Sukses

8 Minuman Pereda Nyeri Rematik, Alami dan Mudah Didapatkan

Liputan6.com, Jakarta Nyeri rematik atau dikenal juga dengan nyeri sendi maupun rheumatoid arthritis biasanya dialami oleh orang yang sudah berusia senja, sekitar 40 tahun ke atas. Nyeri rematik bisa muncul di berbagai bagian tubuh, namun paling sering menyerang pada bagian lutut.

Nyeri rematik terjadi karena tulang manusia mengalami pengapuran. Hal ini ditandai dengan rusaknya tulang rawan yang melindungi persendian. Pada umumnya nyeri rematik muncul karena adanya riwayat keluarga, faktor usia lanjut, dan obesitas atau kegemukan.

Nyeri rematik bisa diredakan dengan beberapa jenis minuman alami yang mudah didapatkan. Jadi, kamu bisa segera cepat tanggap bila tidak mempunyai obat pereda nyeri. Apalagi karena merupakan bahan alami, maka minuman ini aman dikonsumsi dan baik bagi kesehatan.

Berikut Liputan6.com rangkmu dari berbagai sumber, Senin (15/7/2019) beberapa minuman pereda nyeri rematik.

2 dari 5 halaman

Air Putih dan Kunyit

Air Putih

Minuman pereda nyeri rematik yang pertama adalah air putih. Air putih memang memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Kamu dianjurkan untuk minum 8 sampai 12 gelas setiap harinya. Hal ini disebabkan karena air putih dapat mengeluarkan zat racun di dalam tubuh. Dalam kasus nyeri rematik sendiri, air putih dapat membantu meredakan nyeri rematik apabila dikonsumsi dalam keadaan dingin.

Kunyit

Minuman pereda nyeri selanjutnya adalah kunyit. Kunyit adalah bubuk kuning yang terbuat dari tanaman berbunga terkait. Biasanya digunakan untuk memasak kari. Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi. Bahan aktif dalam kunyit, telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Kunyit dapat bekerja paling baik dalam memerangi nyeri sendi saat rematik muncul. Kamu bisa mengolahnya jadi minuman dengan mencampurkannya dengan tetesan lemon.

3 dari 5 halaman

Lemon dan Jahe

Lemon

Lemon sudah terbukti berguna untuk mengobati nyeri saraf dan menenangkan pembuluh darah. Sebab itulah lemon dapat meredakan nyeri rematik. Apalagi lemon kaya akan vitamin C, zat anti-inflamasi, dan antiseptik yang baik. Kamu bisa mengolahnya menjadi minuman hangat maupun berbentuk jus sebagai minuman pereda nyeri rematik.

Jahe

Jahe memang sudah terkenal sebagai minuman tradisional yang menyehatkan. Selain memiliki manfaat penting untuk memasak, jahe juga bisa digunakan sebagai obat. Senyawa yang ada pada jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Jahe terbukti dapat mengurangi pembengkakan sendi akibat nyeri rematik. Jadi kamu bisa mengonsumsi air jahe untuk meredakan nyeri rematik yang diderita.

4 dari 5 halaman

Teh Hijau dan Kopi

Teh Hijau

Teh hijau terbukti berhasil digunakan untuk mengurangi peradangan pada tubuh. Teh hijau dapat digunakan untuk mengobati radang sendi akibat rematik dalam bentuk minuman, tablet, ataupun tincture. Apalagi dengan rasanya yang enak, teh hijau banyak disukai sekarang ini. Jadi kamu bisa sekalian mendapatkan manfaat kesehatannya di samping rasanya yang memang enak.

Kopi

Kopi dapat membantu melawan radikal bebas di dalam tubuh, yang menyebabkan kerusakan sel. Penelitian lain menunjukkan kopi juga memiliki efek perlindungan terhadap nyeri rematik. Manfaat kopi dalam melawan radikal bebas dalam tubuh ini tak lepas dari peran antioksidan polifenol yang terkandung dalam kopi.

Bluberry

Minuman pereda nyeri rematik selanjutnya adalah bluberry. Bluberry atau buah sejenisnya dapat dijadikan menjadi smoothie yang lezat. Buah sejenis bluberry mengandung antioksidan tinggi. Mengonsumsi buah beri dapat memberi vitamin dan nutrisi dalam dosis besar. Smoothie buah ini penuh dengan bakteri baik yang dikenal sebagai probiotik dan juga banyak vitamin. Namun pastikan kamu membuat smoothie rendah gula.

5 dari 5 halaman

Berbagai Jus Buah

Jus Nanas

Nanas memiliki kandungan zat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Buah berwarna kuning ini mengandung bromelain, enzym protein yang dapat mengatasi inflamasi. Nanas bisa digunakan sebagai ramuan alami untuk mengatasi nyeri pada lutut karena rematik.

Jus Apel

Apel mengandung malic acid yang dapat meredakan nyeri rematik. Pilihan terbaik adalah apel hijau. Apel hijau kaya akan vitamin A, C, dan pelifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang dpat mencegah dan meredakan nyeri pada tubuh. Kamu bisa makan atau minum jus apel setiap pagi secara rutin.

Jus Pepaya

Pepaya merupakan salah satu obat tradisional yang dijadikan untuk menyembuhkan dan meringankan rasa sakit nyeri rematik. Buah lezat ini mengandung antioksidan dan kaya akan vitamin C. Kandungan yang ada di pepaya sangat baik bagi kamu yang sering mengalami keluhan nyeri.

Jus Semangka

Semangka terbukti baik untuk mengatasi nyeri sendi. Segelas jus semangka setiap pagi dan malam hari dapat membantumu mengatasi rasa sakit yang datang karena rematik. Kamu bisa memilih semangka yang tanpa biji, agar tak ribet saat kamu ingin menjadikannya jus.