Sukses

5 Situs Pembuat Poster Secara Online, Gratis dan Praktis

Liputan6.com, Jakarta Apakah kamu sedang merintis bisnis atau terlibat dalam sebuah acara yang memerlukan media promosi? Poster atau selebaran adalah satu cara terbaik untuk memperkenalkan tujuanmu. Poster kini tersedia dalam berbagai bentuk.

Tak cuma dicetak, poster dapat dengan mudah disebar ke berbagai lini jejaring sosial. Poster yang menarik dan informatif mampu menyambaikan pesan pada khalayak. Jika kamu berpikir untuk membuat poster, kamu mungkin akan bertanya-tanya apa yang harus dilakukan.

Dibutuhkan tangan profesional untuk mendapatkan poster yang menarik. Untuk meminta bantuan desainer biasanya diperlukan dana lebih untuk jasanya. Namun, kini kamu patut bersyukur karena sudah banyak cara membuat poster gratis yang tetap menarik perhatian.

Kamu bisa membuatnya sendiri di mana saja. Tak perlu khawatir tak punya skil desain. Kini sudah banyak situs online yang bisa kamu gunakan untuk membuat poster secara online. Tersedia ratusan template dan font yang bebas kamu pilih. Beberapa hanya akan memintamu untuk melakukan registrasi dengan email atau Facebook.

Dilansir Liputan6.com dari Guiding Tech, berikut 5 situs yang bisa membantumu membuat poster sendiri dengan praktis dan mudah, Rabu (17/7/2019).

2 dari 6 halaman

Canva

Canva menjadi situs web desain grafis paling populer di luar sana yang juga bisa membantumu membuat poster. Secara default, ukuran poster atau flyer yang disediakan situs ini adalah A4. Jika kamu ingin poster dengan ukuran lain, pilih template yang berbeda atau masukkan ukuran khusus.

Kamu akan menemukan berbagai kategori poster disini seperti acara, real estat, bisnis, promosi, olahraga, dan banyak lagi. Hal yang baik tentang Canva adalah kamu dapat menyesuaikan segala sesuatu pada template yang ada. Baik itu gambar, teks, warna, dan grafik lainnya. Meskipun menawarkan banyak gambar dan grafik gratis, kamu juga dapat menambahkan foto dan teks khusus.

Kamu bisa menyimpan hasil desainmu dalam berbagai format seperti PDF, JPG, dan PNG. Situs web ini gratis untuk digunakan dengan mendaftarkan emailmu.

Kelebihan:

- Tersedia template gratis

- Tersedia layanan pencetakan

- Tidak ada tanda air

- Hasil desain tersimpan otomatis

Kekurangan:

- Perlu login dengan email atau sosial media

3 dari 6 halaman

Crello

Berikutnya adalah Crello, yang menawarkan fitur serupa. Kamu dapat memodifikasi teks-gaya, font, dan warnanya. Kamu juga bahkan dapat mengubah gambar dan menambahkan efek ke sana.

Mirip dengan Canva, situs web ini bebas digunakan dengan konten berbayar tambahan. Namun, ia juga memiliki banyak konten gratis, seperti foto, stiker, ikon, bingkai, dan lainnya.

Secara default, ukuran template poster yang disediakan adalah 5x7 inci. Setelah membuatnya, kamu dapat mengubah ukurannya kapan saja. Menggunakan situs ini juga sangat mudah.

Kamu bisa menggunakan metode seret dan letakkan untuk menambahkan elemen. Jika kamu menyukai stiker atau ikon baru, cukup seret ke templatemu.

Kelebihan:

- Tidak ada tanda air

- Hasil desain tersimpan otomatis

Kekurangan:

- Perlu login dengan email atau sosial media

4 dari 6 halaman

Piktochart

Dengan ukuran default A4, Piktochart mengubah ukuran konten menjadi ukuran letter juga. Jika ada yang tidak sesuai dengan preferensimu, kamu dapat mengatur dimensi khusus juga. Konten akan diubah ukurannya secara otomatis.

Mirip dengan dua situs lainnya, kamu dapat menyesuaikan semuanya. Baik itu teks, warna, atau gambar.

Piktochart menawarkan gambar-gambar gratis juga. Hal yang menarik perhatian adalah skema warna. kamu dapat mengubah skema warna keseluruhan hanya dengan satu klik. Kekurangan dari situs ini kamu hanya bisa menyimpan hasil desainmu secara gratis dalam format PNG.

Kelebihan:

- Adanya Skema warna

- Mudah diubah ukurannya

Kekurangan:

- Perlu login dengan email atau sosial media

- Desain tidak tersimpan otomatis

- Format penyimpanan terbatas

5 dari 6 halaman

Poster My Wall

Seperti situs desain sebelumnya, Poster My Wall menawarkan ukuran standar (8,5x11-inci), tetapi kamu tetap dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Selain menyediakan foto stok, situs web ini juga memungkinkan kamu menambahkan foto dari Facebook, Google Drive, dan Dropbox.

Yang menarik adalah bahwa situs ini menunjukkan submenu dengan setiap opsi. Ini membuatmu mudah untuk memutuskan suatu tindakan tanpa membingungkan. Menariknya lagi, kamu tidak perlu login untuk membuat poster. Namun, itu menambahkan tanda air kecil ke postermu.

Kelebihan:

- Tidak perlu mendaftar

- Antarmuka yang ramah pengguna

Kekurangan:

- Ada tanda air

- Tidak ada pilihan format gambar

6 dari 6 halaman

Fotojet

Meskipun koleksi yang ditawarkan oleh Fotojet kurang dari yang lain, ia melakukan tugasnya dengan sangat baik. Kamu bisa memilih template dan mulai mengeditnya sesuai kebutuhanmu.

Terlepas dari stok gambar, kamu dapat menyisipkan foto dari Facebook dan mengunggah fotomu sendiri. Kamu juga dapat menyesuaikan template. Situs ini memungkinkanmu menambahkan clipart, latar belakang, dan teks.

Sementara ukuran standar poster adalah huruf (8,5 x 11 inci), tidak ada cara untuk mengubah ukurannya. Kamu harus mulai dari awal untuk mengubah ukuran. Untungnya, kamu bisa mengunduh poster dalam format JPG dan PNG.

Kelebihan:

- Tidak perlu login

- Tidak ada tanda air

Kekurangan:

- Iklan di antarmuka

- Template terbatas