Sukses

Kisah M Idris, Anak Petani dan Guru Ngaji yang Sukses Jadi Lulusan Terbaik Akpol

M Idris menjadi lulusan terbaik Akpol angkatan 2019.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia terus menelurkan generasi muda berprestasi setiap harinya. Presiden Joko Widodo atau Jokowi Selasa (16/7/2019) melantik 781 perwira remaja TNI dan Polri angkatan 2019 di halaman Istana Merdeka, Jakarta. 

Dalam agenda tersebut, Presiden Jokowi bertugas untuk menyematkan penghargaan kepada empat lulusan terbaik atau Adhi Makayasa dari Akademi Militer dan Akademi Kepolisian.

Di antara ratusan perwira yang lulus hari ini, terdapat satu sosok yang mengundang perhatian atas pencapaiannya menjadi lulusan terbaik Akpol. Ialah Muhammad Idris, peraih Adhi Makayasa yang lulus dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3.54. Yang menarik, taruna asal Sumatera Barat itu berbeda dari ketiga rekannya.

Pasalnya, taruna kelahiran Solok Selatan, 8 Juli 1996 silam itu terlahir dari keluarga sederhana, di mana sang ayah, Dasrial hanyalah seorang petani yang merangkap menjadi guru ngaji. Kendati demikian, profesi sang ayah sebagai petani dan guru ngaji tak lantas menyurutkan semangat Idris untuk meraih cita-citanya menjadi polisi.

Buktinya, ia bahkan mendapat tiga penghargaan lain yakni Ati Tanggon Emas, Ati Trengginas Perak, dan Ati Tangkas Perak. Tak heran senyumnya terus menghiasi wajah tegasnya ketika menerima penghargaan tersebut.

Ketika ditanya mengenai perasaannya menjadi lulusan terbaik, M Idris mengaku bangga namun dengan tetap rendah hati.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rahasia kesuksesan M Idris

M Idris berhasil mengungguli 305 perwira Polri yang berjuang bersama dirinya selama mengenyam pendidikan. Baginya, penghargaan yang diberikan kepadanya merupakan sebuah amanah yang harus ia emban.

"Tentunya perasaan saya ketika menjadi yang terbaik di akademi kepolisian bangga, terharu senang dan menurut saya ini juga sebuah amanah agar bisa menjadi awal untuk lebih baik ke depannya," Ungkap M Idris seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (16/7/2019).

Perjuangan M Idris untuk bisa mendapatkan penghargaan tinggi tersebut juga tak luput dari kontribusi sang ayah. Di sela-sela kegiatannya bertani dan mengajarkan ilmu agama kepada murid-muridnya, Dasrial selalu selalu memberikan dukungan dan motivasi untuk Idris. Tak hanya itu, Ia juga mengingatkan putra kesayangannya untuk tak meninggalkan salat.

"Motivasi-motivasi beliau ketika Idris pesiar pun pada saat telepon beliau selalu bilang 'Tetap berdoa nak jangan tinggalkan ibadah'," Imbuh Idris.

Tak hanya berupa lisan, Dasrial bahkan rela membuatkan masakan khas Padang untuk Idris kala dirinya rindu dengan makanan tempat kelahirannya. Setiap pulang dari perantauan, Idris mengaku bahagia bisa menikmati makanan buatan sang ayah.

3 dari 3 halaman

Terinspirasi dari sosok sang ayah

Usut punya usut, cita-cita Idris menjadi polisi terinspirasi dari pengakuan sang ayah yang senang melihat orang berseragam. Karenanya, hati M Idris tergugah untuk membahagiakan serta membanggakan ayah tercintanya dengan mendaftarkan diri ke Akademi Kepolisian.

Saat masuk SMA, M Idris mengaku sempat berubah pikiran. Namun, tekadnya justru semakin kuat saat keluarganya meyakinkan dirinya bisa masuk Akpol. Tak hanya itu, rupanya Idris juga punya cita-cita lain yang ingin ia wujudkan semasa hidupnya.

M Idris mengungkapkan bahwa dirinya ingin mewujudkan keinginan sang ayah untuk bertemu secara langsung dengan Presiden Jokowi. Dengan apa yang terjadi hari ini, M Idris mengaku bersyukur ia bisa membuat angan-angan sang ayah menjadi nyata.

"Luar biasa dan salah satu cita-cita dari Idris adalah bagaimana caranya ayah bisa pergi ke Istana dan bersalaman dengan Presiden RI. Alhamdulillah tercapai," Pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini