Sukses

Ganggu Kesehatan, Ini 5 Minuman yang Tak Baik Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Jangan konsumsi minuman ini saat perut sedang kosong.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki segudang kegiatan di setiap harinya terkadang membuat beberapa orang melewatkan yang namanya sarapan. Berbagai macam faktor yang menyebabkan mereka tak menyempatkan untuk mengisi perut dengan sarapan di pagi hari. Misalnya saja karena alasan buru-buru.

Membiarkan perut kosong dalam jangka waktu yang cukup lama ternyata bukan alasan yang dibenarkan alias tidak baik. Kebiasaan membiarkan perut kosong semacam ini tentu tidak baik apabila dilakukan secara terus menerus. Sebab akan terjadi kerusakan pada organ tubuh terutama lambung.

Terkadang, di tengah padatnya aktivitas itu kerap kali kamu mengambil cara instan seperti mengambil segala macam yang mudah dijangkau. Misalnya saja minuman yang paling praktis yang bisa didapatkan dengan membeli di toko atau membuatnya sendiri dengan proses yang tak ribet.

Karena terlalu terburu-buru, kamu tak sempat memperhatikan kandungan gizi pada minuman yang kamu konsumsi tersebut. Dianggap sepele, karena hanya berupa minuman. Padahal ada beberapa jenis minuman yang tak boleh kamu konsumsi saat perut sedang kosong.

Berikut ini Liputan6.com, Selasa (16/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa minuman yang tak boleh dikonsumsi saat perut sedang kosong. Bila dipaksakan, maka bisa mengganggu bahkan merusak kesehatan tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kopi

Kalau kamu memiliki kebiasaan untuk minum kopi di pagi hari, kamu perlu sedikit memperhatikan waktu untuk mengonsumsinya. Minum kopi setelah bangun tidur dan sebelum jam 9.30 pagi sangat tidak dianjurkan. Ya, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari.

Para ilmuwan mengatakan bahwa tubuh kerap menghasilkan jumlah hormon stress kortisol yang lebih tinggi, dimana kortisol membantu kamu tetap berenergi antara pukul delapan hingga Sembilan pagi.

Nah, kalau kamu mengonsumsi kopi sebelum atau selama jam tersebut, maka kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi, kamu bisa tetap mengonsumsi kopi setelah jam 09.30 pagi.

3 dari 6 halaman

Alkohol

Tanpa ada makanan di perut, alkohol dapat mengalir langsung ke aliran darah. Ketika alkohol berada di aliran darah maka akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan mengakibatkan perasaan hangat sementara.

Alkohol berjalan melalui perut, ginjal, paru-paru, hati, dan kemudian otak. Nah, mengisi perut dengan makanan di dalam perut mampu memperlambat efek dari alkohol dan meminimalkan kerusakan yang ditimbulkan pada organ tubuh.

4 dari 6 halaman

Minuman Dingin

Mengonsumsi minuman dingin jenis apapun saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan usus. Minuman dingin dapat menyebabkan perut kembung dan tidak nyaman. Lebih disarankan untuk minum segelas air hangat di pagi hari sebelum sarapan atau ketika perut masih kososng, karena bisa meningkatkan fungsi pencernaan, sirkulasi, dan membantu penurunan berat badan.

5 dari 6 halaman

Minuman Manis

Mengonsumsi banyak gula tidak baik untuk kesehatan tubuh. Produk gula olahan akan memberikan efek buruk yang sama jika dikonsumsi secara terus menerus. Hal ini dikarenakan mengonsumsi minuman manis sat perut kosong bisa membenai kerja hati. Apalagi bagi kamu yang menderita penyakit diabetes.

Minuman manis atau produk gula olahan tak baik dikonsumsi apabila perut sedang kosong. Jadi, bila kamu ingin mengonsumsi minuman manis atau olahan gula lainnya, ada baiknya untuk minum air putih terlebih dahulu dan makan sarapan yang bergizi.

6 dari 6 halaman

Soda

Sebagain orang telah mengetahui bahwa mengonsumsi minuman bersoda ketika perut kosong sangat tidak dianjurkan, terlbih saat bangun tidur. Soda yang memiliki kandungan karbonasi sangat tinggi ini bisa menyebabkan perut dingin pada perut yang kosong. Kandungan pada soda dapat merusak selaput lendir perutmu, sehingga bisa memperlambat proses pencernaan makanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini