Sukses

Kumpulan Kata Bijak Motivasi Islam Penuh Makna, Selalu Optimis dan Bersyukur

Liputan6.com, Jakarta Kata bijak motivasi Islam bisa menjadi salah satu cara untuk membangun semangat dalam menjalani rutinitas kehidupan sehari-hari. Memotivasi diri untuk selalu berpikir positif dan selalu optimis menjadikan hari-harimu lebih bermakna. 

Selain menjadi lebih optimis, melalui kata bijak motivasi Islam bisa membantu kamu untuk selalu ingat dengan sang pencipta, kalau Dia lah yang maha memberi segala kemudahan.

Banyak kata bijak motivasi Islam yang bisa kamu jadikan acuan untuk selalu optimis dalam menjalani kehidupan. Secara tidak langsung, melalui kata bijak motivasi Islam adalah cara sederhana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Kamu bisa menemukan kata bijak motivasi Islam dari berbagai sumber. Entah dari kutipan ayat suci, hadis, atau ungkapan para tokoh muslim yang sudah terkenal baik tentang agamanya.

Nah, berikut ini Liputan6.com, Rabu (17/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa kata bijak motivasi yang bisa kamu jadikan referensi untuk digunakan sebagai kunci untuk selalu optimis dalam menjalani hidup.

2 dari 5 halaman

Kata Bijak Motivasi Islam untuk Menghadapi Cobaan

1. "Allah selalu menjawab doamu dengan 3 cara. Pertama, langsung mengabulkannya. Kedua, menundanya. Ketiga, menggantinya dengan yang lebih baik untukmu."

2. "Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain." - Jalaludin Rumi

3. Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita. At Taubah 40

4. Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. QS Al Insyirah 5

5. "Ingatlah Allah saat hidup tak berjalan sesuai keinginanmu. Allah pasti punya jalan yang lebih baik untukmu."

3 dari 5 halaman

Kata Bijak Motivasi Islam tentang Kehidupan Penuh Makna

Bagaikan Garam Kehidupan

“Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan”. – Buya Hamka

Saat menjalani masa-mas akehidupan, kerap kali kita merasakan kesusahan. Di masa inilah beberapa orang kerap kali mengeluarkan air mata untuk mengekspresikan perasaan. Namun bagi sebagian orang lainnya, air mata yang jatuh bisa sekaligus mengurangi rasa sakit di hati.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang memiliki masalah yang menimbulkan perasaan menjadi sesak, tak ada salahnya untuk untuk menangis. Menangislah bila itu bisa membuatmu merasa lega. Selanjutnya, kamu bisa mengambil hikmah dari air mata yang terjatuh ini. Rasanya yang asin merupakan bukti bahwa duka merupakan garam dalam kehidupan.

Suka Menyalahkan

“Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam”. – Abu Hamid Al Ghazali

Kata bijak motivasi Islam tersebut memiliki makna bahwa di saat sedang mengalami kesusahan, kerap kali kita menyalahkan orang-orang di sekitarmu. Kamu menuduh mereka sebagai penyebab masalah tersebut muncul.

Bahkan seringkali kamu juga menyalahkan Allah karena telah memberimu ujian yang sangat berat. Padahal, bisa jadi kesusahan yang sedang kamu alami merupakan akibat dari kesalahanmu sendiri, hanya saja mungkin kamu tidak menyadarinya karena hatimu terselimuti ego yang tinggi.

4 dari 5 halaman

Kata Bijak Motivasi Islam tentang Kehidupan Penuh Makna

Jangan Menjelaskan tentang Dirimu

“Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapapun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu”. – Ali bin Abi Thalib

Kata bijak motivasi Islam ini memperlihatkan bahwa mustahil bahwa semua orang yang kita kenal selama hidup menyukai kita. Bahkan, orang dengan hati semulia Nabi Muhammad SAW pun saja ada yang tidak menyukai, apalagi kita yang memiliki banyak kekurangan.

Namun, ada kalanya mereka membenci bukan karena kekurangan yang kita miliki, melainkan karena merasa iri dan dengki. Nah, bila hal ini terjadi, maka perilaku baikmu akan terasa salah di mata mereka. Oleh karenanya, teruslah berbuat baik tanpa harus memedulikan komentar orang lain.

Keluarga Sakinah

“Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah”. – Abdullah Gymnastiar

Buat kamu yang sudah berumah tangga, selalu ada saja batu-batu sandungan yang hadir dalam perjalanan membina rumah tangga bersama pasangan. Bila kamu sedang dalam masa seperti ini, maka kata bijak motivasi Islam dari Aa Gym ini mungkin bisa menenangkan hatimu.

Pasalnya tidaklah mungkin bahtera rumah tangga bisa berlayar tanpa terserang badai. Yang harus kamu lakukan disini ketika hal itu terjadi adalah menghadapinya dengan sabar bersama pasangan dan berusaha mengambil hikmah dari adanya cobaan tersebut.

Ibaratkan Bayangan

“Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kamu berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kamu membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.” – Ibnu Qayyim Al Jauziyyah

Melalui kata bijak motivasi Islam ini, menyampaikan bahwa kelebihan harta tak bisa dipungkiri merupakan suatu hal yang teramat menarik bagi manusia. Untuk mendapatkan harta yang banyak, tak jarang orang-orang bekerja terlalu keras hingga melupakan ibadah.

Padahal seperti kata bijak motivasi Islam di atas, asalkan kerja yang kamu lakukan tulus dan tanpa meninggalkan ibadah, maka dunialah yang akan mengikutimu. Sama halnya seperti bayangan yang mengikuti di belakang kemana pun kamu pergi.

5 dari 5 halaman

Kata Bijak Motivasi Islam Agar Terus Bersyukur

1. "Jangan pernah menyerah ketika doa doamu belum terjawab karena untuk orang-orang yang bersabar, Allah SWT bahkan akan memberikan yang lebih."

2. "Saat masalahmu jadi terlalu berat untuk ditangani, beristirahatlah dan hitung berkah yang sudah kau dapatkan."

3. "Allah tahu apa yang terbaik buat kamu dan kapan waktu yang tepat untuk kamu memilikinya."

4. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak." - HR. Ahmad

5. “Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.” – Ali bin Husein