Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Ini 5 Penyebab Sakit Kepala Saat Terkena AC, Jangan Disepelekan

Liputan6.com, Jakarta Sakit kepala merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi atau dirasakan oleh setiap orang. Ada banyak penyebab yang menjadikan kamu merasakan sakit kepala. Umumnya sakit kepala dikarenakan flu, sakit gigi, dan lain sebagainya.

Namun, bagaimana dengan seseorang yang sering merasakan sakit kepala saat sedang berada di ruangan dengan AC? Ya, ternyata ada beberapa orang yang kerap merasakan sakit kepala saat sedang di ruangan ber-AC. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Bila kamu salah satu orang yang sering mengalami kondisi ini, berikut Liputan6.com telah merangkum beberapa penyebab sakit kepala yang diakibatkan oleh AC. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini penyebab sakit kepala karena terkena udara dingin dari AC, Senin (15/7/2019). Jangan dianggap sepele.

2 dari 6 halaman

Mengenal Macam Sakit Kepala

Sekilas tentang sakit kepala, ternyata secara garis besar sakit kepala dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala organik dan sakit kepala fungsional. Sakit kepala organik merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh adanya gangguan atau kelainan pada kepala saraf, dan organ-organ sekitar yang berhubungan. Misalnya, sakit kepala pada orang dengan sinusitis, trauma kepala, tumor otak, infeksi saraf, atau kelebihan cairan otak.

Sementara itu, sakit kepala fungsional adalah sakit kepala tanpa adanya gangguan atau kelainan pada kepala, saraf, dan organ-organ yang berhubungan. Contohnya seperti nyeri kepala fungsional seperti tension type headache, migran, dan cluster.

3 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Kepala Saat Terkena AC

Dehidrasi

Fungsi AC tidak hanya sebatas sebagai pendingin ruangan, melainkan juga untuk mengurangi kelembapan udara di ruangan. Inilah yang menyebabkan udara ruangan dengan AC terasa lebih kering dibandingkan udara normal atau biasanya.

Hal ini dapat menyebabkan penguapan air dari dalam tubuh makin cepat. Nah, apabila kamu tidak banyak minum, maka akan berisiko mengalami dehidrasi.

Dehidrasi inilah yang menjadi salah satu penyebab sakit kepala akibat pendingin ruangan atau AC. Nah, untuk mencegahnya, kamu bisa perbanyak minum air putih saat kamu berada di ruangan yang ber-AC.

4 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Kepala Saat Terkena AC

Kontraksi Otot

Tak hanya dehidrasi, kontraksi otot pada derah wajah dan leher juga dapat menyebabkan sakit kepala. Nah, apabila suhu ruangan terlalu dingin, kamu bisa meningkatkan suhu pada AC.

Kontraksi Pembuluh Darah

Apabila tubuh kamu kedinginan, membuat pembuluh darah akan mengalami kontraksi untuk mempertahankan tubuh. Tak hanya itu, dalam keadaan yang sangat dingin, tubuh akan menggigil untuk mempertahankan suhu tubuh. Nah, sebagaian pembuluh darah otak juga akan berkontraksi saat suhu terlalu dingin sehingga dapat memicu sakit kepala.

Untuk itu, kamu perlu mengatur AC agar tidak terlalu dingin untuk mencegah sakit kepala.

5 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Kepala Saat Terkena AC

Suara AC yang Berlebihan

Penyebab sakit kepala yang diakibatkan karena AC berikutnya adalah adanya suara dengan frekuensi tinggi yang secara terus-menerus dikeluarkan oleh AC. Biasanya hal ini terjadi pada AC atau kipas dengan tipe lama. Alat pedingin dengan tipe lama ini akan mengeluarkan bunyi keras yang mengganggu. Hal inilah yang menyebabkan kamu menjadi terganggu dan sakit kepala.

Tak menutup kemungkinan pada AC tipe baru juga. Ya, pada tipe AC baru juga memungkinkan menghasilkan suara keras jika ada masalah pada kompresornya. Nah, apabila hal ini terjadi, sebaiknya kamu perlu mengganti atau memperbaiki pendingin ruangan tersebut agar lebih tenang.

Zat Kimia dan Alergen

Kualitas udara dalam ruangan dengan AC sangatlah ditentukan oleh jenis pendingin ruangan dan kebersihan pendingin ruangan. Apabila AC kamu tidak dalam kondisi bersih, ada berbagai kotoran, zat kimia, dan allergen dapat masuk dan bersikulasi di ruangan sehingga dapat mencetuskan sakit kepala. Inilah alasan mengapa kamu yang memiliki AC atau menggunakan AC perlu membersihkannya secara teratur.

6 dari 6 halaman

Cara Mencegah Agar Tak Pusing Saat di Ruangan AC

Umumnya, sakit kepala karena AC terjadi kepada orang yang memiliki riwayat sakit kepala sebelumnya atau rentan mengalami sakit kepala. Nah, pendingin ruangan seperti AC dapat menjadi salah satu pencetus kambuhnya sakit kepala ini. Namun kamu tetap perlu mengkonsultasikannya ke dokter untuk mengetahui apakah ada penyebab lain dari sakit kepala tersebut.

Untuk mengurangi risiko munculnya sakit kepala saat di ruangan ber-AC, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan sederhana. Berikut ada beberapa cara mencegah munculnya sakit kepala saat sedang berada di ruangan ber-AC.

- Hindari paparan udara dingin yang menyorot langsung ke wajah atau kepala.

- Menaikkan suhu AC agar tidak terlalu dingin.

- Perbanyak konsumsi air putih saat berada di ruangan atau mobil dengan AC untuk mencegah dehidrasi. Karena AC bersifat menyerap kandungan air sehingga dapat memicu dehidrasi (saat dehidrasi muncul bisa menyebabkan sakit kepala).

- Makan secara teratur dan jangan terlambat makan agar tidak semakin memperberat sakit kepala.

- Istirahat yang cukup dan tidur yang cukup.

Loading
Artikel Selanjutnya
8 Penyebab Sering Sakit Kepala dan Mual, Waspadai Gejala Penyakit Tertentu