Sukses

10 Kata Bijak untuk Diri Sendiri dalam Meraih Kesuksesan, Bikin Selalu Optimis

Liputan6.com, Jakarta Kata bijak untuk diri sendiri kerap dibutuhkan bagi seseorang yang harapannya tak berjalan sesuai dengan rencana. Kondisi ini kerap membuat yang mengalaminya merasa sedih, kecewa, atau bahkan marah. Hal ini secara otomatis akan menurunkan semangatmu. Oleh karenanya, kamu perlu melakukan hal-hal positif yang sekiranya bisa menghilangkan rasa sedihmu.

Penting untuk menjaga selalu semangat dalam diri. Jangan sampai semangatmu menjadi luntur. Terus lakukan dan pikirkan hal-hal yang positif agar semangatmu tetap berkobar.

Memang tak mudah untuk mengembalikan semangat. Oleh karena itu, tak jarang mencari kata bijak untuk diri sendiri. Ya, cara ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk mengembalikan kondisi yang sedang rapuh karena kegagalan.

Berikut ini, Liputan6.com, Jum’at (19/7/2019) rangkum dari berbagai sumber, beberapa kata bijak untuk diri sendiri yang bisa kamu jadikan bahan bakar untuk kembali bersemangat.

2 dari 5 halaman

Kata Bijak untuk Selalu Semangat Hidup

Mengejar Mimpi

“Kamu harus berjuang meraih impianmu. Kamu harus berkorban dan bekerja keras demi hal itu”. – Lionel Messi

Tidak ada harga yang murah apabila kamu ingin mewujudkan mimpi yang besar. Karena tak ada hal baik di dunia ini yang bisa dicapai dengan cara instan. Berusaha saja tak cukup, kita juga perlu berjuang mati-matian bahkan berkorban.

Melalui kata bijak untuk diri sendiri tersebut kamu bisa lebih mencintai sebuah impian. Pasalnya orang tak terlalu cinta pada mimpi-mimpi mereka. Kalau beneran cinta, berarti kamu tak masalah harus mati-matian demi mendapatkannya.

Jangan suka Mengira-ngira

“Jangan pernah mengukur tingginya sebuah gunung sampai kau mendakinya sampai puncak. Nantinya kamu akan melihat betapa rendah ketinggiannya.” – Dag Hammarskjold

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh manusia adalah suka membayangkan sesuatu yang belum terjadi. Parahnya lagi, hal ini sering terbawa dalam mengambil keputusan hidup. Belum dicoba saja sudah menyerah duluan.

Nah, melalui kata bijak untuk diri sendiri ini mengajarkan kita untuk selalu mencobanya terlebih dahulu. Ketika sudah melakukannya, barulah kita tahu medan perangnya seperti apa. Kalau sudah begitu, kamu bakal sadar bahwa ternyata ketakutan kita selama ini sangat tak berdasar.

Jangan Pernah Kehilangan Semangat

“Sukses berjalan dari satu kegagalan ke kegagalan yang lain, tanpa kita kehilangan semangat”. – Abraham Lincoln

Kata bijak untuk diri sendiri di atas patut kamu jadikan pedoman dalam meraih mimpimu. Mengalami kegagalan itu adalah hal yang wajar. Dari kegagalan tersebut, kamu harus memetik hikmah dan pelajarannya.

Jika kamu kehilangan semangat saat gagal mewujudkan mimpi, kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih. Tak apa meratapinya beberapa saat, namun kamu harus bangkit lagi. Tetaplah semangat dalam menghadapi kegagalan.

3 dari 5 halaman

Kata Bijak untuk Selalu Semangat Hidup

Percaya Diri

“Kepercayaan akan diri sendiri adalah rahasia utama untuk sukses.” – Carl Rogers

Langkah awal untuk meraih kesuksesan adalah niat dan percaya diri. Apabila tidak percaya pada kemampuanmu sendiri, lantas apa yang membuatmu yakin dalam meraih kesuksesan?

Tumbuhkan dulu rasa percaya diri dan niat dari hatimu. Segala sesuatu yang dijalani dengan kesungguhan hati dan kepercayaan diri tidak akan pernah sia-sia.

Bukan Berarti Tidak Pernah Gagal

“Apakah orang-orang sukses pernah gagal? Mereka mungkin akan bertanya kembali, kegagalan keberapa yang kamu mau dengar.” – Andrie Wongso

Orang-orang yang sudah sukses itu bukan berarti tidak pernah mengalami kegagalan. Namun, mereka yang sukses tidak pernah kehilangan semangat dalam mewujudkan impiannya. Meskipun berulang kali gagal, mereka yakin hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha dan jerih payah.

