Sukses

Sering Disepelekan, Ini 7 Manfaat Ikan Asin Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Di Indonesia banyak orang yang menggemari ikan asin untuk dijadikan lauk makan. Ada beberapa ikan yang biasanya diolah menjadi ikan asin, seperti, ikan teri, ikan gabus, ikan tengiri, ikan terbang dan ikan tongkol. Biasanya, masyarakat Indonesiai menyantap ikan asin ini dengan cocolan sambal.

Proses pembuatan ikan asin yakni dengan cara diasinkan atau digarami. Kemudian dijemur selama beberapa hari agar ikan menjadi awet. Jadi ikan asin dapat bertahan lama hingga berbulan-bulan.

Ikan olahan khas Indonesia ini memang sangat mudah didapatkan. Selain rasanya yang lezat, makanan ini juga terjangkau harganya. Namun sayangnya sampai saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa ikan asin merupakan makanan masyarakat kalangan bawah.

Di balik rasanya yang asin dan gurih, ternyata manfaat ikan asin bagi kesehatan tidak bisa diremehkan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/7/2019) tentang manfaat ikan asin bagi kesehatan.

2 dari 5 halaman

Manfaat ikan asin bagi kesehatan

Baik untuk kesehatan gigi dan tulang

Kandungan kalsium dan fosfor dalam ikan asin menjadi salah satu nutrisi yang paling tinggi pada ikan asin. Ikan asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan asin kering yang berjumlah 100 gram memiliki 300 mg fosfor dan kadar kalsium 200 mg. Fosfor dan kalsium sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi kamu dan memiliki manfaat kesehatan lain dari ikan asin yaitu: menambah tinggi selama pertumbuhan, mencegah osteoporosis, mencegah cacat tulang dan memperkuat struktur tulang.

Mempercepat penyembuhan luka

Tidak hanya baik untuk kesehatan gigi dan tulang, ikan asin juga memiliki manfaat dalam membantu mempercepat penyembuhan luka pada tubuh kamu. Hal ini terkait dengan kandungan zat besi yang dapat mempercepat penyembuah luka. Ikan asin bahkan memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin. Namun, manfaat ini tidak berlaku bagi orang yang memiliki penyakit hemofilia.

3 dari 5 halaman

Manfaat ikan asin bagi kesehatan yang jarang diketahui

Mencegah penyakit jantung

Selain itu, ikan asin juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Bahkan ikan asin juga memiliki kandungan kolesterol baik yang juga tinggi, yang tentunya sangat baik untuk mencegah penyakit jantung dan berbagai masalah jantung lainnya. Dengan kombinasi kandungan baik tersebut, apalagi omega 3 yang juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, tidak rugi rasanya bila kamu mengonsumsinya secara teratur.

Mencegah anemia

Terkait dengan kandungan zat besinya, ikan asin juga sangat bermanfaat dalam tubuh kita untuk mencegah terjadinya anemia atau gejala kekurangan darah. Zat besi yang berada dalam ikan asin akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah dan mencegah anemia. Beberapa gejala anemia seperti, mudah merasa lelah, sering merasa pusing dan sakit kepala, seringkali tidak fokus melakukan aktivitas memiliki risiko tinggi terhadap beberapa penyakit lainnya.

4 dari 5 halaman

Manfaat ikan asin bagi kesehatan lainnya

Menjaga kesehatan kulit

Ikan asin juga dapat menjaga kulit tetap sehat. Hal ini berkaitan dengan kandungan mineral pada ikan asin yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Beberapa jenis kandungan ikan asin yang baik untuk manfaat kesehatan kulit adalah vitamin E, selenium, omega 3 dan asam lemak esensial.

Selain itu, kamu juga dapat terlindungi dari paparan sinar ultraviolet dengan mengonsumsi ikan asin. Bahkan dapat mengurangi, dan mencegah terjadinya kanker kulit yang disebabkan oleh radiasi UV.

Menjaga kesehatan mata

Ikan asin juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin juga sangat baik untuk ketahanan dan kekebalan tubuh kamu. Manfaat vitamin A ini, tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kesehatan mata kamu, seperti, mencegah katarak, mencegah mata minus dan plus serta mencegah degenerasi makula.

Membantu pembentukan otot

Ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein per 100 gram. Protein ini akan sangat berguna untuk membangun otot dan meningkatkan massa otot, terutama bagi kamu yang sedang menjalani program pembentukan otot. Namun, kamu tidak boleh terlalu sering mengonsumsi ikan asin karena kandungan garamnya yang tinggi pada ikan asin.

5 dari 5 halaman

Bahaya konsumsi ikan asin yang berlebihan

Makan ikan asin plus sambal memang terasa nikmat sekali. Namun, jika kamu terlalu sering menyantap ikan asin ada bahaya mengintai. Pasalnya, ikan asin mengandung kadar garam yang tinggi. Oleh karena itu, apabila dikonsumsi berlebih, ikan asin bisa mendatangkan efek negatif berikut ini:

  • Memicu tekanan darah tinggi
  • Tidak baik bagi kesehatan jantung
  • Pembengkakan organ tubuh

Selain akibat kadar garam yang tinggi, ikan asin yang dikonsumsi juga belum tentu bebas dari zat berbahaya seperti formalin.