Sukses

5 Fitur Rahasia Fingerprint Scanner Selain Membuka Kunci Layar Smartphone

Fitur fingerprint scanner tentunya sangat praktis dan memudahkan

Liputan6.com, Jakarta Fitur fingerprint scanner atau bisa juga disebut dalam Bahasa Indonesia sebagai pemindai sidik jari merupakan salah satu fitur yang sudah dimiliki kebanyakan smartphone. Tentunya fitur ini sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. 

Fitur fingerprint scanner ini terkenal dengan fungsinya untuk mempermudah kamu dalam membuka kunci layar smartphone. Hanya dengan menempel salah satu jari kamu yang telah disetel, kamu langsung bisa menggunakan smartphonemu.

Fitur fingerprint scanner tentunya sangat praktis dan memudahkan. Bahkan masih banyak lagi fungsi dari fitur fingerprint scanner yang jarang diketahui. Kamu bisa menggunakannya untuk memudahkan kamu dalam menggunakan smartphone.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (19/7/2019) tentang fitur rahasia fingerprint scanner

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mengunci Aplikasi Tertentu

Fitur rahasia fingerprint scanner yang pertama adalah dapat mengunci aplikasi tertentu. Hal ini bisa mengamankan aplikasi-aplikasi kamu dari tangan-tangan jahil yang ingin melihat privasimu. Berbagai aplikasi penting seperti WhatsApp, Instagram, dan lain-lain bisa kamu kunci dan akan lebih aman.

Dalam hal ini, kamu bisa menginstal aplikasi yang bernama AppLock: Fingerprint & Pin. Selain tidak bisa membuka aplikasi yang sudah kamu kunci, orang yang berusaha untuk membuka aplikasi kamu ini akan diambil potret wajahnya, sehingga kamu bisa tahu siapa yang jahil melihat privasimu.

Setiap membuka aplikasi yang telah kamu kunci tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner yang telah disetel atau menggunakan password.

 

 

3 dari 6 halaman

Menyembunyikan Foto di Galeri

Masih seputar pengamanan privasi. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur fingerprint scanner untuk menyembunyikan foto tertentu di Galeri. Aplikasi yang digunakan adalah Solo Phot – Gallery Privacy yang dapat menyembunyikan atau mengunci foto-foto yang kamu tidak ingin orang lain melihatnya yang ada di dalam galeri.

Jadi bila kamu tidak mau orang-orang melihat foto tertentu dalam galerimu, kamu bisa memakai aplikasi ini. Bila ingin membuka foto yang telah dikunci tersebut, maka harus menggunakan fingerprint scanner atau menggunakan password yang sudah kamu setel.

4 dari 6 halaman

Pengganti Tombol Shutter Kamera

Fitur fingerprint scanner selanjutnya yang jarang diketahui adalah dapat menjadi pengganti tombol shutter kamera. Tentunya banyak orang yang mengeluhkan saat berswafoto sangat susah untuk menekan tomblol shutter, apalagi dengan ukuran smartphone zaman sekarang yang lama kelamaan semakin besar.

Fitur fingerprint scanner bisa mengatasi keluhanmu ini. Bahkan tidak perlu aplikasi, biasanya pada beberapa smartphone sudah ada pengaturan yang membuat kamu bisa menggunakan fingerprint scanner sebagai tomol shutter kamera ini. Namun bila smartphone kamu tidak memiliki keistimewaan tersebut, kamu bisa menginstal aplikasi Dactyl –Fingerprint Sensor Selfie Camera, walaupun aplikasi ini tidak gratis tentunya.

5 dari 6 halaman

Mengunci Jurnal Pribadi

Selain itu, fingerprint scanner juga bisa difungsikan sebagai pengamanan jurnal pribadi. Lagi-lagi seputar privasi, kamu bisa menggunakan fingerprint scanner ini untuk mengunci semua tulisan pribadi yang kamu tidak ingin orang lain untuk melihatnya.

Kamu bisa menginstal aplikasi yang bernama Journey di smartphone kamu dan mengatur untuk hanya dapat membuka jurnal dengan sidik jarimu saja.

6 dari 6 halaman

Menyetel Gesture Quick Action

Fungsi fingerprint scanner selanjutnya bisa kamu dapatkan dengan menginstal aplkasi yang bernama Fingerprint Gestures. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengatur quick action hanya dengan menggunakan sidik jari.

Misalnya saja kamu bisa mengambil screenshot hanya dengan fingerprint scanner dan lain-lain. Tentunya dengan begini aktivitas kamu dalam menggunakan smartphone akan menjadi lebih mudah dan praktis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini