Sukses

Tanda Pangkat Polisi Republik Indonesia, Pahami dengan Mudah

Polisi memiliki tanda pangkat sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Tanda pangkat Polisi di Indonesia memiliki tingkatan tersendiri sesuai fungsinya. Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) adalah Kepolisian Nasional di Indonesia, yang bertanggung jawab langsung di bawah Presiden. Pangkat yang dimiliki Polri bisa dilihat dari tanda pangkat Polisi.

Sejak 1 Januari 2001, tanda pangkat Polisi dipisahkan dari TNI dan menggunakan tanda kepangkatan tersendiri. Tanda pangkat Polisi disimbolkan dengan bintang, bunga sudut lima, balok, hingga segi tiga. Semua tanda kepangkatan Polisi diberikan pada anggota Polri dari Perwira Tinggi hingga Tamtama.

Berikut rangkuman tanda pangkat Polisi Republik Indonesia, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (15/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Perwira Tinggi

Jenderal Polisi (Jenderal Pol.)

Jenderal Polisi menjadi tingkat tertinggi bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Jenderal pada militer.

Tanda pangkat polisi yang dipakai adalah empat bintang. Jenderal Polisi disandang oleh Kapolri atau Tri Brata 1 (TB 1).

Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol.)

Komisaris Jenderal Polisi berada dibawah posisi Jenderal Polisi. Komjen Pol adalah tingkat ketiga bagi perwira tinggi Polri.

Pangkat ini setara dengan Letnan Jenderal pada Militer. Tanda pangkat polisi yang dipakai adalah tiga bintang.

Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol)

Inspektur Jenderal Polisi adalah tingkat kedua bagi perwira tinggi di Kepolisian Republik Indonesia. Pangkat ini setara dengan Mayor Jenderal pada Militer.

Tanda pangkat polisi kepangkatan yang dipakai adalah dua bintang. Jabatan Irjen Pol biasanya untuk jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) di wilayah Polda dengan tipe A.

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen. Pol.)

Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen. Pol.) adalah tingkat pertama bagi perwira tinggi Polri. Pangkat ini setara dengan Brigadir Jenderal pada militer.

Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bintang. Untuk kepolisian jabatan Kapolda, Brigadir Jenderal Polisi biasanya memimpin Polda di wilayah tipe B atau memimpin sebuah direktorat/biro di tingkat Mabes Polri.

3 dari 7 halaman

Perwira Menengah

Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.)

Komisaris Besar Polisi adalah tingkat ketiga perwira menengah Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga bunga sudut lima.

Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP)

Ajun Komisaris Besar Polisi adalah tingkat kedua perwira menengah Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua bunga sudut lima.

Komisaris Polisi (Kompol)

Komisaris Polisi adalah perwira menengah tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu bunga sudut lima.

4 dari 7 halaman

Perwira Pertama

Ajun Komisaris Polisi (AKP)

Ajun Komisaris Polisi adalah perwira pertama tingkat tiga Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga balok berwarna emas.

Inspektur Polisi Satu (Iptu)

Inspektur Polisi Satu adalah perwira pertama tingkat dua Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua balok berwarna emas.

Inspektur Polisi Dua (Ipda)

Inspektur Polisi Dua adalah perwira pertama tingkat satu Polri. Taruna atau Siswa yang lulus dan selesai pendidikanya dari Akademi Kepolisian atau Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) akan mendapatkan pangkat ini. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu balok berwarna emas.

5 dari 7 halaman

Bintara Tinggi

Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu)

Ajun Inspektur Polisi Satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga yang terdiri dari dua segitiga bersambung dan berwarna perak.

Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda)

Ajun Inspektur Polisi Dua adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga yang terdiri dari dua segitiga bersambung dan berwarna perak.

6 dari 7 halaman

Bintara

Brigadir Polisi Kepala (Bripka)

Brigadir Polisi Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah empat buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

Brigadir Polisi (Brigpol)

Brigadir Polisi pangkat Brigadir Polisi Satu dibawah Brigadir Polisi Kepala. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

Brigadir Polisi Satu (Briptu)

Brigadir Polisi Satu adalah pangkat diatas Brigadir Polisi Dua dibawah Brigadir Polisi. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga bersusun dan berwarna perak.

Brigadir Polisi Dua (Bripda)

Brigadir Polisi Dua adalah Bintara tingkat satu di Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna perak.

7 dari 7 halaman

Tamtama

Ajun Brigadir Polisi (Abrip)

Ajun Brigadir Polisi adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu)

Ajun Brigadir Polisi Satu adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah segitiga berwarna merah.

Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda)

Ajun Brigadir Polisi Dua adalah Tamtama tingkat satu di Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah segitiga berwarna merah.

Bhayangkara Kepala (Bharaka)

Bhayangkara Kepala adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah garis miring berwarna merah.

Bhayangkara Satu (Bharatu)

Bhayangkara Satu adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah dua buah garis miring berwarna merah.

Bhayangkara Dua (Bharada)

Bhayangkara Dua adalah Tamtama tingkat satu Polri. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah satu buah garis miring berwarna merah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.