Sukses

6 Manfaat Beras Bagi Kecantikan yang Jarang Disadari, Tak Cuma Memutihkan Kulit

Liputan6.com, Jakarta Kerap digunakan sebagai bahan makanan pokok sehari-hari, tentunya tidak akan sulit untuk menemukan beras di rumah. Faktanya, beras tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai makanan pokok sehari-hari, namun juga bisa dijadikan bahan perawatan kecantikan. Beras dapat diolah dengan beberapa cara agar bisa bermanfaat bagi perawatan kecantikan.

Apalagi sebagai bahan alami dalam merawat kecantikan, beras lebih baik digunakan daripada berbagai zat kimia yang bisa menimbulkan efek tertentu.  Manfaat beras bagi kecantikan bisa didapatkan dengan beberapa cara pengolahan.

Menggunakan beras dalam perawatan kecantikan juga tidak susah diterapkan dengan langkah-langkah yang sederhana. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/7/2019) tentang manfaat beras bagi kecantikan

2 dari 4 halaman

Olahan Beras yang Bermanfaat Bagi Kecantikan

Air Beras

Manfaat beras bagi kecantikan yang pertama bisa didapatkan dari air beras. Bahkan kebiasaan membersihkan muka dengan air beras sudah dilakukan oleh orang Jepang sejak zaman dulu. Kebiasaan tersebut menjadikan kulit orang Jepang menjadi mulus dan terawat.

Air beras ini dapat digunakan sebagai toner untuk perawatan kecantikan. Dengan menggunakan toner air beras, maka sisa-sisa kotoran dan debu yang menempel pada wajah dapat dihilangkan dan emmbuat kulit menjadi terasa lebih segar.

Menggunakan air beras ini dapat menyembuhkan jerawat, menghilangkan bintik hitam, mengencangkan kulit, membuat pori-pori terlihat lebih kecil, serta menghilangkan bekas luka. Hal ini karena kandungan air beras berupa vitamin B1, vitamin E, vitamin C, serta mineral yang baik untuk perawatan kulit wajah.

Tepung Beras

Selain bisa diolah menjadi air beras, ternyata tepung beras juga memiliki manfaat bagi perawatan kecantikan. Tepung beras sendiri memiliki manfaat dalam mengatasi masalah pigmentasi kulit, melawan tanda-tanda penuaan dini pada kulit wajah, serta mengatasi masalah garis-garis halus yang muncul pada wajah.

Jadi selain memang mudah didapatkan karena sudah menjadi makanan pokok sehari-hari, beras juga bermanfaat dalam perawatan kecantikan, terutama pada kulit wajah. Dengan bahan alami ini, kamu bisa merawat wajah tanpa takut mengalami efek samping yang berbahaya asal berhati-hati dalam penggunaannya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Tepung Beras Bagi Kecantikan

Mengurangi Jerawat

Tepung beras dikenal efektif untuk mengurangi jerawat karena sifat antiseptik yang dapat melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung allantoin yang memiliki sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Selain itu, khasiat lain dari Allantoin yaitu dapat membantu memperbaiki tekstur kulit.

Mencerahkan Kulit

Sudah bukan rahasia lagi jika tepung beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan kulit. Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit. Selain itu, tepung beras juga memiliki konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid yang berkhasiat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

Melawan Penuaan

Jika kamu sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan pada kulit wajah, tepung beras bisa menjadi salah satu solusinya. Tepung beras memiliki kandungan ferulic acid, yaitu anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap. Tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit. Tak hanya itu, penggunaan masker tepung beras secara teratur juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat kamu selalu terlihat segar dan awet muda.

4 dari 4 halaman

Manfaat Air Beras Bagi Kecantikan

Sebagai Toner

Beras bisa jadi bahan pembuat toner wajah yang berfungsi untuk mengencangkan kulit dan membuatnya bersih, dengan cara mempertahankan lapisan sehat dari dampak buruk akibat kondisi lingkungan seperti polusi dan paparan matahari.

Menghaluskan Rambut

Rambut yang halus adalah pertanda rambut yang sehat. Air beras ternyata mampu memberikan hal tersebut. Rambut kering, bercabang, dan kusut, bisa teratasi!

Eksfoliasi

Sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam juga bisa diatasi dengan beras. Jadikan beras halus sebagai eksfoliator alami untuk meluruhkan sel kulit mati tanpa mengiritasinya.