 10 menit. Lakukan secara rutin sampai bekas jerawat di muka kamu hilang.

3 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah

Menghilangkan Komedo

Selanjutnya, manfaat jeruk lemon untuk wajah adalah dapat menghilangkan komedo. Kandungan di dalam buah lemon dapat mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo di wajah, sehingga kulit wajah jauh dari komedo yang mengganggu. Caranya yaitu dengan mengoleskan air perasan jeruk lemon pada daerah wajah yang terdapat komedo dengan menggunakan cotton bud, lakukan secara rutin dan teratur setiap hari setelah membersihkan wajah.

Mengatasi Wajah Berminyak

Bagi orang-orang yang memiliki masalah wajah berminyak, jeruk lemon bisa mengatasinya. Wajah berminyak tentunya akan sangat menganggu penampilan. Kulit yang berminyak akan selalu tampak kusam. Oleh karena itu, dengan menggunakan jeruk lemon, kamu bisa mengurangi produksi minyak berlebih yang sangat mengganggu bagi penampilan dan tampilan wajah.  

4 dari 4 halaman

Manfaat Jeruk Lemon untuk Wajah Lainnya

Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan Dini

Jeruk lemon juga dapat mengatasi tanda-tanda penuaan dini. Berbagai tanda-tanda penuaan dini seperti keriput serta pigmentasi bisa kamu atasi dengan menggunakan jeruk lemon ini. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon bersifat antioksidan. Antioksidan pada lemon akan membantuk sel-sel kulit wajah menangkal radikal bebas. Selain itu, antioksidan pada lemon juga akan merangsang peningkatan produksi kolagen kulit sehingga tanda penuaan bisa diatasi segera.

Jeruk lemon juga dapat mengatasi flek hitam pada wajah. Aplikasikan air buah lemon kepada daerah yang terkena flek hitam atau bintik-bintik pada wajah Anda. Air lemon mengandung bahan-bahan yang dapat membantu memutihkan serta membuat wajah lebih bersih. Air tersebut akan membantu pengelupasan kulit Anda sehingga dapat mengurangi pigmentasi.

Memutihkan Wajah

Manfaat Jeruk lemon untuk wajah berikutnya adalah untuk memutihkan kulit wajah. Jeruk lemon mengandung asam sitrat yang berfungsi sebagai komponen pemutihan alami. Sifat pemutih di dalamnya termasuk membantu mencerahkan dan membersihkan kulit.

Cara memutihkan kulit wajah dengan jeruk lemon sebenarnya sangat mudah. Cukup dengan menyampurkan 2 sendok makan air perasan Lemon dengan 3 sdm air putih, aduk rata dan oleskan ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 30 menit dan cuci dengan air dingin. Ulangi prosedur ini setiap hari untuk mencapai hasil yang lebih maksimal dalam waktu yang singkat. Kamu juga dapat menambahkan madu kedalam campuran ini untuk membantu mengurangi segala jenis iritasi kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.