Sukses

7 Manfaat Popcorn untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Popcorn merupakan salah satu camilan yang disukai banyak orang. Biasanya tempat yang paling sering menyediakan popcorn adalah di bioskop. Namun banyak orang yang mengira popcorn tidak sehat, karena merupakan snack cepat saji.

Namun, usut punya usut popcorn ternyata menyimpan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh lho. Popcorn yang memiliki manfaat adalah yang organik, dimana belum ditambahkan dengan berbagai penyedap. Bila sudah ditambahkan dengan berbagai penyedap, maka popcorn tersebut bisa jadi sudah tidak menyehatkan lagi.

Manfaat popcorn akan lebih maksimal bila dikonsumsi tanpa tambahan rasa. Popcorn tawar tersebut memiliki berbagai nutrisi seperti Serat, vitamin B1, B3, B6, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan juga mangan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (18/7/2019) ragam manfaat popcorn untuk kesehatan.

2 dari 4 halaman

Manfaat popcorn untuk kesehatan yang jarang diketahui

Menurunkan Berat Badan

Kandungan serat tinggi membuat popcorn dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Dalam satu porsi popcorn (atau sekitar tiga gelas), mengandung serat sebanyak 3,6 gram.Tak hanya itu, ngemil popcorn juga hanya menyumbang kalori yang relatif kecil ke dalam tubuh. Satu porsi popcorn tawar hanya mengandung kalori sebanyak 93 kalori. Jadi, popcorn bisa Anda jadikan alternatif camilan sehat saat sedang diet.

Mencegah Kanker

Selain itu, popcorn juga dapat mencegah kanker. Hal ini terkait dengan kandungan polifenol dalam popcorn yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker, seperti kanker payudara dan kanker prostat. Polifenol merupakan jenis antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3 dari 4 halaman

Manfaat popcorn untuk kesehatan

Memperlancar Pencernaan

Popcorn juga bisa membuat pencernaan menjadi lebih lancar. Hal ini disebabkan oleh kandungan serat yang bisa membantu melancarakan buang air besar dan mencegah sembelit. Biji utuh jagung mengandung endosperm yang sangat bermanfaat dalam mengobati masalah pencernaan yang kamu alami.

Mengontrol Tingkat Gula Darah

Masih terkait dengan kandungan serat yang dikandungnya, popcorn tidak hanya mudah dicerna, bahkan juga bisa mengontrol tingkat gula darah. Jumlah serat yang cukup banyak dapat mengatur pelepasan dan pengelolaan kadar gula daran dan insulin pada tubuh. Hal ini bermanfaat dalam mencegah terjadinya diabetes. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengonsumsi popcorn, asal yang organik dan belum ditambah dengan berbagai penyedap.

4 dari 4 halaman

Manfaat popcorn untuk kesehatan lainnya

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Manfaat popcorn selanjutnya adalah dapat menurunkan tingkat kolesterol. Popcorn dapat menghilangkan kelebihan kolesterol dari dinding pembuluh darah dan arteri. Hal ini nantinya akan sangat baik dalam membantu menurunkan kemungkinan berbagai kondisi kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke. Manfaat ini bisa didapatkan masih terkait dengan kandungan serat yang dimiliki popcorn.

Menyehatkan Tulang

Selanjutnya, popcorn juga dapat menyehatkan tulang. Popcorn mengandung sejumlah mangan yang bisa membantu membangun dan memelihara tulang yang sehat dan padat. Kandungan mangan ini membantu untuk mendukung struktur tulang dan melindungi terhadap osteoporosis, arthritis dan osteoartritis.

Mencegah Penuaan

Selain itu, popcorn juga dapat mencegah penuaan. Popcorn dapat mengobati gejala terkait usia seperti keriput, bintik-bintik penuaan, degenerasi makula dan kebutaan, kelemahan otot, dan rambut rontok. Popcorn dapat membuat Anda tetap sehat, berkat antioksidan kuat yang ada di dalamnya.

Nah, itu tadi beberapa manfaat popcorn untuk kesehatan. Jadi mulai sekarang kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi popcorn, tapi harus ingat yang organik dan belum ditambah berbagai penyedap lain.

Loading