Sukses

Tempat Ibadah 6 Agama Berdampingan Ini Tunjukkan Indahnya Toleransi di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta Indonesia adalah negara penuh keberagaman adat-istiadat, agama, suku dan bahasa. Menjaga toleransi menjadi sikap yang penting untuk dijiwai seluruh masyarakat. Di tengah isu intoleransi belakangan yang sering muncul, ternyata Indonesia punya banyak contoh sikap toleransi umat beragama yang layak diapresiasi. 

Toleransi Indonesia sudah dipupuk sejak dini agar sesama anggota masyarakat saling memahami dan menghormati kemajemukan tersebut.

Tak boleh satu sama lain merasa lebih baik dan memaksakan kehendakanya. Sebab, hal itu bakal merusak kerukunan yang telah dibina dan diwariskan nenek moyang selama ini. Oleh karena itu sikap toleransi antar suku dan agama harus terus dijaga. Seperti potret tempat ibadah dari 6 agama di Indonesia yang berjejer yang viral di media sosial.

Berikut Liputan6.com rangkum potret tempat ibadah dari 6 agama berjejer yang tunjukkan indahnya toleransi di Indonesia, Jumat (19/7/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Potret tempat ibadah dari 6 agama berjejer dalam satu kompleks

Seperti yang kita ketahui bersama, Indonesia memiliki keberagaman agama yang dianut oleh masyarakatnya. Di Indonesia, terdapat 6 jenis agama di Indonesia yang diakui, yaitu agama Islam, agama Kristen protestan, agama katolik, agama hindu, agama budha, dan agama Kong Hu Cu.

Ke-6 agama ini secara resmi sudah disahkan oleh pemerintah sebagai Agama yang sah untuk dipeluk masyarakat Indonesia. Biasanya tempat ibadah satu dengan lainnya memiliki jarak yang biasanya dipisah oleh jalan dan bangunan.

Namun, dalam sebuah video yang di unggah oleh akun Twitter @LeeSandriana memperlihatkan deretan tempat ibadah yang berjejer rapi dalam satu kompleks di kawasan Wiyung, Surabaya.

“Terharu, merinding sekaligus bahagia melihat ini. Tempat ibadah dari 6 agama berjejer indah. 😍🙏😇.” Tulis akun Twitter @LeeSandriana yang diunggah pada 18 Juli 2019 lalu ini. Dalam Video tersebut nampak berderet dengan rapi 6 tempat ibadah, seperti Mesjid, Gereja, Pura, Vihara dan Klenteng.

3 dari 3 halaman

Bukti indahnya toleransi di Indonesia

Tak ayal postingan yang memperlihatkan deretan 6 tempat ibadah agama di Indonesia dalam satu kompleks ini viral di media sosial. Memang belum jelas di daerah mana deretan tempat ibadah ini berada, namun banyak yang menduga bahwa tempat ibadah itu berada di kompleks Royal Residence, Wiyung, Surabaya Barat.

 Hal inipun mendapat banyak respon dari netizen dan banyak yang berkomentar bahwa ini merupakan salah satu indahnya toleransi di Indonesia. Video inipun sudah ditonton sebanyak 200 ribu kali dan diretweet kurang lebih 11 ribu kali.

“Aku memberikan rasa hormatku pada org yg telah menumpahkan idenya utk hal ini,  patut di apresiasi. Dan ini luar biasa. Damailah indonesia ku.” oleh @haiecik

“Luar biasa inilah cermin kebhinekaan bangsa indonesia 🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩” oleh @TriesMas

“Toleransi bukan basa basi DIWUJUDKAN Contoh yg sangat BAGUS #KitaIndonesia” oleh @Tommy93507168

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.