Sukses

7 Fungsi Concealer dalam Makeup, Tak Bisa Digantikan Alat Lain

Liputan6.com, Jakarta Concealer merupakan salah satu alat make up yang wajib dan selalu dimiliki oleh make up artist (MUA). Alasannya tidak lain karena concealer memiliki fungsinya sendiri yang tidak bisa digantikan oleh alat make up lainnya.

Oleh karena itu, tidak hanya make up artist saja yang harus memiliki alat make up satu ini, tapi para pemula dalam urusan make up juga perlu siap sedia dengan alat satu ini. Apalagi biasanya perempuan sangat senang dalam bereksperimen dengan make up.

Fungsi concealer yang utama adalah untuk menyamarkan kekurangan di wajah. Dengan menggunakan concealer kulit seseorang bisa tampak lebih mulus. Bahkan concealer bisa digunakan oleh berbagai jenis kulit, tinggal menyesuaikan dengan jenis concealer nantinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (13/7/2019) beberapa fungsi concealer dalam makeup.

2 dari 4 halaman

Menutup Noda Bekas Jerawat dan Menyempurnakan Bentuk Alis

Menutup Noda Bekas Jerawat

Fungsi concealer yang pertama adalah menutup noda bekas jerawat. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, memang fungsi concealer yang paling utama adalah menyamarkan kekurangan di wajah. Menggunakan concealer dapat menutupi noda bekas jerawat dengan sempurna karena formulanya yang lebih pekat. Oleh karena itu, kamu perlu mempelajari cara mengaplikasikannya terlebih dahulu agar bisa mendapatkan wajah yang mulus.

Menyempurnakan Bentuk Alis

Selain itu, fungsi concealer juga bisa menyempurnakan bentuk alis. Kamu bisa merapikan bentuk alis aslimu dengan produk satu ini. Saat menggambar alis dan mendapatkan hasil yang tidak rapi, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan concealer. Bahkan concealer juga bisa membuat tampilan yang lebih terlihat tegas pada alis.

3 dari 4 halaman

Untuk Contouring dan Solusi Tepat Untuk Bibir Tipis

Untuk Contouring dan Highlight

Fungsi concealer berikutnya adalah untuk memberi contouring atau highlight pada bagian wajah tertentu. Biasanya bagian-bagian wajah yang biasa diberi highlight atau contouring adalah pada area bawah mata, tulang hidung, dagu, jidat bagian tengah, dan lain-lain. Concealer bisa digunakan sebagai pengganti produk contouring dan highlight tersebut. Tipsnya, kamu harus memilih shade yang lebih terang untuk dibanding warna kulit atau foundation untuk highlight, dan memilih shade yang lebih gelap untuk contouring. Jadi concealer memanglah sebuah produk atau alat make up yang multifungsi.

Solusi Tepat untuk Bibir Tipis

Masih menggunakan teknik contour, tapi digunakan untuk bagian wajah lainnya. Tak hanya untuk hidung dan pipi, contouring ini juga bisa kamu coba di bibirmu. Kegunaannya adalah untuk menambah volume bibir. Jika kamu memiliki bibir dengan ukuran kecil atau tipis, cara ini bisa membantumu untuk mendapatkan tampilan make up  yang berbeda dari biasanya. Caranya, gunakan concealer di dua ujung bibir dan sedikit dibawah bibir. Hasilnya bibir akan lebih terbentuk. Lalu aplikasikan lipstik seperti biasa. Dengan fungsi concealer satu ini, maka warna lipstick yang kamu pakai akan semakin keluar. Selain itu, saat menggunakan lip cream tidak akan terlihat berantakan bila kamu menggunakan concealer untuk membentuk bibir terlebih dahulu.

4 dari 4 halaman

Primer Riasan Mata dan Pengganti Foundation

Menyamarkan Garis Halus di Bawah Mata

Fungsi concealer selanjutnya adalah untuk menyamarkan garis halus di bawah mata. Beberapa wanita memiliki garis halus yang mengganggu di bagian bawah mata. Untuk menyamarkannya, banyak kamu bisa menggunakan concealer. Tapi sebelum melakukannya, kamu harus mempelajari dulu tekniknya. Jangan sampai karena belum begitu tahu dan mengerti, kamu malah membuat garis halus di bawah mata tersebut bukannya hilang malah tampak jelas.

Primer untuk Riasan Mata

Kamu juga bisa memanfaatkan fungsi concealer untuk primer riasan mata. Sebelum merias mata dengan eyeshadow, kamu bisa menggunakan concealer terlebih dahulu. Hal ini bisa membuat eyeshadow yang kamu gunakan lebih terlihat dari biasanya. Setelah menggunakan concealer secukupnya pada area kelopak mata, kamu bisa memakai eyeshadow kesukaanmu agar riasan mata semakin terlihat menakjubkan. Selain itu, masih terkait dengan riasan mata, concealer juga bisa memperbaiki bentuk winged eyeliner yang kamu terapkan. Jadi kamu tidak perlu menghapusnya terlebih dahulu bila kamu merasa ketebalan atau terlihat tidak rapi. Dengan mengaplikasikan concealer pada kuas kecil, maka kamu sudah bisa merapikan eyeliner yang kamu gunakan, bahkan bisa sekaligus mempertegas bentuknya.

Sebagai Pengganti Foundation

Tidak hanya itu, concealer bahkan bisa kamu gunakan sebagai pengganti foundation. Kamu bisa menggunakan concealer cair atau yang berbentuk krim dengan dicampur pelembap wajah. Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikannya dengan spons yang sudah dibasahi sedikit air agar hasilnya lebih merata. Cara ini efektif sekali digunakan bila kamu sedang kehabisan foundation.

Begitulah berbagai macam fungsi concealer yang bisa kamu terapkan di rumah. Selain merupakan produk atau alat make up yang multi fungsi, penggunaan concealer sebetulnya tidak begitu merepotkan. Apalagi kamu juga bisa membawanya kemana-mana. Dengan sedikit belajar dan pengalaman menggunakannya setiap hari, kamu akan terbiasa dan akan lebih mahir menggunakannya.

Loading