Sukses

4 Fakta Pernikahan Sultan Muhammad V dan Miss Moscow, di Ambang Perceraian

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan diam-diam yang dilakukan oleh Sultan Muhammad V dengan ratu kecantikan Rusia Oksana Voevodina telah membuat publik terkejut. Namun, baru baru ini pasangan Sultan Muhammad V dengan Oksana Voevodina ini kembali disorot dunia karena dikabarkan telah bercerai. 

Pernikahan yang menghebohkan dunia ini dikabarkan tengah berada di ujung tanduk. Pasangan yang sempat jadi perbincangan hangat ini diberitakan telah bercerai. rumor perceraian ini mulai berkembang usai surat perceraian keduanya menyebar di media sosial.

Surat tersebut menyebutkan bahwa Sultan Kelantan Muhammad V telah mentalaq tiga, Rihana Oksana Voevodina, sang istri yang baru saja melahirkan anak pertama mereka. Dilansir dari Kapanlagi.com pasangan kerajaan Malaysia ini melakukan proses perceraian di Syariah Court of Singapore.

Berkas-berkas tersebut kabarnya telah diajukan pada 22 Juni lalu dan selesai diproses pada 1 Juli 2019. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber 4 fakta pernikahan Sultan Muhammad V dan Miss Moscow yang diambang perceraian, Kamis (18/7/2019).

2 dari 5 halaman

1. Menikah dengan Miss Moscow Oksana Voevodina tahun 2018

Terlahir sebagai Tengku Muhammad Faris Petra ibni Tengku Ismail Petra pada 1969, Sultan Muhammad V diangkat menjadi putra mahkota Kerajaan Kelantan pada usia 10 tahun.

Pada 2010, penyuka olahraga ekstrem tersebut menggantikan sang ayah yang mengalami disabilitas setelah menderita stroke pada bulan Mei tahun sebelumnya.

Ia telah bercerai dengan istri pertamanya Kangsadal Pipitpakdee, bangsawan dari Kerajaan Yamu di Thailand Selatan.  Pada November 2018, ia mengambil cuti dua bulan dengan alasan "menjalani perawatan". Namun, laporan pernikahannya dengan Miss Moscow 2015 Oksana Voevodina, 25, mulai menyebar di media sosial di Malaysia.

3 dari 5 halaman

2. Menggelar pernikahan mewah dan Oksana Voevodina masuk Islam

Sebelum menikah dengan Raja Malaysia, ia bekerja sebagai model di China dan Thailand, serta sempat berpartisipasi dalam sebuah reality show televisi. Pasangan yang berbeda umur 23 tahun tahun ini mengadakan pernikahan dengan nuansa yang mewah. Laporan media Inggris menyebut, acara pernikahan berlangsung mewah, tanpa alkohol dan semua makanan yang disajikan halal.

Mempelai perempuan dilaporkan memeluk Islam sebelum menikahi Sultan Muhammad V. Ia kemudian menggunggah fotonya, mengenakan jilbab, di samping suami yang baru dinikahinya. Setelah jadi mualaf Oksana Voevodina punya nama baru: Rihana.

4 dari 5 halaman

3. Turun tahta demi cinta

Terhitung sejak Minggu, 6 Januari 2019, Sultan Muhammad V resmi turun takhta sebagai Yang Dipertuan Agong. Spekulasi soal sebab mundurnya Sultan Muhammad V pun ramai diperbincangan, mengingat, sebagaimana kejadian ini kali pertama terjadi sepanjang sejarah pemerintah Malaysia. Sultan Muhammad V menjadi Raja Malaysia sekitar 2 tahun 30 hari.

Sebelumnya, tidak ada raja Malaysia yang memutuskan mundur dini sejak negara itu memperoleh kemerdekaan dari Inggris, lebih dari 60 tahun lalu. Turunnya Sultan Muhammad V sebagai Raja Malaysia disinyalir berkaitan dengan kehidupan pribadinya yang sempat kontroversial beberapa waktu lalu. Dia menikahi seorang ratu kecantikan asal Rusia, Oksana Voevodina.

5 dari 5 halaman

4. Bercerai saat lahir anak pertama

Sebelumnya, kabar perceraian Sultan Kelantan Muhammad V dan Oksana juga sempat tersebar pada Januari lalu. Namun, rumor ini dengan cepat dibantah dan berlalu begitu saja. Pihak Oksana yang diwakili sang ayah dan direktur Miss Moscow menampik kabar keretakan hubungan keduanya.

Dilansir dari Astro Awani, Selasa (16/7/2019), sebuah dokumen perceraian yang menunjukkan atas nama perempuan Rusia, Rihana Oksana Gorbatenko telah sah diceraikan talak tiga.

Dokumen perceraian diyakini telah diajukan pada 22 Juni 2019 lalu di Singapura. Permohonan perceraian baru disahkan oleh Pengadilan Syariah pada 1 Juli 2019. Percerain ini terjadi saat sang istri yang baru saja melahirkan anak pertama mereka.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Tempat Wisata di Jakarta Barat, Banyak Peninggalan Sejarah
Artikel Selanjutnya
8 Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Liburan Keluarga