Sukses

8 Wisata Labuan Bajo yang Sangat Menawan, Bagaikan Paket Lengkap Liburan

Liputan6.com, Jakarta Wisata Labuan Bajo tentunya sudah tidak diragukan lagi keindahannya. Ibu kota dari Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ini terletak tepatnya di ujung barat Pulau Flores. Ketenarannya bahkan sudah merebak sampai ke luar negeri.

Labuan Bajo seakan menyediakan paket wisata yang sangat lengkap dengan berbagai destinasinya. Mulai dari pantai yang sangat unik, hingga pemandangan perbukitan yang tidak ada duanya di wilayah manapun.

Wisata Labuan Bajo sudah menjadi ikon tersendiri bagi wisata Indonesia. Tentunya daya tarik utama wisata Labuan Bajo adalah gugusan pulaunya. Semua pulau yang berada di sekitar Labuan Bajo ini memiliki keunikan tersendiri dan harus kamu kunjungi.  

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/7/2019) tentang wisata Labuan Bajo

2 dari 5 halaman

Pulau Padar dan Manta Point

Pulau Padar

Wisata Labuan Bajo pertama yang wajib dikunjungi adalah Pulau Padar. Pemandangan yang begitu indah dan eksotik membuat tempat ini menjadi salah satu primadona wisata Labuan Bajo. Perbukitan yang dikelilingi laut biru yang sangat cantik ini biasanya dijadikan tempat untuk menikmati matahari terbit oleh banyak wisatawan.

Hal ini tentunya bukan tanpa sebab, perpaduan indahnya pemandangan perbukitan, gradasi air laut serta suara deburan ombak, dan cahaya lembut matahari membuat siapa saja akan terpana. Pulau tak berpenghuni ini juga sudah dilengkapi dengan tangga yang bisa digunakan para wisatawan untuk mencapai ke puncak bukit. Bahkan kamu juga bisa melakukan snorkeling atau diving di Pulau Padar ini.

Manta point di Pulau Gusung

Selain terkenal dengan wisata pulau-pulau, Labuan Bajo juga tidak kalah terkenal sebagai tempat yang sangat tepat untuk snorkeling. Maka dari itu, wisata Labuan Bajo selanjutnya adalah Manta Point di Pulau Gusung.

Letak Manta point berada di tengah-tengah lautan yang merupakan spot paling tepat untuk melihat ikan pari manta. Kamu bisa merasakan pengalaman tak terlupakan yaitu melihat manta lebih dekat di lautan bebas jika beruntung.

Jika ingin melihat manta lebih jelas, pastikan kamu datang saat pagi atau siang hari. Pasalnya, arus lebih tenang dan manta juga biasanya lebih dekat ke permukaan air. Dengan begitu kamu bisa turun dari sekoci dan foto bersama hewan laut yang tidak berbahaya tersebut.

3 dari 5 halaman

Pulau Rinca dan Pantai Pink

Pulau Rinca

Salah satu ikon Labuan Bajo adalah Komodo. Jadi belum lengkap rasanya menikmati wisata Labuan Bajo kalau belum melihat komodo secara langsung. Di Pulau Rinca kamu bisa merasakan pengalaman bertemu komodo dan melihatnya dari dekat. Pastikan kamu selalu didampingi ranger atau pemandu agar pengalaman bertemu komodo lebih aman. Selain itu, bukit di Pulau Rinca ini tidak kalah indah dengan pulau-pulau di Labuan Bajo lainnya.

Pantai Pink

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wisata Labuan Bajo memang paket lengkap yang memiliki segala keindahan alam. Pantai Pink merupakan salah satu destinasi Labuan Bajo bak surga bagi pencinta pantai dan snorkeling. Warna pink pada pantai ini kabarnya berasal dari pecahan kerang dan hewan mikroskopis.

Nggak cuma pasirnya saja, kamu juga masih bisa melihat sentuhan warna pink di bawah lautnya. Keindahan alam bawah laut Pantai Pink pun tidak perlu diragukan lagi. Jika tidak suka snorkeling, kamu bisa sekadar berjemur di pinggir pantai dan menikmati keindahan sekelilingnya. Jangan lewatkan juga trekking ke salah satu bukitnya untuk berfoto dari ketinggian.

4 dari 5 halaman

Wae Rebo dan Goa Rangko

Wae Rebo

Berwisata ke Labuan Bajo memang tidak bisa dinikmati hanya dalam sehari saja. Wae Rebo merupakan salah satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan begitu kamu berlibur ke Labuan Bajo.

Desa yang begitu ikonik dan eksotik ini merupakan destinasi yang akan memperkenalkanmu kepada budaya dan kisah kehidupan suku Manggari yang bertempat tinggal di rumah adat tersebut. Bahkan kamu juga bisa menginap di salah satu rumah warga untuk merasakan kehidupan di Wae Rebo ini.

Goa Rangko

Selanjutnya ada Goa Rangko yang begitu unik sebagai wisata Labuan Bajo. Goa yang berisi air asin jernih ini dipenuhi dengan stalaktit yang sangat cantik. Berenang di Goa Rangko akan menjadi pengalaman tersendiri yang berbeda dengan menikmati laut di Labuan Bajo.

5 dari 5 halaman

Pulau Kanawa dan Pulau Kelor

Pulau Kanawa

Wisata Labuan Bajo selanjutnya adalah Pulau Kanawa. Salah satu destinasi favorit wisatawan di Labuan Bajo ini dikenal dengan kehidupan bawah laut yang sangat memesona. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Kanawa, kamu akan disambut hamparan pasir putih dan air laut biru yang sangat jernih.

Bahkan saking jernihnya, saat melewati dermaga kamu bisa melihat berbagai jenis hewan laut dan terumbu karang yang indah tanpa harus menyelam. Pulau Kanawa sangat cocok untuk menikmati keindahan bawah laut di Labuan Bajo atau sekadar bersantai, berjemur, dan berenang di pantai.

Pulau Kelor

Pulau-pulaunya memang merupakan salah satu daya tarik tersendiri wisata Labuan Bajo, salah satunya Pulau Kelor. Pulau Kelor terkenal dengan pesona alamnya. Daya tarik utama pulau ini adalah pantai pasir putih yang menjorok ke laut jika dilihat dari atas.

Selain hunting foto keindahan pemandangan, di sini kamu juga bisa trekking ke atas bukit Pulau Kelor. Pemandangan yang akan kamu lihat dari atas bukit langsung membayar semua usaha dan rasa capekmu saat trekking di Pulau Kelor ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Wisata Murah Jakarta yang Penuh Edukasi, Cocok untuk Keluarga
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Wisata Ancol yang Seru, Alternatif Liburan di Kawasan Jakarta