Sukses

Viral, 9 Ilustrasi Makanan Khas Indonesia Versi Animasi Ini Keren Banget

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu terakhir beredar sebuah video animasi penyajian bubur ayam di media sosial. Video yang diunggah oleh akun Instagram @harousel tersebut pun menjadi viral dan banyak dibicarakan oleh netizen. 

Bahkan saat melihat sekilas animasi tersebut, bisa mengingatkanmu pada animasi Ghibli. Namun, ilustrasi animasi bubur ayam tersebut bukanlah produksi dari studio animasi Ghibli, melainkan dari seorang ilustrator asal Indonesia.

Alfeus Christie sebagai ilustrator dan pemilik akun Instagram @harousel pun tak menyangka jika karyanya bisa sampai viral di media sosial. Pasalnya, menurut pria kelahiaran Surakarta, Jawa Tengah ini pembuatan ilustrasi animasi tersebut berawal dari project iseng semata.

Pria yang kini berprofesi sebagai 2D Game Artist di sebuah perusahaan di Malaysia ini mengaku jika awalnya ia hanya ingin mencoba membuat ilustrasi makanan.

"hmm awalnya itu saya nyoba latian bikin ilustrasi makanan karena belum pernah buat sama sekali, dan saya lihat juga kayaknya jarang illustrasi yang mengangkat tema makanan indonesia. Jadi dari situ saya coba buat satu per satu, dan ternyata banyak yang suka. Akhirnya keterusan," ujar Alfeus kepada Liputan6.com saat dihubungi via WhatsApp pada Jumat (12/7/2019) kemarin.

Membuat sebuah karya ilustrasi bertema makanan khas Indonesia tersebut pun tak mudah. Alfeus mengaku jika ia membutuhkan waktu 3 hingga 5 hari untuk membuat sebuah gambar ilustrasi.

Sedangkan untuk video animasi ia membutuhkan waktu pengerjaan kurang lebih 2 hingga 3 bulan. Hal ini dikarenakan, Alfeus baru mulai membuat ilustrasi tersebut selepas kerja.

Beberapa ilutrasi yang diunggah di akun Instagram @harousel sendiri terlihat begitu menggiurkan. Bukan hanya tampak nyata, akan tetapi ia pun sangat detail saat membuat ilustrasi makanan khas Indonesia.

Dirangkum Liputan6.com dari akun Instagram @harousel, berikut ini beberapa karya ilustrasi animasi makanan khas Indonesia yang dibuat oleh Alfeus, Minggu (14/7/2019).

2 dari 6 halaman

Viral di media sosial

1. Ini nih karya dari Alfeus yang viral di media sosial, penyajiannya benar-benar mirip dengan bubur ayam aslinya ya

View this post on Instagram

「Your Daily Dose of Food series」 - Bubur Ayam animated by myself music by @mandykowara Bubur ayam is a Chinese-Indonesian chicken congee. It is ricecongee with shredded chicken meat served with some condiments, such as chopped scallion crispy fried shallot, celery, tongcay(preserved salted vegetables), fried soybean, Chinese crullers (known as cakwe in Indonesia), and both salty and sweet soy sauce, and sometimes topped with yellow chicken broth and kerupuk (Indonesian-style crackers). #buburayam #bubur #indonesia #indonesianfood #foods #foodie #foodies #foodpic #foodpics #foodlover #foodlovers #foodgram #foodart #foodheaven #kulinerindonesia #kulinerenak #kuliner #kulinermurah #kulineran #fotd #foodaddict #makanenak #art #animation #artoninstagram #artoftheday

A post shared by Alfeus Christie (@harousel) on

3 dari 6 halaman

Penyajian yang komplit

2. Ilustrasi sayur asem ini pun tampak menggiurkan, lengkap dengan tahu, tempe, ayam serta sambal nih

3. Menurut Alfeus, membuat ilustrasi Indomie ini yang cukup sulit loh karena harus sangat detail

4 dari 6 halaman

Mirip animasi Jepang

4. Nasi tumpeng ini juga dibuat dengan detail, tak sedikit pula netizen yang menganggap jika animasi ini buatan ilustrator Jepang

5. Alfeus pun tak menampik jika karya-karyanya memang memiliki style Jepang

5 dari 6 halaman

Ada keterangan tentang sajian makanan

6. Bukan hanya dibuat dengan detail, tapi pada setiap unggahan ilustrasi di Instagram Alfeus juga menambahkan keterangan mengenai makanan tersebut

7. Meski berawal dari keisengan semata, namun hasil yang ditampilkan merupakan bentuk profesional

6 dari 6 halaman

Tak ada yang menolak sajian dalam ilustrasi ini

8. Sate lengkap dengan irisan tomat, bawang serta jeruk ini juga sangat menggiurkan

Baca juga info terkait di sini.

9. Meski hanya sebuah ilustrasi animasi, namun tak sedikit netizen yang tergiur lezatnya ilustrasi makanan khas Indonesia tersebut

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Murah, Penuh Edukasi
Artikel Selanjutnya
4 Aktivitas yang Ditakuti Nia Ramadhani, Tak Mau Kupas Mangga