Sukses

Begini Cara Mudah Deteksi Aroma Tubuh dan Napas yang Tidak Sedap

Liputan6.com, Jakarta Aroma tubuh dan napas yang tak sedap tentu mengganggu kenyamanan diri dan orang-orang di sekitarmu. Tidak hanya mengurangi rasa kepercayaan diri, orang lain juga akan menghindari kamu karena adanya aroma yang tidak sedap dari tubuhmu.

Ada berbagai macam faktor penyebab yang membuat aroma tubuh dan napas kamu menjadi tidak sedap. Misalnya saja karena stres, pengaruh makanan dan minuman, pengaruh obat-obatan, dan lain sebagainya.

Nah, untuk mengenali apakah kamu memiliki aroma tubuh dan napas yang tidak sedap ini cukup sulit. Ya, cukup sulit mendeteksi sendiri apakah kamu memiliki aroma tubuh dan napas yang tidak sedap. Tenang, sebelum orang lain yang memberitahu kondisimu ini, kini kamu bisa mendeteksi sendiri bagaimana kondisi aroma tubuh dan napas kamu.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara untuk mendeteksi sendiri aroma tubuh dan napas yang tidak sedap, Kamis (18/7/2019).

2 dari 6 halaman

Cium Bau Pakaian yang Dikenakan

Cara mengetahui kalau aroma tubuh kita tidak sedap pertama adalah dengan mencium pakaian yang dikenakan. Cara melakukannya adalah dengan melepaskan pakaian yang kamu kenakan. Kemudian tinggalkan sejenak pakaian tersebut di suatu tempat.

Setelah didiamkan beberapa saat, kamu bisa mengecek baunya dengan mencium pakaian yang telah kamu kenakan tersebut terutama di area badan yang memiliki lipatan dan berkeringat.

Apabila ada bau tidak sedap pada bagian pakaian tersebut, itu tandanya kamu memang memiliki masalah bau badan yang cukup parah. Bau badan ini bisa meresap ke bahan pakaian yang memiliki serat sintetis yang tidak menyerap keringat.

3 dari 6 halaman

Cek Aroma Napas

Selain mengecek aroma tubuh, kamu juga bisa mengecek aroma napas. Kamu juga bisa mengetahui apakah kamu mengalami bau napas yang tidak sedap dengan menggunakan napasmu sendiri.

Kamu bisa melakukannya dengan cara menungkapkan telapak tangan di depan mulut dan hembuskan napas. Apabila bau yang tercium kurang sedap, itu tandanya kamu perlu rajin lagi membersihkan gigi dan lidahmu.

Kamu perlu untuk lebih rajin membersihkan sela-sela gigi dengan benang, berkumur dengan cairan penyegar, juga membersihkan lidah secara rutin.

4 dari 6 halaman

Cek dengan Menjilat Tangan

Cara lain untuk mengetahui apakah kamu memiliki aroma napas yang kurang sedap adalah dengan menjilat tangan. Kamu bisa menjilat pergelangan tangan, kemudian tunggu sekitar 10 detik. Apabila kamu mencium area yang dijilat berbau, itu menandakan bau napas kamu.

Pada dasarnya, bagian tubuh yang memiliki lipatan seperti jari kaki, ketiak, bawah payudara, dan lain sebagainya menjadi sumber bau apabila bakteri memiliki kesempatan untuk berkembang biak di sana.

Nah, untuk mencegah timbulnya aroma yang tidak sedap pada area tersebut, kamu bisa selalu menjaga kebersihan dan memastikan area tersebut tetap kering.

5 dari 6 halaman

Bertanya dengan Orang yang Dipercaya

Bila beberapa cara di atas sudah kamu lakukan untuk mengenali apakah kamu memiliki aroma tubuh dan napas yang tidak sedap, selanjutnya kamu bisa lebih memastikannya lagi dengan menanyakan kondisimu ke orang terdekat yang kamu percaya. Kepada teman atau sanak saudara terdekat, kamu bisa memintanya untuk memberikan pendapat dengan sejujurnya tentang kondisi mu ini.

6 dari 6 halaman

Amati Konsumsi Makanan

Banyak faktor yang menyebabkan tubuh dan napas kamu menjadi tidak sedap, salah satunya adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang bisa memicu munculnya bau pada badan dan mulut. Beberapa makanan yang mampu menimbulkan bau pada tubuh dan napas ini seperti bawang putih, kari, bawang bombai, bir, makanan dengan bumbu kuat, dan lain sebagainya.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau dari makanan ini adalah dengan mengonsumsi peterseli dengan mengunyahnya, permen mentol, atau berkumur dengan cairan penyegar.