Sedangkan kamu, mungkin baru gagal sekali saja sudah menyerah. Bagaimana bisa sukses jika menyerah dalam berjuang? Ingatlah selalu kata bijak untuk diri sendiri dari Andrie Wongso ini, supaya tidak ada kata menyerah dalam usahamu.

4 dari 5 halaman

Kata Bijak untuk Meraih Kesuksesan

Bekerja Tak Harus Berdasi

“Anak-anak muda tak bisa hanya menggantungkan diri akan jadi pegawai negeri, pembengkakan populasi penduduk akan makin berbanding terbalik dengan penyediaan lapangan kerja, jadi yang akan tegak hidupnya adalah orang-orang yang bermental wiraswasta, yang tidak priyayi, yang ulet dan bersedia bekerja keras” – Emha Ainun Nadjib

Kata bijak untuk diri sendiri ini cocok buat kamu jadikan penyemangat hidup khususnya yang sedang mencari pekerjaan. Kata bijak di atas menjelaskan bahwa tak hanya orang kantoran yang mengenakan dasi yang bisa meraih kesuksesan.

Bisa Kerja Dimana Saja

“Kantor bisa dimana saja, sebab kerja tak melulu di belakang meja”. – Najwa Shihab

Memperoleh pekerjaan memang tak mudah. Tak jarang orang menjadi frustasi karena tak kunjung mendapatkan pekerjaan. Banyak orang yang menganggur karena terlalu berambisi mendapatlan pekerjaan yang bergengsi.

Bagi kebanyakan orang, pekerjaan yang mapan itu adalah mereka yang bisa duduk di balik meja kerja dengan tampilan yang rapi. Apabila kamu memiliki pemikiran yang sama, mulai kini kamu bisa mengubah pemikiran tersebut. Pasalnya, di zaman yang sudah serba canggih ini, bekerja menjadi apapun dan dimanapun akan bisa menghasilakan uang.

5 dari 5 halaman

Kata Bijak untuk Meraih Kesuksesan

Semua Pekerjaan Itu Baik

“Yang harus malu itu mereka, karena mereka takut untuk bekerja. Kamu kan kerja. Kamu tidak boleh malu. Mereka yang harus malu, tidak berani kerja. Semua orang bekerja, itu adalah mulia. Yang tidak bekerja tidak punya kemuliaan”. – Pramoedya Ananta Toer

Kata bijak untuk diri sendiri ini mengajarkan kita untuk tetap menghargai apapun jenis pekerjaan yang sedang dijalankan. Kamu tak perlu malu dengan apapun pekerjaanmu.

Melalui kata bijak dari Pramoedya ini kamu diajarkan bahwa tidak perlu malu dengan apapun jenis pekerjaanmu saat ini, asalkan halal dan sesuai dengan keinginanmu. Orang-orang yang tidak bekerjalah yang seharusnya merasa malu.

Bekerja Sepenuh Hati

“Lakukan pekerjaanmu dengan sepenuh hati. Maka kamu akan sukses”. – Elbert Hubbard

Tak semua orang beruntung mendapatkan pekerjaan yang telah diidam-idamkan, namun adakah pilihan lain selain bekerja sungguh-sungguh? Seperti kata bijak untuk diri sendiri di atas, dengan bekerja sepenuh hati, performa bisa meningkat.

Bekerja sungguh-sungguh juga bisa menjadi awal kesuksesan kamu karena bos akan memberi promosi jabatan baru yang lebih baik.

Berdoa dan Bekerja

“Berdoalah seolah-olah semuanya tergantung pada Tuhan. Bekerjalah seakan-akan semuanya tergantung padamu.” –Saint Augustine

Di dalam hidup, manusia harus memiliki keseimbangan dalam hidupnya. Jangan sampai kamu hanya mengejar dunia dengan bekerja. Tapi, kita juga harus berdoa secara sungguh-sungguh kepada Tuhan. Bukan hanya untuk menggugurkan kewajiban, melainkan sadar akan kodrat.

Nah, dari kata bijak untuk diri sendiri di atas ini bantu mengingatkan kita bahwa kodrat manusia yang sesungguhnya adalah untuk menyembah Tuhan. Pasalnya, tanpa mendapatkan restu dari Tuhan, semua kerja keras kita mungkin akan menjadi sia-sia.

Loading
Artikel Selanjutnya
28 Kata Bijak Soe Hok Gie yang Menginspirasi Tentang Perjuangan
Artikel Selanjutnya
40 Kata Bijak Semangat Pagi, Selalu Bersyukur dan Pantang Menyerah