Sukses

Cara Membuat Tanda Tangan yang Susah Ditiru Disertai Maknanya Menurut Grafologi

Liputan6.com, Jakarta Memiliki sebuah tanda tangan pribadi seolah seperti memiliki perluasan kepribadian yang dapat dilihat oleh orang lain. Ya, seperti makna tanda tangan adalah sebuah tulisan tangan yang kerap diberi gaya tertentu dari nama seseorang atau merupakan tanda identitas seseorang. Biasanya, tanda tangan digunakan sebagai bukti tertulis sebuah dokumen untuk menunjukkan identitas atau bukti dari keinginan atau kebutuhan seseorang dalam memberikan pernyataan atau persetujuan.

Setiap orang memiliki bentuk tanda tangannya masing-masing. Maka tak heran kalau bentuk tanda tangan antara satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan alias tidak mirip secara keseluruhan. Bahkan banyak orang yang membuat tanda tangan yang susah ditiru. Tanda tangan bisa dibentuk berupa nama yang ditulis secara latin atau bahkan bentuk tertentu yang menggambarkan ciri khas dari orang tersebut.

Tak hanya berfungsi untuk kepentingan tertentu, di balik terbentuknya tanda tangan ternyata bisa memperlihatkan bagaimana kepribadian seseorang lho. Ya, ada satu ilmu yang khusus menganalisis pola tulisan tangan dan bisa mengidentifikasi kondisi psikologi seseorang hingga karakter dan kepribadiannya. Ilmu ini diberi nama grafologi.

Dapat diartikan bahwa melalui tanda tangan bisa menjadi salah satu bentuk ekspresi kepribadian dari seseorang. Mulai dari bentuk tanda tangan yang mudah ditiru hingga tanda tangan yang susah ditiru kerap memiliki arti atau makna kepribadian masing-masing. Berikut ini Liputan6.com, Senin (15/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara membuat tanda tangan yang susah ditiru beserta maknanya menurut grafologi.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan yang Susah Ditiru

Gunakan Nama Depan atau Inisial

Tanda tangan yang susah ditiru bisa kamu buat dengan berdasarkan nama depan maupun inisial. Mulailah menulis huruf pertama seunik mungkin agar tanda tangan susah ditiru. Kamu juga bebas mau memilih bentuk font tertentu seperti yang terdapat di komputer, lalu kamu kreasikan dengan kemampuan sesuai imajinasimu.

Menentukan Arah yang Tepat

Secara tidak langsung tanda tangan terlihat seperti lukisan kaligrafi yang sering kamu lihat atau temui. Kaligrafi sendiri tidak jauh berbeda dengan lukisan gambar pada umumnya.

Nah, untuk itu kamu bisa menentukan arah tanda tangan sesuai dengan keinginanmu. Jangan sampai membuat tanda tangan yang kurang jelas arahnya sehingga membuatmu bingung saat menuliskannya.

Beri Gaya atau Kreasi Sesuai Kreativitas

Membuat tanda tangan yang susah ditiru juga bisa kamu buat dengan memberikan kreasi yang unik agar tanda tanganmu tidak terlihat terlalu sederhana sehingga mudah untuk ditiru.

Berilah gaya atau kreasi khusus untuk memberi kesan rumit, dimana hanya kamu sendiri yang tahu cara membuatnya. Kamu juga bisa mencari inspirasi tanda tangan yang susah ditiru di internet untuk memperindah bentuk tanda tanganmu.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Tanda Tangan yang Susah Ditiru

Berlatih Terus Menerus

Nah, kalau kamu sudah menentukan atau membuat tanda tangan yang susah ditiru kamu harus terus mengulangi menulis tanda tangan agar kamu tidak mudah lupa. Menulis tanda tangan hampir mirip dengan hafalan, karena kamu dituntut untuk menghafal langkahnya secara berurutan untuk digunakan pada kesempatan berikutnya jika dibutuhkan.

