Sukses

7 Cara Mudah Mencuci Wajan Gosong Agar Mengkilap Kembali

Liputan6.com, Jakarta Timbulnya wajan gosong atau kerak hitam saat memasak tentunya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi orang yang kerap masak di rumah. Biasanya penyebab wajan gosong ini adalah suhu api yang tidak sesuai dan melakukan kegiatan lain sambil memasak.

Hal ini tentunya akan bertambah parah bila ibu lupa saat sedang memasak dan meninggalkan wajan di atas api dalam waktu yang cukup lama. Selain menimbulkan bekas gosong yang kotor pada wajan, aromanya juga tidak sedap.

Cara mencuci wajan gosong agar mengkilap kembali cukup mudah. Kamu hanya butuh menyediakan beberapa bahan yang juga tidak sulit didapatkan. Jadi bisa dilakukan secepatnya dan efektif dalam menghilangkan noda gosong pada wajan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/7/2019) tentang cara mencuci wajan gosong.

2 dari 4 halaman

Cara Mencuci Wajan Gosong Agar Mengkilap

Merendam di Air Panas

Cara pertama adalah merendam wajan yang telah gosong dengan air panas. Rendam wajan dalam air panas segera setelah memasak. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring setelah itu untuk melembabkan kerak gosong pada wajan agar lebih mudah terangkat.

Menggunakan Cuka

Selain itu, kamu juga bisa mencuci wajan gosong dengan menggunakan cuka. Hal ini disebabkan karena cuka memiliki kandungan asam asetat yang memang ampuh mengangkat kerak gosong pada wajan atau panci. Kamu bisa menyiram cuka ke dasar wajan atau panci yang gosong, lalu diamkan selama beberapa menit. Kandungan asam asetat pada cuka dapat memudahkan ibu dalam menggosoknya. Selanjutnya baru kamu bisa mencucinya dengan sabun cuci pering.

3 dari 4 halaman

Cara Mudah Mencuci Wajan Gosong Agar Mengkilap

Menggunakan Jeruk Nipis

Menggunakan jeruk nipis mungkin salah satu cara yang paling dikenal kebanyakan orang. Cara mencuci wajan gosong dengan jeruk nipis ini pertama-tama kamu harus menyiapkan air yang mendidih dan letakkan di baskom. Lalu tuangkan sabun cuci piring dan jeruk nipis, aduklah sampai rata. Rendam baskom gosong selama beberapa jam atau semalaman agar kamu lebih mudah mencuci piring pada keesokan harinya.

Menggunakan Abu Gosok

Menggunakan abu gosok mungkin sudah banyak yang tahu, terutama orangtua. Cara ini memang merupakan cara yang paling tradisional. Dengan mencampurkan abu gosok dengan sedikit air sampai membentuk adonan, lalu kamu bisa langsung menggosokannya ke permukaan wajan yang gosong tersebut. Kemudian bilas dan lakukan beberapa kali hingga noda gosong hilang.

4 dari 4 halaman

Cara Mencuci Wajan Gosong

Menggunakan Baking Soda

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan baking soda untuk mencuci wajan gosong. Hanya dengan mencampur baking soda dengan air, lalu dioleskan ke wajan, kamu sudah bisa mendapatkan wajan yang bersih kembali setelah menunggu beberapa jam. Lalu terakhir tinggal bersihkan dengan pencuci piring. Bahkan baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan setrika yang gosong.

Membekukan Wajan

Selanjutnya bagi kamu yang mempunyai kulkas di rumah, bisa menghilangkan noda gosong pada wajan dengan membekukannya. Tentunya dibutuhkan kulkas yang agak besar untuk tempat wajan. Setelah menyimpan wajan di dalam kulkas beberapa jam, maka kamu akan lebih mudah dalam mencuci wajan gosong tadi dengan pencuci piring biasa.

Menggunakan Minyak Sayur

Untuk membuat wajan lebih mengkilap, kamu bisa menggunakan minyak sayur. Dengan mengoleskan atau menyemprotkan minyak sayur secara tipis, maka kamu bisa mengurangi risiko wajan gosong.