Sukses

Cara Menggambar Batik untuk Pemula, Mudah dan Simpel

Liputan6.com, Jakarta Cara menggambar batik bisa cukup rumit bagi pemula. Batik merupakan wujud kekayaan budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Menggunakan batik menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi orang Indonesia.

Batik adalah kain bercorak yang dibuat dari torehan lilin pada kain dan diproses sedemikian rupa hingga membentuk kain dengan motif khas. Cara menggambar batik biasanya dimulai dari menggambar pola dan motif terlebih dahulu.

Ragam corak dan warna batik dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari daerah asal, latar belakang budaya, hingga untuk siapa batik diperuntukkan. Corak batik pastinya memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi budaya Indonesia yang terus dilestarikan.

Biasanya cara menggambar batik sudah diajarkan pada anak di masa sekolah. Cara menggambar batik ini dimulai dari motif-motif sederhana yang mudah untuk digambar. Dengan mengajarkan cara menggambar batik pada anak, secara tidak langsung, anak akan mengenal dan mencintai budayanya.

Dengan motif sederhana, cara menggambar batik bisa menjadi lebih mudah. Berikut cara menggambar batik yang berhasil dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (17/7/2019).

2 dari 4 halaman

Mengenal Motif Batik

Ada ribuan motif batik yang tersebar di seluruh Indonesia. Ragam motif batik ini diklasifikasikan menjadi 7 kelompok yaitu:

Motif Batik Parang

Motif batik parang memiliki nilai filofosi yang tinggi berupa petuah agar tidak pernah menyerah sebagaimana ombak laut yang tak pernah berhenti bergerak. Batik Parang pun menggambarkan jalinan yang tidak pernah putus, baik dalam arti upaya untuk memperbaiki diri, upaya memperjuangkan kesejahteraan, maupun bentuk pertalian keluarga.

Batik parang di masa lalu merupakan hadiah dari bangsawan kepada anak-anaknya. Contoh dari ragam batik parang antara lain adalah Parang Klitik dan Parang Rusak.

Motif Batik Geometri

Motif Batik Geometris adalah motif-motif batik yang ornamennya merupakan susunan geometris. Ciri ragam hias motif batik geometris ini adalah motif tersebut mudah dibagi-bagi menjadi bagian-bagian yang disebut satu “raport”. Contohnya Gambir Saketi, Limaran, Sriwedari, dan Tirta Reja.

Motif Batik Banji

motif ini memiliki makna keteraturan dalam kehidupan atau kunci perhiasan yang terkunci rapat, contohnya Banji Bengkok.

Motif Batik Tumbuh-tumbuhan Melanjar

Motif ini memiliki makna bahwa kesinambungan antara manusia dan alam yang indah dan harmonis, contohnya Cokrak-cakrik, Luwung Klewer, Semen Yogya.

Motif Batik Tumbuh-tumbuhan air

Motif ini menggambarkan peran tumbuhan air dalam kehidupan manusia, contohnya: Ganggong, Ganggong Sari.

Motif Batik Bunga

Motif bunga dan daun secara sederhana berartikan suatu keindahan, kecantikan, dan kebahagiaan. Motif yang sederhana seperti dedaunan. Motif ini dapat berarti sebagai wahyu Tuhan untuk menggapai suatu cita-cita. Seperti kenaikan pangkat, penghargaan, kehidupan yang baik, dan rizki yang berlimpah. Contohnya Kembang Kenikir, Truntum.

Motif Batik Satwa dalam kehidupannya

Ragam hias fauna merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu. Hewan pada umumnya telah mengalami perubahan bentuk atau gaya. Figur-figur binatang yang ada pada batik memiliki makna yang dalam dan berbeda-beda, misalnya figur burung yang menggambarkan suatu kebebasan, figur gajah yang memiliki arti kekuatan yang besar, dan lain sebagainya.

Beberapa hewan yang biasa dipakai sebagai objek ragam hias adalah kupu-kupu, burung, kadal, gajah, dan ikan. Ragam hias motif fauna telah mengalami deformasi namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Contohnya Gringsing dan Sido Mukti.

3 dari 4 halaman

Cara Menggambar Batik

Siapkan bahan dan media

Untuk menggambar batik, yang pertama harus disiapkan adalah bahan dan media untuk menggambar. Kamu bisa menggunakan media apapun seperti kertas, kanvas, atau langsung pada kain. Alat yang digunakan juga disesuaikan dengan media untuk menggambar.

Siapkan pensil, penghapus, dan penggaris untuk menggambar pola dan motif. Untuk pewarna kamu bisa menggunakan pensil warna, cat air, akrilik atau lainnya. Siapkan pula motif yang akan kamu gambar.

Buat garis bantu

Garis bantu berguna agar pola atau motif yang kamu gambar lebih rapi dan selaras. Buat garis bantu berupa garis horizontal, vertikal, dan miring.

4 dari 4 halaman

Cara Menggambar Batik

Gambar pola batik

Setelah membuat garis bantu, saatnya kamu menggambar pola batik yang kamu inginkan. Salah satu motif batik sederhana yang mudah digambarkan adalah motif batik kawung.

Cukup dengan menggambar lengkungan pada garis bantu yang telah dibuat sebelumnya, menambahkan elemen seperti titik atau lingkaran, maka motif batik kawung selesai dibuat. Tak cuma batik kawung, motif batik parang, mega mendung, tumbuhan, dan satwa juga mudah untuk digambarkan.

Mewarnai

Setelah selesai menggambar pola batik, kamu bisa mewarnainya dengan pewarna yang telah disiapkan. Untuk pola batik kawung dan parang, gunakan perpaduan warna cokelat dan hitam yang khas.

Batik mega mendung biasanya identik dengan warna biru atau warna-warna cerah. Untuk pola batik tumbuhan, atau satwa kamu bisa berkreasi dengan lebih banyak warna.