Sukses

Selain Isu Pindah Agama, Ini Deretan Kontroversi Salmafina Sunan

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu media kembali menyoroti kehidupan putri sulung pengacara Sunan Kalijaga yaitu Salmafina Sunan. Masyarakat Tanah Air tentunya sudah tak asing lagi dengan nama wanita berusia 19 tahun ini. 

Tak sedikit kaum milenial dan para netizen yang menjadikan Salmafina idola masa kini. Salmafina Sunan atau kerap disapa Alma ini mulai dikenal setelah kemunculannya bersama selebgram lainnya seperti Awkarin dan Sarah Gibson.

Alma juga dikenal memiliki gaya hidup yang mewah. Namun bukan itu saja yang menjadikan dirinya kerap disorot masyarakat dan media, tetapi deretan konstroversi yang ia lakoni sehingga memunculkan pro dan kontra. 

Berikut ini Liputan6.com, Sabtu (13/7/2019) rangkum dari berbagai sumber deretan kontroversi Salmafina Sunan yang membuat heboh masyarakat dan para netizen Tanah Air.

2 dari 8 halaman

Menikah Muda dengan Hafiz Al-Quran

Diusianya yang masih belia Salmafina Sunan resmi menikah dengan hafiz Al-Quran Taqy Malik pada 16 September 2017 lalu. Perkenalan antara keduanya pun sangat singkat. Berawal dari berkenalan melalui media sosial, hanya dalam kurun waktu seminggu keduanya mantap untuk menikah. Pada saat melangsungkan pernikahan, Alma pada waktu itu masih berusia 18 tahun.

3 dari 8 halaman

Becerai di Usia Pernikahan 3 Bulan

Sayangnya, usia pernikahan Salmafina dan Taqy tak bertahan lama. Bahkan Taqy Malik telah menjatuhkan talak kepada Alma pada 20 November 2017. Alma resmi bercerai dari Taqy Malik pada 21 Februari 2018 yang disahkan oleh Pengadilan Agama Jakarta Barat. Ia menyandang status janda diusianya yang masih sangat muda. 

4 dari 8 halaman

Kabur dari Rumah

Alma juga sempat membuat dirinya kembali jadi sorotandan perbincangan netizen. Hal ini lantaran isu dirinya kabur dari rumah karena mendapatkan perlakuan kekerasan dari keluarganya setelah ia bercerai dari Taqy Malik. Ia diisukan berseteru dengan sang ayah, Sunan Kalijaga. Namun kemudian rumor soal kekerasan itu dibantah keras oleh Sunan Kalijaga, ayahnya. Bahkan Sunan Kalijaga sedang mencari keberadaan putrinya tersebut. 

5 dari 8 halaman

Lepas Hijab

Kontroversi yang cukup mengejutkan dari Alma adalah ketika ia memutuskan untuk melepas jilbabnya. Ia  membeberkan alasan yang membuatnya mantap untuk melepas hijabnya melalui Instagram storynya pada beberapa waktu lalu. Salmafina mengaku gerah dengan banyaknya hujatan dari netizen. Salmafina juga menambahkan bahwa keputusannya dalam melepas hijab bukan salah dari netizen yang mengkritiknya melainkan karena imannya yang belum kuat.

6 dari 8 halaman

Video Salma Diduga Tengah Mabuk di Kelab Malam Viral

Tak lama berselang setelah kabar dirinya kabur dari rumah, beredar video Salmafina sedang berada di suatu kelab malam. Dalam video yang direkam oleh sahabatnya itu memperlihatkan kondisi Salmafina yang diduga mabuk.

Akibat masalah ini Salmafina dan teman-temannya dikumpulkan oleh sang ayah. Akibat melakukan perekaman gambar yang merugikan keluarga Salmafina, sahabat Salmafina itu pun diwajibkan untuk meminta maaf.

7 dari 8 halaman

Ingin Miliki Anak Tanpa Menikah

Setelah itu, Salmafina Sunan juga membagikan inisiatifnya untuk mencari pendonor sperma agar ia bisa memiliki anak tanpa harus menikah. Hal tersebut ia sampaikan melalui sebuah unggahan di Instagram story miliknya beberapa waktu yang lalu.

Dalam unggahannya itu, Salmafina Sunan mengaku telah melakukan berbagai riset sebelum ia melakukan donor sperma tentang efek positif dan negatifnya. Tindakan Alma tersebut diduga ia masih trauma dengan pernikahan singkatnya yang pernah ia alami. 

8 dari 8 halaman

Pindah Agama

Setelah bercerai dari hafiz Alquran Taqy Malik, kini Salmafina memutuskan untuk berpacaran dengan seorang bule yang berusia jauh lebih tua. Hubungan beda agama ini pun menuai kontroversi di media sosial.

Pasalnya, beredar kabar Salmafina telah berpindah agama. Gosip ini merebak setelah kemunculan foto dirinya sedang berada di sebuah gereja. Dalam foto itu Salmafina terlihat mengenakan kalung berbentuk salib. Namun kabar pindah keyakinan Salmafina itu dibantah oleh sang ayah. Menurutnya gosip itu hanya hoaks.

Maraknya isu perihal dirinya sudah pindah keyakinan, Alma pun angkat bicara. Di sebuah acara di salah satu stasiun televisi, Alma menanggapi isu tersebut. Alma bahkan hadir pada acara tersebut dengan menggunakan kalung berbentuk salib. Walaupun tak menjelaskan secara rinci dan jelas, Alma mengaku telah lama ingin melakukan hal tersebut.