Sukses

6 Tempat Wisata di Bangka dengan Alamnya yang Memukau, Mulai Danau hingga Pantai

Liputan6.com, Jakarta Bangka merupakan salah satu pulau terluas di Provinsi Bangka Belitung. Pulau ini memiliki kota yang berpusat di Pangkal Pinang dan merupakan ibukota provinsi. Keindahan tempat wisata di Bangka terletak pada pesona wisata baharinya yang selalu membuat pengunjungnya berdecak kagum.

Nah, apabila kamu memiliki rencana liburan ke pulau Bangka, pulau ini menawarkan cukup banyak destinasi wisata pilihan yang bisa dikunjungi. Pulau ini memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bernuansa air seperti danau dan pantai.

Buat kamu yang berencana menghabiskan waktu libur di Pulau Bangka, berikut ini Liputan6.com, Kamis (18/7/2019) telah merangkum beberapa tempat wisata di Bangka yang bisa kamu jadikan referensi untuk dikunjungi.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bangka dengan Danau yang Memukau

Danau Kaolin

Tempat wisata di Bangka pertama yang wajib banget kamu kunjungi adalah Danau Kaolin. Danau Kaolin bisa dibilang adalah danau paling terkenal di Bangka. Danau Kaolin tercipta akibat penggalian tambang timah. Nah, setelah kandungan timahnya habis, danau ini merefleksikan warna langit biru yang sangat indah.

Selain danau yang berwarna biru, ada juga danau berwarna hijau yang menambah daya tarik Danau Kaolin Air Bara ini. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam di Danau Kaolin ini adalah saat sore hari. Kamu bisa menunggu matahari terbenam sambil berswafoto untuk menikmati pemandangan yang memukau.

Danau Kaolin ini terletak di Desa Nibung, Kabupaten Bangka Selatan. Berjarak 50 km dari Pangkalpinang dan memerlukan waktu kira-kira satu jam. Tempat wisata di Bangka ini sangat mudah sekali untuk dikunjungi. Beberapa meter sebelum masuk pemukiman Desa Air Bara, beloklah ke barat pada perempatan Simpang Bemban.

Bekas Penambangan Timah Aek Ketok

Tempat wisata di Bangka bekas tambang timah lainnya yang tak kalah memesona dari Danau Kaolin adalah bekas penambangan timah Aek Ketok. Kalau Danau Kaolin memiliki dinding berwarna putih, berbeda dengan Aek Ketok yang memiliki dinding berwarna agak kemerahan.

Tempat wisata yang terletak di Kecamatan Muntok ini memiliki genangan air yang berwarna biru. Genangan air ini berasal dari air hujan yang tertampung oleh ceruk bekas pertambangan.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata di Bangka dengan Indahnya Pepohonan Hijau

Bangka Botanical Garden (BBC)

Di tengah lingkungan Bangka yang banyak meninggalkan bekas penggalian timah, tentu memberikan luka tersendiri terhadap lingkungan alam di sekitarnya. Nah, dengan adanya Bangka Botanical Garden (BBC), seolah menjadi penyejuk di tengah kerusakan lingkungan akibat galian tambang timah.

Terletak di daerah Ketapang, Kecamatan Air Itam, Kota Pangkal Pinang, BBC ini memiliki luas lahan yang cukup besar, yaitu 300 hektar. BBG menjadi salah satu ikon agrowisata di Pulau Bangka yang wajib dikunjungi. Pasalnya, di sini kamu bisa menikmati hutan pinus yang cantik di tengah panasnya Bangka.

Wisata Mangrove Munjang Kurau Barat

Selain BBC, di Bangka juga terdapat tempat wisata yang menawarkan nuansa hijau alami dari pohon bakau. Nama tempat wisata di Bangka ini adalah Mangrove Munjang Kurau Barat. Karena Bangka merupakan salah satu pulau yang rentan mengalami abrasi, maka kawasan mangrove ini sangat diandalkan untuk mencegah abrasi sehingga tidak mengikis wilayah pantai.

Tak hanya dijadikan kawasan konservasi, di Munjang Kurau Barat ini kamu bisa melakukan berbagai macam aktivitas yang seru. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah meniti jembatan gantung saat menyeberang ke salah satu sungai di kawasan Mangrove ini.

Bila kamu ingin melihat hutan mangrove dari jarak yang dekat, kamu bisa mengelilingi area hutan dengan menyewa perahu. Selama perjalanan dengan menggunakan perahu ini, kamu akan menjumpai beberapa satwa eksotis yang unik seperti ular, burung, dan berbagai jenis air ikan tawar.

4 dari 4 halaman

Indahnya Pesona Pantai di Bangka

Pantai Matras

Tempat wisata di Bangka berupa pantai yang sangat direkomendasikan adalah Pantai Matras. Pantai yang terletak di Kecamatan Sungai Liat ini berjarak sekitar 33 kilometer dari Pangkal Pinang. Matras merupakan pantai terpanjang yang ada di Bangka. Jadi saat kamu ke sini, kamu bakal disajikan pemandangan kea rah lautan seakan luas tak terbatas.

Untuk menuju ke pantai ini, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit dari Pangkal Pinang dengan kendaraan pribadi. Di pantai ini kamu bisa menikmati air laut yang biru, jernih, dan menawan. Selain itu, pasir pantai yang halus serta megahnya batu granit yang ada di sepanjang bibir pantai menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.

Pantai Dinding Batu Belinyu

Tempat wisata di Bangka dengan nuansa alamnya yang memukau bisa kamu nikmati di Pantai Dinding Batu Belinyu. Pantai yang terletak di Kecamatan Belinyu ini wajib banget kamu kunjungi karena kamu bisa menjumpai batu granit yang sangat besar dengan tegaknya. Batu di pantai ini memiliki ukuran yang bikin terkesima yaitu 20x15 meter dengan ketebalan sekitar 5 meter.

Di bagian depan batu dinding, kamu akan menjumpai batu paru yang dimana memang batu ini mirip dengan ikan pari. Selain itu ada juga batu kodok yang terletak di sisi samping batu dinding.

Loading
Artikel Selanjutnya
Paket Wisata Bangka Belitung, dari Pantai hingga Danau yang Memesona