Sukses

Meski Pahit, Ini 5 Manfaat Konsumsi Bunga Pepaya Bagi Kesehatan

Bunga pepaya biasa diolah menjadi santapan nikmat.

Liputan6.com, Jakarta Mudah ditemukan, pepaya menjadi buah tropis yang banyak digemari orang. Rasanya yang manis dan kaya air membuat buah kaya nutrisi ini menjadi pilihan praktis untuk hidangan pencuci mulut. Tak cuma buah, bagian lain dari pepaya juga dimanfaatkan dalam berbagai hidangan.

Bagian daun misalnya. Meski memiliki rasa pahit, daun pepaya kerap menjadi santapan lezat seperti sayur, oseng, atau lalapan. Tak cuma daun dan buah, bunga pepaya pun tak luput dari kreasi kudapan nikmat. Sama seperti daunnya, bunga pepaya memiliki cita rasa pahit yang khas.

Namun, siapa sangka di balik rasa pahit dari bunga pepaya, olahan satu ini memiliki segudang manfaat kesehatan. Bunga pepaya memiliki sejumlah nutrisi seperti protein, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, B1, C dan E. Kandungan ini menjadikannya sumber serat makanan yang baik. Bunga pepaya juga kaya folat dan memiliki sifat antioksidan yang mencegah oksidasi kolesterol.

Konsumsi bunga pepaya diyakini dapat menurunkan risiko penyakit tertentu. Berikut manfaat konsumsi bunga pepaya yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/7/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Turunkan risiko penyakit kardiovaskular (jantung, stroke, darah tinggi)

Penyakit kardiovaskular kini menjadi penyakit yang banyak dialami orang di seluruh dunia. Menurut WHO, penyakit kardiovaskular adalah penyebab nomor 1 kematian secara global. Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum untuk kondisi yang mempengaruhi jantung atau pembuluh darah.

Tekanan darah tinggi adalah faktor risiko penyakit kardiovaskular yang signifikan. Penyakit kardiovaskular yang mengancam jiwa termasuk serangan jantung, stroke, dan aneurisma. Konsumsi bunga pepaya secara rutin dapat membantu menormalkan kembali tekanan darah.

Zat bunga pepaya sangat berguna untuk mengatur sirkulasi darah dalam tubuh, dan mensirkulasi kembali sirkulasi darah. Bunga pepaya mengandung agen tingkat tinggi untuk mencegah stroke yang dapat disebabkan oleh sirkulasi darah yang buruk di dalam tubuh. Lancarnya sirkulasi darah akan membantu jantung tetap sehat, dan dapat mencegah gejala serangan jantung.

3 dari 6 halaman

Turunkan kolesterol

Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi adalah masalah yang tidak menimbulkan gejala apa pun. Banyak orang bahkan tidak menyadari bahwa mereka memiliki kolesterol tinggi sampai mereka mengalami komplikasi serius, seperti serangan jantung atau stroke.

Makan terlalu banyak makanan yang tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans dapat meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi. Faktor gaya hidup lainnya juga dapat berkontribusi terhadap kolesterol tinggi.

Kandungan folat dan antioksidan dalam bunga pepaya membuat kolesterol jahat berkurang dan menjaga stabilitas kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol stabil akan membuat tubuh segar dan sehat.

4 dari 6 halaman

Atasi diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi yang mengganggu kemampuan tubuh untuk memproses glukosa darah, atau dikenal sebagai gula darah. Tanpa pengelolaan yang berkelanjutan dan hati-hati, diabetes dapat menyebabkan penumpukan gula dalam darah, yang dapat meningkatkan risiko komplikasi berbahaya, termasuk stroke dan penyakit jantung.

Bunga pepaya dipercaya membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh sebagai penyebab utama diabetes. Bunga pepaya memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Bunga pepaya mengandung vitamin C yang cukup banyak. Dalam satu studi, peningkatan asupan vitamin C mengurangi penanda inflamasi dan kadar gula darah puasa untuk orang dengan diabetes tipe 2 atau tekanan darah tinggi.

5 dari 6 halaman

Lancarkan metabolisme bantu turunkan berat badan

Kandungan bunga pepaya seperti tanin dan serat alami yang membantu organ pencernaan dalam tubuh, untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Kandungan nutrisi ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Tanin juga merupakan molekul yang berguna bagi kesehatan manusia karena sifat antioksidannya. Mereka memiliki kapasitas untuk melindungi jaringan dari aksi radikal bebas akibat proses penuaan sel.

Metabolisme mengacu pada semua proses kimia dalam tubuh. Semakin cepat metabolisme, semakin banyak kalori yang dibutuhkan tubuh. Metabolisme adalah alasan beberapa orang bisa makan banyak tanpa menambah berat badan. Bunga pepaya mengandung serat dan vitamin yang memadai untuk membantu penurunan berat badan. Kemampuan bunga pepaya untuk melancarkan metabolisme juga mampu mengontrol berat badan dalam angka normal.

6 dari 6 halaman

Menambah nafsu makan

Kehilangan nafsu makan terjadi ketika seseorang memiliki keinginan rendah untuk makan. Berbagai faktor dapat menyebabkan nafsu makan yang buruk, termasuk penyakit mental dan fisik. Jika kurang nafsu makan berlangsung lebih dari beberapa hari, itu bisa menyebabkan penurunan berat badan atau kekurangan gizi.

Sama seperti daunnya yang dikenal untuk penambah nafsu makan, bunga pepaya pun memiliki manfaat serupa. Bunga pepaya mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Cukup tambahkan daun pepaya pada menu harian anak, nafsu makan akan bertambah dari nutrisi yang ada pada bunga pepaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.