Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah, Ampuh Atasi Masalah Kulit

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak zaitun untuk wajah bisa kamu rasakan jika menggunakannya secara teratur teratur. Ya, minyak zaitun dipercaya mampu memberikan beraneka macam manfaat dikarenakan banyak mengandung senyawa baik untuk kecantikan. Misalnya saja seperti vitamin E, K, lemak, phenolic, dan zat besi. 

Selain senyawa tersebut, minyak zaitun juga merupakan sumber polifenol yang baik. Polifenol merupakan senyawa yang secara akami terkandung dalam tanaman yang fungsinya mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Maka tak heran kalau minyak zaitun memiliki segudang manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Buat kamu yang belum pernah mencoba minyak zaitun untuk dijadikan ke dalam daftar perawatan kecantikan, mulai kini kamu bisa mencobanya. Pasalnya ada banyak sekali manfaat minyak zaitun untuk wajah yang bisa kamu rasakan.

Berikut ini Liputan6.com, Kamis (18/7/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa manfaat minyak zaitun untuk wajah.

2 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Zaitun: Sebagi Pembersih Wajah Alami dan Melembapkan

Pembersih Wajah Alami 

Pertama, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk menghapus riasan makeup atau hanya sebatas membersihkan wajah. Menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah, kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah yang sangat melimpah.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan makeup atau hanya sebatas membersihkan wajah. Cara menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah adalah dengan mengoleskan dan memijatnya lembut. Setelah itu bilas dengan handuk yang direndam air hangat. Bila tak menemukan minyak zaitun murni, kamu bisa menggunakan sabun wajah yang mengandung ekstrak zaitun.

Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya adalah bisa melembapkan kulit wajah. Adanya kandungan antioksidan dan vitamin E yang ada di dalam minyak zaitun mampu bekerja agar kelembapan kulit tetap terjaga. Menjaga kulit agar tetap lembap merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Pasalnya, kulit yang lembap merupakan ciri kulit sehat dan lebih terhindar dari berbagai masalah kulit lainnya. Apabila kelembapan kulit kamu terjaga, maka penyerapan bahan perawatan kulit wajah kamu akan lebih mudah.

Kamu bisa menggunakan minyak zaitun dengan mengoleskannya ke seluruh wajah. Kamu bisa melakukannya sesering mungkin.

3 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Zaitun: Menghilangkan Kutil hingga Mengencangkan Kulit

Menghilangkan Kutil di Wajah

Kutil merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam sel kulit dan menyebabkan iritasi dan menimbulkan rasa gatal. Bila digarauk, biasanya iritasi akan semakin parah dan malah makin sakit. Nah, untuk menghilangkan kutil yang ada di wajah ini, kamu bisa menggunakan minyak zaitun.

Kamu bisa merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan mengoleskan langsung minyak zaitun pada bagian kutil dan diamkan beberapa menit. Lakukan cara ini sehari tiga kali, yaitu pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu.

Mengencangkan Kulit Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah lainnya yang bisa kamu rasakan adalah bisa mengencangkan kulit wajah. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan zat linoleic acid yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, agar tidak timbul keriput di usia dini.

Minyak zaitun juga mengandung banyak antioksidan tinggi yang disebut polifenol. Zat ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan.

Untuk mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah ini, kamu bisa menggunakannya sebagai masker. Kamu perlu mencampurkan minyak zaitun dan madu lalu, setelah itu gunakan sebagai masker hingga mengering. Lakukan pijatan sebentar, lalu cuci muka dengan air hangat.

4 dari 5 halaman

Manfaat Minyak Zaitun: Mengecilkan Pori-pori Wajah

Mengecilkan Pori-pori Wajah

Memiliki pori-pori besar di area wajah merupakan salah satu masalah kulit yang banyak tidak disukai. Tak hanya mengganggu penampilan, pori-pori yang besar juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya berbagai masalah kulit wajah lainnya. Melalui pori-pori yang besar, berbagai macam partikel kecil bisa masuk dan dapat menimbulkan banyak minyak dan komedo.

Nah, untuk mengecilkannya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Kamu bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk wajah dengan mengoleskannya di area-area tertentu yang mengalami masalah pori-pori besar dan berminyak.

5 dari 5 halaman

Kondisi yang Tidak Disarankan Menggunakan Minyak Zaitun

Memiliki beragam manfaat minyak zaitun untuk wajah, namun kamu tak bisa sembarangan dalam menggunakannya. Ada beberapa kondisi kulit wajah tertentu yang tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak zaitun. Berikut ini ada beberapa kondisi yang tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak zaitun di wajah untuk alasan keamanan:

- Kulit yang sensitif tidak dianjurkan untuk menggunakan minyak zaitun karena berpotensi menimbulkan iritasi atau reaksi alergi.

- Penggunaan minyak zaitun untuk kulit wajah berminyak juga perlu dibatasi.

- Bila kamu mengalami peradanagn akibat dermatitis atau kondisi sejenis, sebaiknya menghindari penggunaan minyak zaitun karena dapat memperburuk kondisi kulit.

Kamu juga bisa melakukan tes alergi sebelum menggunakan minyak zaitun. Hal ini perlu dilakukan agar kamu dapat merasakan manfaat minyak zaitun untuk wajah secara optimal. Caranya, coba gosok beberapa tetes minyak zaitun di tangan, amati perbahan atau sensitivitas kulit setelahnya.

Apabila dalam kurun waktu 24-48 jam tidak ada reaksi, maka penggunaan minyak zaitun aman digunakan. Namun, apabila ada reaksi seperti kulit menjadi merah atau gatal, sebaiknya jangan menggunakan minyak zaitun di wajah.

 

Loading