Konsisten

Membuat dan memiliki tanda tangan merupakan salah satu bentuk dari identitas diri secara hukum. Untuk itu, kamu perlu konsisten untuk menuliskan tanda tangan. Konsisten dalam artian ukuran lebar dan tinggi tanda tangan, serta besar kecilnya.

Mungkin kamu sendiri kerap tidak menyadarinya, namun orang lain akan dengan mudah melihat ketidakcocokan tanda tangan karena kamu tidak konsisten.

4 dari 5 halaman

Arti Bentuk Tanda Tangan Menurut Grafologi

Tanda Tangan dengan Nama yang Jelas

Penggunaan nama yang jelas merupakan salah satu syarat pertama dalam membuat tanda tangan menurut grafologi. Tanda tangan seperti ini memberikan kesan percaya diri yang tinggi. Tanda tangan ini dapat dibaca dengan jelas oleh orang lain. Nah, jika kamu menonjolkan nama depan pada bentuk tanda tangan, ini menandakan kamu memiliki sikap yang ekspresif.

Tanda Tangan dengan Ukuran yang Besar

Selanutnya, tanda tangan dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan tulisan sebelum atau yang berada di atasnya. Bila kamu memiliki tanda tangan seperti ini berarti menunjukkan rasa percaya diri yang sangat tinggi.

Namun, bagi si pemilik tanda tangan ini yang ukurannya terlalu besar, menandakan juga kalau kamu cenderung egois dan ingin menang sendiri.

Ukurannya Sama Besar

Bila kamu memiliki ukuran tanda tangan yang sama dengan tulisan di sekitarnya atau di atasnya, ini manandakan kamu adalah orang yang dapat diandalkan dan bijaksana. Selain itu, ini juga menandakan kalau kamu merupakan orang yang tidak ingin terlihat mencolok dan memiliki kepribadian yang tenang.

Bentuknya Lancip atau Tajam

Bentuk tanda tangan yang berbentuk lancip atau memiliki sisi yang tajam menandakan kalau kamu cerdas, agresif, bersemangat, berani, dan juga berpendidikan.

5 dari 5 halaman

Arti Bentuk Tanda Tangan Menurut Grafologi

Memiliki Garis Bawah

Kalau kamu kerap memberikan garis bawah pada tanda tanganmu, hal ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kepribadian yang penuh keyakinan, tidak mudah menyerah, dan tegas. Tanda ini juga menunjukkan kalau kamu memiliki jiwa kepemimpinan.

Tanda Tangan yang Cenderung Mengarah Naik

Bagi kamu yang memiliki tanda tangan yang mengarah naik biasanya memiliki ambisi hidup yang tinggi. Kamu tidak akan mudah menyerah dan selalu berusaha untuk mencapai sesuatu yang kamu inginkan. Selain itu, tanda tangan jenis ini juga biasanya merupakan tanda tangan orang dengan kepribadian yang ramah, hangat, dan peduli dengan sesama.

Letaknya Berada di Kanan

Kamu yang memiliki tanda tangan cenderung ke kanan menandakan kalau kamu adalah orang yang memiliki kepribadian yang mudah bersosialisasi dan seseorang dengan inisiatif yang bagus.

Adanya Penekanan yang Kuat

Jenis tanda tangan yang disertai dengan penekanan yang kuat pada satu atau beberapa sisinya menunjukkan seseorang dengan komitmen yang tinggi, perfeksionis, dan memiliki kecenderungan lebih serius.

Penekanan yang lebih Ringan

Tanda tangan dengan penekanan yang ringan atau berbentuk tipis menurut grafologi menandakan bahwa kamu memiliki kepribadian yang cenderung lebih mudah bersimpati kepada orang lain dan juga lebih sensitif. Orang dengan bentuk tanda tangan ini suka menghabiskan tenaga dan waktunya secara cuma-cuma.